PELATIHAN
AUDIT KEPERAWATAN
14 - 17 Oktober 2009
AUDIT KEPERAWATAN
14 - 17 Oktober 2009
Mutu Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit tidak pernah lepas dari mutu keperawatan. Layanan keperawatan yang berkualitas mempengaruhi mutu pelayanan secara keseluruhan, sehingga tidak bisa dipungkiri mempengaruhi citra layanan kesehatan di Rumah Sakit.
Dalam mempertahankan dan meningkatkan mutu pelayanan keperawatan, telah disusun standar asuhan keperawatan dan diterapkan pada pelayanan kesehatan di rumah sakit. Penerapan standart asuhan keperawatan ini juga menjadi salah satu tolok ukur pelayanan keperawatan dalam akreditasi rumah sakit.
Untuk mengetahui tingkat keberhasilan penerapan standar asuhan keperawatan di rumah sakit perlu dilakukan penilaian secara objektif (audit keperawatan) secara berkala, dimana hasilnya dapat digunakan sebagai bahan kajian untuk penyempurnaan seluruh sistem pelayanan keperawatan di rumah sakit.
Agar dapat melakukan audit keperawatan maka tenaga keperawatan perlu untuk ditingkatkan pengetahuan dan ketrampilan melalui Pelatihan Audit Keperawatan.
TUJUAN
UmumDalam mempertahankan dan meningkatkan mutu pelayanan keperawatan, telah disusun standar asuhan keperawatan dan diterapkan pada pelayanan kesehatan di rumah sakit. Penerapan standart asuhan keperawatan ini juga menjadi salah satu tolok ukur pelayanan keperawatan dalam akreditasi rumah sakit.
Untuk mengetahui tingkat keberhasilan penerapan standar asuhan keperawatan di rumah sakit perlu dilakukan penilaian secara objektif (audit keperawatan) secara berkala, dimana hasilnya dapat digunakan sebagai bahan kajian untuk penyempurnaan seluruh sistem pelayanan keperawatan di rumah sakit.
Agar dapat melakukan audit keperawatan maka tenaga keperawatan perlu untuk ditingkatkan pengetahuan dan ketrampilan melalui Pelatihan Audit Keperawatan.
TUJUAN
- Meningkatkan mutu pelayanan keperawatan dan mutu pelayanan di rumah sakit.
- Diperolehnya data dasar tentang penerapan standar asuhan keperawatan di rumah sakit.
- Peserta mampu melaksanakan audit keperawatan di rumah sakit secara mandiri.
- Peserta mampu melaksanakan perbaikan dalam bidang pelayanan keperawatan di rumah sakit.
Materi
- Proses keperawatan sebagai metodologi pemberian Asuhan Keperawatan
- Patient Safety Keperawatan
- Surveilens pada Pencegahan dan Penanggulangan infeksi di Rumah Sakit
- Dokumentasi Asuhan Keperawatan
- Standar Pelayanan Rumah Sakit (SPRS)
- Standar Asuhan Keperawatan (SAK)
- Audit Keperawatan
- POA
- Pengelolaan Data Audit Keperawatan
Metode
- Ceramah dan tanya jawab
- Simulasi kasus
- Diskusi kelompok
- Pleno
Nara Sumber
Tim pengembangan keperawatan
1. Saida Simanjuntak, SKp, MARS
2. Ida Suaedah, SKp
3. Ruti Nubi, SKM
Peserta
- Direktur / Manajer Keperawatan
- Kepala Bidang / Kepala Seksi / Kepala Sub Seksi Keperawatan
- Supervisor / Pengawas Perawatan / Kepala Ruangan
- Tim Pengendalian Mutu Keperawatan
- Komite Keperawatan.
Perlengkapan:
Sebaiknya peserta membawa laptop untuk pengembangan software dan kelancaran dalam proses simulasi.
Waktu
Rabu - Sabtu, 14 - 17 Oktober 2009
08.00 - 17.30 wib
Tempat
Wisma Perdhaki
Jl. Kramat VI No. 7 Lt. 3
Jakarta 10430
Biaya :Rp. 4.000.000,- / peserta selama 4 hari (tidak termasuk penginapan dan makan malam)
Biaya sudah termasuk : Seminar Kits, Makalah, CD Makalah, Sertifikat, makan siang dan snack
Informasi dan Pendaftaran
YPMK Perdhaki u.p. Ritta / Nuning / Tina
Jl. Kramat VI / 11, Jakarta 10430
Tel. (021) 392 6712 - 392 0250 - 391 4843
Fax. (021) 392 0250 - 392 6712
e-mail : ypmk_perdhaki@yahoo.com
Pendaftaran setiap hari kerja : Senin - Jumat, Jam 08.30 - 15.00 wib
Pendaftaran VIA SMS :
0852 8743 4424 (Nuning / Rita)
Biaya dikirim melalui:
BANK CIMB NIAGA Jl. Cikini Raya 71 A, Jakarta
no. rek. : 908-01-00015-00-9 a.n. PMK Perdhaki
Alternatif Penginapan
1. Wisma Perdhaki, JL. Kramat VI No. 7 - Jakarta Pusat
Telp. 021 - 3140455 / 3909245
2. Wisma Jengger, JL. Kramat VI No. 28 - Jakarta Pusat
Telp. 021 - 3909955
3. Wisma Dewo, JL. Kramat VI No. 12 - Jakarta Pusat
Telp. 021 - 3909510
No comments:
Post a Comment