Feb 24, 2012

MANAJEMEN PELAYANAN DAN ASUHAN KEPERAWATAN

PELATIHAN 
MANAJEMEN PELAYANAN DAN ASUHAN KEPERAWATAN
Untuk Perawat Manajer I dan II ; Kepala Ruangan dan Ketua Tim


25 - 28 April 2012 ( 4hari )

Latar Belakang
Kemampuan manajerial seorang Kepala Bangsal/Ruangan dalam mengelola ruang keperawatan mempunyai daya ungkit yang besar dalam  memberikan citra dan mutu  pelayanan keperawatan yang berkualitas dan professional.  Kepala Bangsal adalah Pengelola Lini Pertama merupakan ujung tombak yang langsung menyentuh pasien dan keluarganya. Dalam mengelola Bangsal/Ruangan Keperawatan, seorang kepala bangsal/ruangan akan bekerja dengan dan melalui seluruh staf keperawatan, Ketua Tim, Perawat Pelaksana dan non keperawatan dalam memberikan asuhan keperawatan yang ada di bangsal yang menjadi kewenangan dan tanggung jawabnya.

Kepala Bangsal/Ruangan harus mampu mengelola Keperawatan mulai merencanakan, mengorganisir, mengarahkan serta kemampuan mengawasi secara melekat pada sumber daya perawat dalam menerapkan semua Standar Asuhan Keperawatan & SOP, maupun mengawasi sumber dana sehingga dapat memberikan pelayanan keperawatan yang efektif dan efisien pada pasien, keluarga dan masyarakat. Salah satu usaha untuk memberikan pelayanan keperawatan yang berkualitas dan profesional,  Kepala Bangsal/Ruangan  harus mampu menata sistem pemberian pelayanan keperawatan melalui pengembangan model praktik keperawatan yang ilmiah  yang disebut dengan Model Praktik Keperawatan Profesional (MPKP) yang terdiri dari 4 pilar profesional yaitu: management approach, professional relationship, compensatory reward dan patient care delivery. 

TUJUAN
Setelah menyelesaikan pelatihan, peserta mampu ;

  • Melaksanakan Manajemen dan Kepemimpinan Keperawatan (management approach)
  • Melaksanakan Manajemen Sumber Daya Perawat (compensatory reward)
  • Melaksanakan Hubungan Profesional Keperawatan (professional relationship)
  • Melaksanakan Asuhan Keperawatan (patient care delivery)
  • Melaksanakan dokumentasi keperawatan

NARA SUMBER
Konsultan Manajemen Keperawatan :
1.  Prof. Dr Budi Anna Keliat,  SKp. Mapp.Sc
2.  Djuariah Chanafie, SKp.Mkep

METODE
-  Ceramah | Tanya Jawab | Diskusi
-  Praktek Laboratorium | Praktek lapangan di RS 

PESERTA
-  Kepala Ruangan /Bangsal/Unit
-  Ketua Tim 
-  Penanggung Jawab Shift
-  Perawat Klinik  Level II dan III atau Perawat Manajer I dan II   

*  Jumlah peserta : maksimal 40  orang  

MATERI













































WAKTU
25 - 28 APRIL 2012 (4 hari)


BIAYA DAN PENDAFTARAN
Rp. 4.850.000,- / peserta  
Biaya tersebut termasuk :  penginapan 3 malam, Seminar Kits, Makalah, CD Makalah, Makan Pagi, Makan Siang, Makan Malam  & Snack.



INFORMASI DAN PENDAFTARAN
YPMK Perdhaki u.p. Ritta / Nuning / Windi
Jl. Kramat Lontar H 11 A, Jakarta Pusat
Tel. 021 - 3920250 / 3926712 / 3914843
Fax. 021 - 3914843 / 3926712
e-mail : ypmk_perdhaki@yahoo.com
Pendaftaran setiap hari kerja : Senin - Jumat, Jam 08.30 - 15.00 wib
Pendaftaran VIA SMS : 0852 8743 4424 (Nuning) | 0813 1631 8757 (Ani)

BIAYA DIKIRIM MELALUI:
BANK CIMB NIAGA Jl. Cikini Raya 71 A, Jakarta
no. rek. : 908-01-00015-00-9 a.n. PMK Perdhaki



FORMULIR PENDAFTARAN

Dengan ini kami mendaftarkan nama-nama di bawah ini untuk mengikuti Pelatihan Manajemen Pelayanan dan Asuhan Keperawatan :

NAMA / JABATAN :

1. ______________________ / __________________________ L / P

2. ______________________ / __________________________ L / P

3. ______________________ / __________________________ L / P


Contact person / Jabatan :
Instansi :
Alamat :
Telepon :
Fax :
email :







































Feb 22, 2012

PELATIHAN MANAJEMEN LINEN DAN LAUNDRY MEI 2012

PELATIHAN
MANAJEMEN LINEN DAN LAUNDRY
Tanggal 14 - 15 MEI 2012

PENDAHULUAN
   Linen adalah istilah yang digunakan untuk menyebutkan seluruh barang atau produk tekstil yang digunakan di rumah sakit. Produk-produk tersebut meliputi Linen Rawat Inap, Linen Rawat Jalan, Linen Ruang Bedah, dan lain-lain.

    Perawatan Linen yang benar akan memberikan kesan bersih, higienis dan nyaman, kesan Homey di ruang Rawat Inap akan memberikan dampak psikologis positif pada pasien, sehingga memberikan dapat keunggulan bersaing dan membentuk image positif bagi rumah sakit.

    Perawatan, pemakaian, material, ukuran, dan jumlah yang tepat sangat mempengaruhi mutu linen tersebut, unit laundry sangat berperan penting dalam hal ini. Bila dilaksanakan dengan prosedur nornal, linen rumah sakit rata-rata mempunyai ketahanan maksimal 200 kali proses pencucian.  Demikian juga dengan kebutuhan linen rumah sakit  dapat dihitung berdasarkan pada BOR rumah sakit atau jumlah tempat tidur rumah sakit pada rawat inap dan ruangan yang menggunakan linen tersebut.

    Untuk mendapatkan standar mutu tersebut, maka YPMK Perdhaki kembali menyelenggarakan Pelatihan Manajemen Linen dan Laundry di Rumah Sakit.


TUJUAN
  • Mengetahui dan memahami cara pemilihan bahan dan perawatan linen yang benar.
  • Mengetahui cara penyimpanan dan pengontrolan linen.
  • Mampu menghitung kebutuhan linen di rumah sakit, serta menghitung unit cost linen.
  • Mengetahui dan memahami masalah linen infeksius dan solusinya.

NARA SUMBER
Praktisi dan Konsultan Manajemen Linen dan Laundry di Rumah Sakit
  • Raharas Sapta - TAL (Manajemen Linen dan Services)
  • Rusben, AMK - Praktisi dan Konsultan Laundry

MATERI
  • Manajemen Linen di Rumah Sakit (Perencanaan, Perawatan, Penyimpanan).
  • Key Performance Indicator (KPI) Linen di Rumah Sakit.
  • Infeksi Nosokomial di Laundry Ruamh Sakit.
  • Perhitungan Kebutuhan Linen di Rumah Sakit
  • Laundry di Rumah Sakit.
PESERTA
  • Manajer Linen dan Laundry Rumah Sakit
  • Staf  Linen dan Laundry Rumah Sakit
  • Staf Pengolahan Limbah Cair
  • Staf CSSD
METODE
Ceramah | Tanya Jawab | Studi Kasus

WAKTU
Hari / Tanggal    : Senin - Selasa, 14 - 15 Mei 2012
Pukul                : 08.00 - 17.00 WIB

TEMPAT
Hotel Bintang Griyawisata 
Jl. Raden Saleh No. 16 Jakarta - Pusat

BIAYA DAN INFORMASI PENDAFTARAN
Biaya pelatihan Rp. 2.750.000,- / peserta dan sudah termasuk : Seminar kits, CD Makalah, 6 x snack dan 3 x makan siang
Untuk Instansi yang mengirimkan lebih dari 1 peserta mendapatkan diskon Rp. 100.000,- / peserta.

Pendaftaran disertai pembayaran paling lambat tanggal 7 Mei 2012, dengan mengirimkan Formulir.
Pendaftaran disertai fotocopy bukti transfer ke :
YPMK Perdhaki u.p. Windi / Rita / Nuning
Jl. Kramat Sentiong No. 43 , Jakarta 10450
Tel. (021) 3920250 - 3914843 - 3926712
Fax (021) 392 6712 - 3914843
Via SMS : 0852 8743 4424 / 0813 9993 6536
e-mail : ypmk_perdhaki@yahoo.com
blog : www.ypmkperdhaki.blogspot.com
fb : ypmk perdhaki
Pendaftaran setiap hari kerja : Senin - Jumat, Jam 08.30 - 15.00 wib

BIAYA DIKIRIM MELALUI:
BANK CIMB NIAGA Jl. Cikini Raya 71 A, Jakarta
no. rek. : 908-01-00015-00-9 a.n. PMK Perdhaki

Alternatif Penginapan
Bagi peserta yang akan menginap, dapat menghubungi secara langsung penginapan yang terdekat dengan tempat Pelatihan antara lain :


1. Wisma Perdhaki - Jl. Kramat VI No. 7 - Jakarta Pusat, Telp. 021 - 3909245   /3140455
2. Wisma Jengger - JL. Kramat VI, No. 28 - Jakarta Pusat Telp. 021 - 3909955
3. Wisma Dewo - Jl. Kramat VI No. 12 - Jakarta Pusat, Telp. 021 - 3909510
4. Hotel Acacia - Jl. Kramat Raya 73 - 81, Jakarta Pusat, Telp. 021 - 3903030
5. Hotel Bintang Griyawisata - Jl. Raden Saleh no. 16, Jakarta Pusat, Telp. 021 - 3922566 - 74
6. Hotel Blue Sky Pandurata - Jl. Raden Saleh no. 12, Jakarta Pusat, Telp. 021 - 3905205
7. Hotel Amaris Senen - Jl. Kramat Raya No. 35, Senen - Jakarta Pusat, Telp. 021 - 2302966






FORMULIR PENDAFTARAN


Dengan ini kami mendaftarkan nama-nama di bawah ini untuk mengikuti Pelatihan Manajemen Linen dan Laundry di Rumah Sakit :


NAMA / JABATAN :


1. ______________________ / __________________________ L / P


2. ______________________ / __________________________ L / P


3. ______________________ / __________________________ L / P




Contact person / Jabatan :
Instansi :
Alamat :
Telepon :
Fax :
email :




                                                                                                                            

PELATIHAN BUSINESS PLAN

PELATIHAN
BUSINESS  PLAN
(untuk meningkatkan pendapatan rumah sakit)

10 - 11 April 2012

PENDAHULUAN

Tingginya tingkat kompetisi pada bisnis rumah sakit menuntut manajemen untuk merespon perubahan dan perkembangan lingkungan bisnis yang terjadi. Disamping itu, tuntutan dan permintaan konsumen terhadap pelayanan bermutu juga semakin tinggi.  Meningkatnya jumlah pesaing menciptakan atmosphere manajemen rumah sakit untuk senantiasa memperbaiki dan meningkatkan kemampuan serta kualitas dalam menyediakan pelayanan kesehatan yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Kondisi ini merupakan tantangan untuk manajemen rumah sakit terus berbenah diri meningkatkan citra  agar tetap menjadi pilihan pelayanan kesehatan masyarakat.

Oleh karena itu diperlukan kemampuan untuk melakukan kajian faktor internal dan eksternal rumah sakit yang sangat mempengaruhi agar dapat tetap survive dalam persaingan bisnis yang semakin ketat. Rencana bisnis rumah sakit merupakan instrumen penting untuk mencapai tujuan rumah sakit baik jangka pendek, menengah maupun panjang.
Adanya kemampuan untuk membuat rencana bisnis merupakan suatu keharusan yang sangat penting bagi pimpinan dan manajer rumah sakit. Dalam rangka pengembangan bisnis rumah sakit itulah YPMK Perdhaki menyelenggarakan Pelatihan Rencana Bisnis Tingkatkan Pendapatan RS. Pelatihan ini dikemas dan disesuaikan dengan kebutuhan SDM rumah sakit untuk dapat menjawab tantangan bisnis rumah sakit dimasa depan baik RS swasta, RSU atau RSUD yang telah atau ingin menerapkan BLU atau BLUD.

TUJUAN
Pelatihan ini bertujuan:
  1. Memberikan pemahaman teori dan konsep tentang rencana bisnis RS baik RS Swasta, RSU atau RSUD yang telah atau ingin menerapkan BLU atau BLUD.
  2. Memberikan pemahaman dan mempraktekkan instrumen positioning.
  3. Merumuskan dan menentukan alternatif strategi bisnis RS. 
  4. Merumuskan dan menetapkan strategi bisnis RS.

NARA SUMBER
1.  DR. Yaslis Ilyas, DRG, MPH, HIA, MHP, AAK
     - Konsultan Pengembangan Manajemen dan SDM di berbagai industri layanan termasuk RS 
     - Berpengalaman > 30 tahun sebagai dosen pasca sarjana di FKM

2.  Dicky Rahardjo, SKM, MARS
     - Anggota Badan Keahlian Konsultan Manajemen Kesehatan
     - Ikatan Nasional Tenaga Ahli Konsultan Indonesia (INTAKINDO)
     - CEO dari PTY Consulting, sebuah perusahaan jasa konsultan pengembangan RS

METODE
Diskusi | Studi Kasus | Seminar | Tanya jawab. 

MATERI
1.    Visi, Misi, dan Tujuan Rumah Sakit
2.    Kinerja Rumah Sakit sebagai Dasar Rencana Bisnis Rumah Sakit
3.    Sumber Rujukan Business Plan Rumah Sakit
4.    Analisis Strength, Weakness, Opportunity, and Threath
5.    Kerangka Konsep Business Plan
6.    Bedah Kasus Rumah Sakit X :
       a. Analisis Faktor Eksternal
       b. Analisis Faktor Internal
7.    Hasil Matrix Eksternal dan Internal Rumah Sakit
8.    Bedah Kasus Rumah Sakit X :
       a. Analisis Kinerja Pelayanan Kesehatan
       b. Analisis Kinerja Keuangan Rumah Sakit
9.    Rencana Bisnis Alternatif Rumah Sakit  
10.  Rencana Bisnis Bidang Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit
11.  Rencana Bisnis Bidang Organisasi dan SDM
12.  Rencana Bisnis Bidang Sarana dan PrasaranaRumah Sakit
13.  Rencana Bisnis Bidang Keuangan Rumah Sakit
14.  Positioning dan Marketing Produk Rumah Sakit 

PESERTA
1. Direktur Rumah Sakit
2. Manajer Rumah Sakit
3. Kepala Divisi, Kepala Bagian, Kepala Instalasi dan Kepala Unit Rumah Sakit.
4. Pimpinan yang mempunyai peran untuk meningkatkan produktifitas dan profitabilitas bisnis rumah sakit. 

WAKTU
10 - 11 APRIL 2012 ( 2 hari )

BIAYA DAN PENDAFTARAN
Rp 2.750.000,- (tidak termasuk biaya penginapan)
Bagi instansi yang mengirimkan lebih dari 1 orang akan mendapatkan potongan Rp 100.000,-/orang

INFORMASI DAN PENDAFTARAN
YPMK Perdhaki u.p. Ritta / Nuning / Windi
Jl. Kramat Lontar H 11 A, Jakarta Pusat
Tel. 021 - 3920250 / 3926712 / 3914843
Fax. 021 - 3914843 / 3926712
e-mail : ypmk_perdhaki@yahoo.com
Pendaftaran setiap hari kerja : Senin - Jumat, Jam 08.30 - 15.00 wib
Pendaftaran VIA SMS : 0852 8743 4424 (Nuning) | 0813 1631 8757 (Ani)

BIAYA DIKIRIM MELALUI:
BANK CIMB NIAGA Jl. Cikini Raya 71 A, Jakarta
no. rek. : 908-01-00015-00-9 a.n. PMK Perdhaki
Alternatif Penginapan
Bagi peserta yang akan menginap, dapat menghubungi secara langsung penginapan yang terdekat dengan tempat Pelatihan antara lain :

   1. Wisma Perdhaki - Jl. Kramat VI No. 7 - Jakarta Pusat, Telp. 021 - 3909245 / 3140455
   2. Wisma Jengger - JL. Kramat VI, No. 28 - Jakarta Pusat Telp. 021 - 3909955
   3. Wisma Dewo - Jl. Kramat VI No. 12 - Jakarta Pusat, Telp. 021 - 3909510
   4. Hotel Acacia - Jl. Kramat Raya 73 - 81, Jakarta Pusat, Telp. 021 - 3903030
   5. Hotel Bintang Griyawisata - Jl. Raden Saleh no. 16, Jakarta Pusat, Telp. 021 - 3922566 - 74
   6. Hotel Blue Sky Pandurata - Jl. Raden Saleh no. 12, Jakarta Pusat, Telp. 021 - 3905205
   7. Hotel Amaris Senen - Jl. Kramat Raya No. 35, Senen - Jakarta Pusat, Telp. 021 - 2302966


FORMULIR PENDAFTARAN

Dengan ini kami mendaftarkan nama-nama di bawah ini untuk mengikuti Pelatihan Business Plan :

NAMA / JABATAN :

1. ______________________ / __________________________ L / P

2. ______________________ / __________________________ L / P

3. ______________________ / __________________________ L / P


Contact person / Jabatan :
Instansi :
Alamat :
Telepon :
Fax :
email :

RENCANA PELATIHAN YPMK PERDHAKI TAHUN 2012 (tentatif) - UPDATED -

RENCANA PELATIHAN YPMK PERDHAKI TAHUN 2012  (tentatif)
- UPDATED -









































INFORMASI :
 
YPMK Perdhaki u.p. Ritta / Nuning / Windi
Jl. Kramat Lontar H 11 A, Jakarta Pusat
Tel. 021 - 3926712 / 3920250 / 3914843 / 31920414
Fax. 021 - 3914843 / 3926712
e-mail : ypmk_perdhaki@yahoo.com

blog : www.ypmkperdhaki.blogspot.com

0852 8743 4424 (Nuning)
0813 999 36536 (Ani)






PELATIHAN
Penyusunan Hospital Bylaws, Corporate Bylaws & Medical Staff Bylaws
Sesuai Peraturan Menteri Kesehatan
No. 755 / MENKES / PER / IV / 2011
tentang
Penyelenggaraan Komite Medik di Rumah Sakit

Jakarta, 6 - 7 MARET 2012


PENDAHULUAN

Permasalahan yang dihadapi oleh para pemilik dan pengelola Rumah Sakit kian beragam, sementara jaminan atas perlindungan dan keselamatan Pasien tetap merupakan hal utama dalam pengelolaan suatu Rumah Sakit.

Untuk menjamin mutu pelayanan kesehatan serta melindungi keselamatan pasien, maka profesionalisme staf medis menjadi mutlak / perlu ditingkatkan, dengan profesionalisme tersebut, diharapkan pasien akan memperoleh pelayanan yang terbaik dan dapat dipertanggungjawabkan.

Komite Medik di tiap Rumah Sakit memegang peranan penting dan strategis untuk mengendalikan kompetensi serta perilaku staf medis guna menunjang profesionalisme tersebut.

Dalam rangka mencapai tujuan tersebut maka Tata Kerja serta Tata Kelola Komite Medik Rumah Sakit saat ini telah dilakukan upaya perbaikan dan penyempurnaan. Paradigma lama yang menempatkan Komite Medik “seolah” sejajar dengan Manajemen Rumah Sakit sehingga mengambil banyak peran dalam pengelolaan Rumah Sakit, kini telah ditata ulang kembali.

Permenkes No. 755/Menkes/Per/IV/2011 telah mengarahkan serta membentuk Paradigma Baru yang menempatkan Komite Medik sebagai organisasi non struktural di Rumah Sakit  yang mempunyai peran strategis/penting “hanya” di bidang pengelolaan profesi medis yang lebih profesional.

Untuk mencapat keselarasan atas kepentingan pihak pemilik Rumah Sakit, pihak pengelolaan Rumah Sakit serta pihak Staf Medis selaku pelaksana pemberi layanan medis kepada pasien maka mutlak harus dibuat aturan bersama dalam bentuk Hospital Bylaws/HBL, Corporate Bylaws/CBL, serta Medical/Clinical Staff Bylaws/CSBL. Aturan inilah yang mengatur hak, kewajiban, tugas serta kewenangan para pihak yang terkait di Rumah Sakit tersebut.

Selain itu, Permenkes No. 755/Menkes/Per/IV/2011 juga mengamanatkan bahwa Rumah Sakit di Indonesia sudah harus menyesuaikan organisasi Komite Mediknya dengan Permenkes ini selambat-lambatnya 6 bulan sejak diundangkannya Permenkes ini  (tanggal 11 April 2011) yakni tanggal 11 Oktober 2011, termasuk dengan tersusunnya berbagai Peraturan tersebut. Dengan memperhatikan tata waktunya tersebut, Pelatihan ini sangat Penting dan Mendesak.



TUJUAN
Pelatihan ini akan memberikan :
  • Pendalaman pemahaman Paradigma Baru mengenai Tata Kerja dan Tata Kelola Komite Medik di Rumah Sakit
  • Panduan secara langsung penyusunan Hospital Bylaws/HBL, Corporate Bylaws / CBL di Rumah Sakit secara baik dan benar.
  • Panduan secara langsung penyusunan Medical Staff Bylaws/MSBL di Rumah Sakit secara baik dan benar.

NARA SUMBER
·         Husen Kerbala, SH, CN
(Praktisi, Akademisi & Konsultan Hukum Kesehatan)


METODE
·         60% Teori dan 40% Latihan


PESERTA
  • Pemilik dan Pengurus Yayasan Rumah Sakit
  • Direktur Rumah Sakit
  • Pengurus Komite Medik Rumah Sakit
  • Staf Legal, Staf Medis, Konsultan Hukum di Rumah Sakit  
* Peserta diharapkan membawa Laptop dengan fasilitas CD ROM


MATERI
Hari Pertama 
  • Tinjauan Hukum atas perkembangan Sistem Tanggung Gugat RS
  • Kedudukan, Peran dan Fungsi Komite Medik menurut Permenkes No. 755 tahun 2011
  • Pengertian dan Penyusunan Hospital Bylaws
  • Pengertian dan Penyusunan Corporate Bylaws (Pengertian & Organ Korporasi Pemilik  RS - Suatu Tinjauan Hukum)
  • Penyusunan Corporate Bylaws


Hari Kedua

  • Penyusunan Corporate Bylaws (lanjutan)
  • Pengertian Clinical Staff Bylaws
  • Penyusunan Clinical Staff Bylaws
  • Finalisasi  Penyusunan Hospital Bylaws,  Corporate Bylaws dan  Clinical Staff Bylaws

WAKTU
Selasa - Rabu, 6 - 7 MARET 2012

TEMPAT

Hotel Bintang Griyawisata
Jl. Raden Saleh No. 16, Jakarta Pusat

BIAYA DAN PENDAFTARAN 
Rp 2.750.000,- (tidak termasuk biaya penginapan)
Bagi instansi yang mengirimkan lebih dari 1 orang akan mendapatkan potongan Rp 100.000,-/orang

INFORMASI DAN PENDAFTARAN
YPMK Perdhaki u.p. Ritta / Nuning / Windi
Jl. Kramat Lontar H 11 A, Jakarta Pusat
Tel. 021 - 3920250 / 3926712 / 3914843
Fax. 021 - 3914843 / 3926712
e-mail : ypmk_perdhaki@yahoo.com
Pendaftaran setiap hari kerja : Senin - Jumat, Jam 08.30 - 15.00 wib
Pendaftaran VIA SMS : 0852 8743 4424 (Nuning) | 0813 1631 8757 (Ani)

BIAYA DIKIRIM MELALUI:
BANK CIMB NIAGA Jl. Cikini Raya 71 A, Jakarta
no. rek. : 908-01-00015-00-9 a.n. PMK Perdhaki

Sarana Penginapan
Bagi peserta yang akan menginap, dapat menghubungi secara langsung penginapan yang terdekat dengan tempat Pelatihan antara lain :

  1. Wisma Perdhaki - Jl. Kramat VI No. 7 - Jakarta Pusat, Telp. 021 - 3909245 / 3140455
  2. Wisma Jengger - JL. Kramat VI, No. 28 - Jakarta Pusat Telp. 021 - 3909955
  3. Wisma Dewo - Jl. Kramat VI No. 12 - Jakarta Pusat, Telp. 021 - 3909510
  4. Hotel Acacia - Jl. Kramat Raya 73 - 81, Jakarta Pusat, Telp. 021 - 3903030
  5. Hotel Bintang Griyawisata - Jl. Raden Saleh no. 16, Jakarta Pusat, Telp. 021 - 3922566 - 74
  6. Hotel Blue Sky Pandurata - Jl. Raden Saleh no. 12, Jakarta Pusat, Telp. 021 - 3905205
  7. Hotel Amaris Senen - Jl. Kramat Raya No. 35, Senen - Jakarta Pusat, Telp. 021 - 2302966


FORMULIR PENDAFTARAN

Dengan ini kami mendaftarkan nama-nama di bawah ini untuk mengikuti Pelatihan Penyusunan Hospital Bylaws, Corporate Bylaws & Medical Staff Bylaws :

NAMA / JABATAN :

1. ______________________ / __________________________ L / P

2. ______________________ / __________________________ L / P

3. ______________________ / __________________________ L / P


Contact person / Jabatan :
Instansi :
Alamat : 
Telepon :
Fax :
email :

Feb 6, 2012

Manajemen Diklat bagi unit diklat



MANAJEMEN DIKLAT
BAGI UNIT DIKLAT
19 - 21 MARET 2012


PENDAHULUAN
Dalam pengelolaan suatu organisasi, diklat merupakan suatu upaya strategis manajemen yang bertujuan mengembangkan SDM dalam rangka me-ningkatkan kinerja suatu organisasi. Hampir setiap organisasi yang besar memiliki unit diklat, namun tidak semua unit diklat dapat menyelenggarakan diklat secara baik.

Diklat yang baik adalah diklat yang dilaksanakan dengan mengikuti kaidah-kaidah penyelenggaraan diklat. Karena hanya dengan penyelenggaraan yang baiklah pengembangan SDM dapat diwujudkan.


TUJUAN
Setelah mengikuti pelatihan diharapkan :
  • Peserta mampu menyusun program Diklat bagi Staff Rumah Sakit sesuai dengan kebutuhan internal Rumah Sakit
  • Peserta mampu menyelenggarakan Diklat sesuai dengan kaidah-kaidah diklat di unit kerjanya masing-masing

MATERI
  • Filosofi Pelatihan
  • Pengkajian kebutuhan pelatihan ( TNA )
  • Penyusunan kurikulum dan GBPP
  • Strategi pembelajaran
  • Penyusunan Kurikulum dan GBPP
  • Evaluasi Pelatihan
  • Master of Training

NARASUMBER
Widyaiswara Pusdiklat Kementerian Kesehatan RI
1. Drg. Ramotan Gultom, MSc
2. Dr. Yenni Bros, M.Kes


PESERTA
  • Kepala HRD 
  • Staf HRD 
  • Kepala Unit Diklat 
  • Staf Diklat
  • Yang berminat dalam penyelenggaraan Diklat 

METODE
60% teori & 40% latihan
  • Ceramah
  • Tanya jawab
WAKTU
Hari / Tanggal : Senin - Rabu, 14 - 16 Maret 2012


TEMPAT
Hotel Bintang Griyawisata
JL. Raden Saleh No. 16
Jakarta Pusat


BIAYA DAN PENDAFTARAN


Rp. 3.500.000,- / peserta  
Untuk instansi yang mengirimkan lebih dari 1 peserta mendapatkan diskon Rp. 100.000,- / peserta


Biaya pelatihan tersebut sudah termasuk Seminar Kit, Makalah, CD Makalah, 6 x snack dan 3 x makan siang


Pendaftaran disertai pembayaran ke :
YPMK Perdhaki u.p. Rita / Nuning / Windi
Jl. Kramat Lontar No. H-11 A, Jakarta 10450
Tel.  (021) 392 0250 - 391 4843 - 392 6712 - 319 20414
Fax. (021) 392 6712 - 391 4843
Via SMS : 0852 8743 4424 (Nuning)  / 0813 1631 8757 (Ani Simbolon) 
e-mail : ypmk_perdhaki@yahoo.com
blog : www.ypmkperdhaki.blogspot.com
FB : ypmkperdhaki
Pendaftaran setiap hari kerja : Senin - Jumat, Jam 08.30 - 15.00 wib


BIAYA DIKIRIM MELALUI:
BANK CIMB NIAGA Jl. Cikini Raya 71 A, Jakarta
no. rek. : 908-01-00015-00-9 a.n. PMK Perdhaki

------------------------------------------------------------------------------
FORMULIR PENDAFTARAN


Dengan ini kami mendaftarkan nama-nama di bawah ini untuk mengikuti Pelatihan Manajemen Diklat bagi Unit Diklat :


NAMA / JABATAN :

1. ______________________ / __________________________ L / P

2. ______________________ / __________________________ L / P

3. ______________________ / __________________________ L / P


Contact person / Jabatan :
Instansi :
Alamat : 
Telepon :
Fax :
email :