May 10, 2013

PELATIHAN VERIFIKASI KLAIM MEDIS JAMKESMAS RS


PELATIHAN 
VERIFIKASI KLAIM MEDIS JAMKESMAS
 RUMAH SAKIT

Jakarta, 26 - 27 Juni 2013

Pendahuluan

Pada situasi ekonomi yang sangat kompetitif, tuntutan manajemen jasa Jaminan Layanan Kesehatan yang bermutu semakin menjadi tuntutan peserta dan perusahaan. Meningkatnya tuntutan akan akurasi dalam penagihan klaim  medis, guna menghindari adanya terjadinya konflik antara rumah sakit dengan Jamkesmas.
     Perkembangan jasa Jaminan Layanan Kesehatan perlu didukung oleh SDM profesional untuk dapat menjawab tantangan bisnis dan tuntutan mitra kerja yang semakin kompleks di masa depan. Meningkatnya jumlah penggunaan (utilisasi) pelayanan kesehatan dari peserta Jamkesmas menimbulkan beban kerja dan tingkat kesulitan kerja yang semakin tinggi pada pihak rumah sakit.
     Peserta Jamkesmas pada tahun 2010 mencapai 76,4 juta   penduduk miskin diseluruh Indonesia dan peserta Jamkesmas adalah konsumen terbesar puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah dan Pusat. Dengan jumlah kepesertaan yang sangat besar, akan menimbulkan beban kerja dan kompleksitas administrasi klaim pada rumah sakit sebagai Pelaksana Pelayanan Kesehatan Jamkesmas.
     Sesuai dengan UU No. 40 tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) dan diundangkannya UU No. 44 tahun 2011 tentang pelaksanaan Badan Pelaksana Jaminan Sosial (BPJS), jaminan kesehatan untuk seluruh rakyat Indonesia akan dimulai secara bertahap pada tahun 2014. Diperkirakan demand terhadap pelayanan RS akan semakin tinggi dengan semakin meningkatnya jumlah rakyat yang mempunyai jaminan kesehatan.
     Pada awal tahun 2014, diperkirakan jumlah rakyat yang mempunyai jaminan berjumlah lebih dari 140 juta orang. Hal ini akan menimbulkan kompleksitas terhadap pelayanan kesehatan di rumah sakit. Disamping itu, SDM rumah sakit belum cukup terpapar dengan seluk beluk administrasi klaim Jamkesmas. Hal ini sering menimbulkan konflik antara manajemen rumah sakit dengan pengelola Jamkesmas.
     Untuk mensukseskan program Jamkesmas, perlu keterlibatan semua pihak dengan meningkatkan pengetahuan tentang manajemen klaim dan fraud Jamkesmas. Dalam rangka pengembangan SDM manajemen klaim rumah sakit, pelatihan ini dikemas dan disesuaikan dengan kebutuhan personel rumah sakit untuk dapat menjawab dan menyelesaikan klaim Jamkesmas di rumah sakit.

Tujuan :

Setelah menyelesaikan pelatihan, peserta mampu:
1.  Meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan personel rumah sakit untuk  
     mengelola dengan baik klaim medis Jamkesmas.
2.  Mampu melakukan penagihan klaim medis Jamkesmas sesuai dengan 

     ketentuan yang ada.
3.  Mencegah terjadinya konflik antara rumah sakit dengan pengelola 

    Jamkesmas 

Nara Sumber :
DR. Drg. Yaslis Ilyas, MPH. HIA. MHP. AAK

Peserta : 
  • Direktur Keuangan Rumah Sakit 
  • Manager Keuangan Rumah Sakit 
  • Staf Keuangan Rumah Sakit 
Materi :
Hari ke - 1 : 
*Konsep Kerjasama Asuransi - PPK (RS / Klinik) 
  a. Proses seleksi (faktor apa saja yang jadi pertimbangan asuransi untuk     
      kerjasama / tidak dengan PPK).
  b. Aneka sitem pembayaran yang b isa disepakati, serta Plus Minusnya bagi       provider.
* Faktor - faktor penyebab yang sering mengakibatkan penundaan pembayaran    klaim oleh pihak penanggung biaya pelayanan kesehatan (Asuransi / Bapel /    Perusahaan).
* Tip yang dapat diusahakan RS untuk menghindari penundaan / penolakan 
   pembayaran oleh pihak penanggung.

Hari ke - 2 :
* Moral Hazard & Fraud Definisi, dampak terhadap biaya kesehatan  
  dan antisipasi terhadap Moral Hazard. 
* Jenis kecurangan klaim & modus operasi yang banyak ditemukan dari  
   hasil 
   verifikasi oleh claim analis perusahaan asuransi (lebih difokuskan pada 
   kecurangan oleh peserta / perusahaan asuransi).
* Manfaat melakukan Verifikasi tagihan klaim oleh RS sebelum tagihan dikirim.
* Teknik verifikasi tagihan klaim
* Tip verifikasi klaim Rawat Jalan
* Tip verifikasi Rawat Inap

Metode
- Ceramah | Tanya Jawab | Diskusi

Waktu
Hari / Tanggal    : Rabu - Kamis, 26 - 27 Juni 2013
Pukul                : 08.00 - 17.00 WIB

Tempat
Hotel Blue Sky Pandurata
Jl. Raden Saleh No.16 
Jakarta Pusat

Biaya dan Informasi Pendaftaran
Biaya pelatihan Rp. 3.250.000,- / tidak termasuk penginapan.
Peserta mendapatkan : Seminar kits, CD Makalah, 4 x snack dan 2 x makan siang.

Pendaftaran disertai pembayaran paling lambat tanggal 19 Juni 2013 dengan mengirimkan Formulir.
NB : Peserta maximal 25 orang, apabila peserta lebih akan dialihkan ke gelombang berikutnya. 

Pendaftaran disertai fotocopy bukti transfer ke :
YPMK Perdhaki u.p. Shinta / Windi
Jl. Kramat Sentiong No. 43 , Jakarta 10450
Tel. (021) 3920250 - 3914843 - 3926712
Fax (021) 392 6712 - 3914843
Via SMS : 0852 8743 4424 / 0813 1903 7384
e-mail : ypmk_perdhaki@yahoo.com
blog : www.ypmkperdhaki.blogspot.com
fb : ypmk perdhaki
Pendaftaran setiap hari kerja : Senin - Jumat, Jam 08.30 - 15.00 wib

BIAYA DIKIRIM MELALUI:
BANK CIMB NIAGA Jl. Cikini Raya 71 A, Jakarta
no. rek. : 908-01-00015-00-9 a.n. PMK Perdhaki

Alternatif Penginapan
Bagi peserta yang akan menginap, dapat menghubungi secara langsung penginapan yang terdekat dengan tempat Pelatihan antara lain :

1. Wisma Perdhaki - Jl. Kramat VI No. 7 - Jakarta Pusat, Telp. 021 - 3909245   /3140455
2. Wisma Jengger - JL. Kramat VI, No. 28 - Jakarta Pusat Telp. 021 - 3909955
3. Wisma Dewo - Jl. Kramat VI No. 12 - Jakarta Pusat, Telp. 021 - 3909510
4. Hotel Acacia - Jl. Kramat Raya 73 - 81, Jakarta Pusat, Telp. 021 - 3903030
5. Hotel Bintang Griyawisata - Jl. Raden Saleh no. 16, Jakarta Pusat, Telp. 021 - 3922566 - 74
6. Hotel Blue Sky Pandurata - Jl. Raden Saleh no. 12, Jakarta Pusat, Telp. 021 - 3905205
7. Hotel Amaris Senen - Jl. Kramat Raya No. 35, Senen - Jakarta Pusat, Telp. 021 - 2302966




FORMULIR PENDAFTARAN

Dengan ini kami mendaftarkan nama-nama di bawah ini untuk mengikuti Pelatihan Verifikasi Klaim Medis JAMKESMAS Rumah Sakit :

NAMA / JABATAN :

1. ______________________ / __________________________ L / P

2. ______________________ / __________________________ L / P

3. ______________________ / __________________________ L / P


Contact person / Jabatan :
Instansi :
Alamat :
Telepon :
Fax :
email :


 


 

PELATIHAN MANAJEMEN LINEN & LAUNDRY RS

PELATIHAN
MANAJEMEN LINEN DAN LAUNDRY
Menuju JCI

Jakarta, 19 - 20 Juni 2013


PENDAHULUAN 
   
     Setelah Kamar Jenasah, tingkat nosokomial tertinggi di rumah sakit adalah Bagian Laundry. Sementara itu banyaknya rumah sakit yang menganggap laundry sebagai bahan pertimbangan atas pelayanan dan penyeimbang dalam kegiatan pelayanan kesehatan membuat manajemen rumah sakit selalu  mengatakan Mahal. Baik mulai dari pengadaan linen maupun perawatan linen, sehingga pengetahuan tentang linen ataupun laundry menjadi suatu hal yang fantastik (karena kesalahan dalam menterjemahkan, sehingga laundry rumah sakit dianggap seperti laundry hotel atau mencuci di rumah sendiri). Dalam hal ini banyak hal yang akan memicu pertengkaran atau konflik antar bagian seperti : laundry dengan IPAL karena faktor air limbah, laundry dengan keperawatan karena faktor noda yang tidak bisa hilang, ataupun laundry dengan manajemen karena linen yang hilang atau rusak. Sementara itu permasalahan selalu bergulir dan tidak ada pemecahan sama sekali dan juga penempatan SDM yang tidak tepat namun mengharapkan hasil yang memuaskan.
     Kepmenkes no 382 / Menkes / SK / III / 2007, tentang : Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Infeksi di Rumah Sakit dan Fasilitas Kesehatan Lainnya, sementara Kepmenkes No.1204 / Menkes / SK / X / 2004 tentang ; Persyaratan Kesehatan Lingkungan Rumah Sakit, adalah 2 Permenkes yang sangat ketat dalam melandasi kesehatan dan infeksi nosokomial di lingkungan rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya. Kedua Pemenkes tersebut sama - sama menggaris bawahi Kesehatan baik di lingkungan (1204) maupun penerapan infeksi (382).
Setelah tahun 2009 - 2011 Pelatihan manajemen Linen dan Laundry Rumah Sakit, lebih banyak membahas Permenkes no. 1204, maka Pelatihan Manajemen Linen dan Laundry Rumah Sakit tahun 2013 ini akan menitikberatkan pada permenkes No. 382. Dalam pembahasannya mulai dari Infeksi Nosokomial dan perkembangan mikroorganisme di linen, pengendalian serangga pada penyimpanan linen bersih dan kotor, limbah cair yang dihasilkan perawatan linen / laundry dan proses pemilihan material linen serta perawatannya di rumah sakit.
     Permenkes No. 382 / Menkes / SK / III / 2007 menjadi pokok pembahasan dalam pelatihan manajemen linen dan laundry rumah sakit tahun 2013, hal ini dikarenakan sudah menjadi trend di rumah sakit untuk mendapatkan sertifikat JCI (Joint commission International) yang mangacu pada Akreditasi Rumah Sakit tingkat Internasional. Dimana pengembangan rumah sakit dalam melayani kesehatan masyarakat harus lebih baik seperti peningkatan mutu pelayanan, SDM, sarana prasarana, administrasi dan komunikasi.
     Laundry salah satu bagian dalam sarana penunjang pelayanan kesehatan rumah sakit, sehingga dibutuhkan pembenahan, pembahasan pelatihan ini menitikberatkan pada faktor - faktor di Permenkes 1204 dan Permenkes 382.     
TUJUAN
Setelah pelatihan peserta diharapkan :
  • Mengetahui material yang cocok untuk linen rumah sakit
  • Mengetahui teknik penanganan linen kotor (infeksius dan non infeksius)
  • Mengetahui teknik pemaparan infeksius
  • Mengetahui limbah cair yang dihasilkan dari perawatan linen
  • Mengetahui pemaparan penyakit yang disebabkan oleh serangga   
NARA SUMBER
Praktisi dan Konsultan Manajemen Linen dan Laundry di Rumah Sakit
  • Dr. Agus Sugiharto, MS, Sp.MK
  • R. Heru Joko S
  • Tonny Iskandar, Amd.A.K
  • Ahmad Isparyono 

MATERI  
Hari ke-1
  • Manajemen INOS pada linen rumah sakit 
  • Manajemen pest Control pada linen rumah sakit 
  • Manajemen limbah cair terkait dengan laundry rumah sakit 
Hari ke-2 :
  • Pengelolaan linen rumah sakit menuju JCI
  • Pengelolaan laundry rumah sakit menuju JCI
PESERTA
  • Manajer Linen dan Laundry Rumah Sakit
  • Staf  Linen dan Laundry Rumah Sakit
  • Staf Pengolahan Limbah Cair
  • Staf CSSD
  • Kepala Instalasi Pengelolaan Limbah Cair
METODE
Ceramah | Tanya Jawab | Studi Kasus

WAKTU
Hari / Tanggal    : Rabu - Kamis, 19 - 20 Juni 2013
Pukul                : 08.00 - 17.00 WIB

TEMPAT
Hotel Blue Sky Pandurata
Jl. Raden Saleh No.16 
Jakarta Pusat

BIAYA DAN INFORMASI PENDAFTARAN
Biaya pelatihan Rp. 3.250.000,- / tidak termasuk penginapan.
Peserta mendapatkan : Seminar kits, CD Makalah, 4 x snack dan 2 x makan siang.
Pendaftaran disertai pembayaran paling lambat tanggal 12 Juni 2013 dengan mengirimkan Formulir.
NB : Peserta maximal 25 orang, apabila peserta lebih akan dialihkan ke gelombang berikutnya. 
Pendaftaran disertai fotocopy bukti transfer ke :
YPMK Perdhaki u.p. Shinta / Windi
Jl. Kramat Sentiong No. 43 , Jakarta 10450
Tel. (021) 3920250 - 3914843 - 3926712
Fax (021) 392 6712 - 3914843
Via SMS : 0852 8743 4424 / 0813 1903 7384
e-mail : ypmk_perdhaki@yahoo.com
blog : www.ypmkperdhaki.blogspot.com
fb : ypmk perdhaki
Pendaftaran setiap hari kerja : Senin - Jumat, Jam 08.30 - 15.00 wib

BIAYA DIKIRIM MELALUI:
BANK CIMB NIAGA Jl. Cikini Raya 71 A, Jakarta
no. rek. : 908-01-00015-00-9 a.n. PMK Perdhaki

Alternatif Penginapan
Bagi peserta yang akan menginap, dapat menghubungi secara langsung penginapan yang terdekat dengan tempat Pelatihan antara lain :

1. Wisma Perdhaki - Jl. Kramat VI No. 7 - Jakarta Pusat, Telp. 021 - 3909245   /3140455
2. Wisma Jengger - JL. Kramat VI, No. 28 - Jakarta Pusat Telp. 021 - 3909955
3. Wisma Dewo - Jl. Kramat VI No. 12 - Jakarta Pusat, Telp. 021 - 3909510
4. Hotel Acacia - Jl. Kramat Raya 73 - 81, Jakarta Pusat, Telp. 021 - 3903030
5. Hotel Bintang Griyawisata - Jl. Raden Saleh no. 16, Jakarta Pusat, Telp. 021 - 3922566 - 74
6. Hotel Blue Sky Pandurata - Jl. Raden Saleh no. 12, Jakarta Pusat, Telp. 021 - 3905205
7. Hotel Amaris Senen - Jl. Kramat Raya No. 35, Senen - Jakarta Pusat, Telp. 021 - 2302966




FORMULIR PENDAFTARAN

Dengan ini kami mendaftarkan nama-nama di bawah ini untuk mengikuti Pelatihan Manajemen Linen dan Laundry di Rumah Sakit :

NAMA / JABATAN :

1. ______________________ / __________________________ L / P

2. ______________________ / __________________________ L / P

3. ______________________ / __________________________ L / P


Contact person / Jabatan :
Instansi :
Alamat :
Telepon :
Fax :
email :