PELATIHAN
MANAJEMEN PELAYANAN DAN ASUHAN KEPERAWATAN
Untuk Perawat Manajer I dan II ; Kepala Ruangan dan Ketua Tim
25 - 28 April 2012 ( 4hari )
25 - 28 April 2012 ( 4hari )
Latar Belakang
Kemampuan manajerial seorang Kepala Bangsal/Ruangan dalam mengelola ruang keperawatan mempunyai daya ungkit yang besar dalam memberikan citra dan mutu pelayanan keperawatan yang berkualitas dan professional. Kepala Bangsal adalah Pengelola Lini Pertama merupakan ujung tombak yang langsung menyentuh pasien dan keluarganya. Dalam mengelola Bangsal/Ruangan Keperawatan, seorang kepala bangsal/ruangan akan bekerja dengan dan melalui seluruh staf keperawatan, Ketua Tim, Perawat Pelaksana dan non keperawatan dalam memberikan asuhan keperawatan yang ada di bangsal yang menjadi kewenangan dan tanggung jawabnya.
Kepala Bangsal/Ruangan harus mampu mengelola Keperawatan mulai merencanakan, mengorganisir, mengarahkan serta kemampuan mengawasi secara melekat pada sumber daya perawat dalam menerapkan semua Standar Asuhan Keperawatan & SOP, maupun mengawasi sumber dana sehingga dapat memberikan pelayanan keperawatan yang efektif dan efisien pada pasien, keluarga dan masyarakat. Salah satu usaha untuk memberikan pelayanan keperawatan yang berkualitas dan profesional, Kepala Bangsal/Ruangan harus mampu menata sistem pemberian pelayanan keperawatan melalui pengembangan model praktik keperawatan yang ilmiah yang disebut dengan Model Praktik Keperawatan Profesional (MPKP) yang terdiri dari 4 pilar profesional yaitu: management approach, professional relationship, compensatory reward dan patient care delivery.
Kepala Bangsal/Ruangan harus mampu mengelola Keperawatan mulai merencanakan, mengorganisir, mengarahkan serta kemampuan mengawasi secara melekat pada sumber daya perawat dalam menerapkan semua Standar Asuhan Keperawatan & SOP, maupun mengawasi sumber dana sehingga dapat memberikan pelayanan keperawatan yang efektif dan efisien pada pasien, keluarga dan masyarakat. Salah satu usaha untuk memberikan pelayanan keperawatan yang berkualitas dan profesional, Kepala Bangsal/Ruangan harus mampu menata sistem pemberian pelayanan keperawatan melalui pengembangan model praktik keperawatan yang ilmiah yang disebut dengan Model Praktik Keperawatan Profesional (MPKP) yang terdiri dari 4 pilar profesional yaitu: management approach, professional relationship, compensatory reward dan patient care delivery.
TUJUAN
Setelah menyelesaikan pelatihan, peserta mampu ;
- Melaksanakan Manajemen dan Kepemimpinan Keperawatan (management approach)
- Melaksanakan Manajemen Sumber Daya Perawat (compensatory reward)
- Melaksanakan Hubungan Profesional Keperawatan (professional relationship)
- Melaksanakan Asuhan Keperawatan (patient care delivery)
- Melaksanakan dokumentasi keperawatan
NARA SUMBER
Konsultan Manajemen Keperawatan :
1. Prof. Dr Budi Anna Keliat, SKp. Mapp.Sc
2. Djuariah Chanafie, SKp.Mkep
1. Prof. Dr Budi Anna Keliat, SKp. Mapp.Sc
2. Djuariah Chanafie, SKp.Mkep
METODE
- Ceramah | Tanya Jawab | Diskusi
- Praktek Laboratorium | Praktek lapangan di RS
- Praktek Laboratorium | Praktek lapangan di RS
PESERTA
- Kepala Ruangan /Bangsal/Unit
- Ketua Tim
- Penanggung Jawab Shift
- Perawat Klinik Level II dan III atau Perawat Manajer I dan II
* Jumlah peserta : maksimal 40 orang
- Ketua Tim
- Penanggung Jawab Shift
- Perawat Klinik Level II dan III atau Perawat Manajer I dan II
* Jumlah peserta : maksimal 40 orang
MATERI
WAKTU
25 - 28 APRIL 2012 (4 hari)
BIAYA DAN PENDAFTARAN
Rp. 4.850.000,- / peserta
Biaya tersebut termasuk : penginapan 3 malam, Seminar Kits, Makalah, CD Makalah, Makan Pagi, Makan Siang, Makan Malam & Snack.
INFORMASI DAN PENDAFTARAN
YPMK Perdhaki u.p. Ritta / Nuning / Windi
Jl. Kramat Lontar H 11 A, Jakarta Pusat
Tel. 021 - 3920250 / 3926712 / 3914843
Fax. 021 - 3914843 / 3926712
e-mail : ypmk_perdhaki@yahoo.com
Pendaftaran setiap hari kerja : Senin - Jumat, Jam 08.30 - 15.00 wib
Pendaftaran VIA SMS : 0852 8743 4424 (Nuning) | 0813 1631 8757 (Ani)
BIAYA DIKIRIM MELALUI:
BANK CIMB NIAGA Jl. Cikini Raya 71 A, Jakarta
no. rek. : 908-01-00015-00-9 a.n. PMK Perdhaki
Dengan ini kami mendaftarkan nama-nama di bawah ini untuk mengikuti Pelatihan Manajemen Pelayanan dan Asuhan Keperawatan :
NAMA / JABATAN :
1. ______________________ / __________________________ L / P
2. ______________________ / __________________________ L / P
3. ______________________ / __________________________ L / P
Contact person / Jabatan :
Instansi :
Alamat :
Telepon :
Fax :
email :
BIAYA DAN PENDAFTARAN
Rp. 4.850.000,- / peserta
Biaya tersebut termasuk : penginapan 3 malam, Seminar Kits, Makalah, CD Makalah, Makan Pagi, Makan Siang, Makan Malam & Snack.
INFORMASI DAN PENDAFTARAN
YPMK Perdhaki u.p. Ritta / Nuning / Windi
Jl. Kramat Lontar H 11 A, Jakarta Pusat
Tel. 021 - 3920250 / 3926712 / 3914843
Fax. 021 - 3914843 / 3926712
e-mail : ypmk_perdhaki@yahoo.com
Pendaftaran setiap hari kerja : Senin - Jumat, Jam 08.30 - 15.00 wib
Pendaftaran VIA SMS : 0852 8743 4424 (Nuning) | 0813 1631 8757 (Ani)
BIAYA DIKIRIM MELALUI:
BANK CIMB NIAGA Jl. Cikini Raya 71 A, Jakarta
no. rek. : 908-01-00015-00-9 a.n. PMK Perdhaki
FORMULIR PENDAFTARAN
Dengan ini kami mendaftarkan nama-nama di bawah ini untuk mengikuti Pelatihan Manajemen Pelayanan dan Asuhan Keperawatan :
NAMA / JABATAN :
1. ______________________ / __________________________ L / P
2. ______________________ / __________________________ L / P
3. ______________________ / __________________________ L / P
Contact person / Jabatan :
Instansi :
Alamat :
Telepon :
Fax :
email :