Apr 3, 2014

PELATIHAN PENYUSUNAN ANEKA KONTRAK



Pelatihan
PENYUSUNAN ANEKA KONTRAK
DI RUMAH SAKIT YANG SESUAI DENGAN
KAEDAH KAEDAH HUKUM

Latar Belakang
Saat ini institusi Rumah Sakit tidak lagi semata-mata lembaga sosial kemasyarakatan yang memberikan pelayanan kesehatan saja. Namun untuk mempertahankan dan meningkatkan keberadaannya sudah mengarah kepada suatu lembaga bisnis di bidang layanan kesehatan. Sehingga hampir di semua aspeknya telah menerapkan sistem manajemen yang baik. Penerapan disiplin ilmunya juga tidak hanya terbatas pada bidang ilmu kedokteran atau kesehatan semata, tapi juga hampir semua disiplin ilmu diterapkan didalamnya, tidak terkecuali penerapan ilmu hukum.
Penerapan bagian dari ilmu hukum yang cukup dominan adalah tentang Hukum Kontrak. Hampir semua sisi operasional rumah sakit akan menerapkan ilmu Hukum Kontrak. Hal ini terjadi mengingat pihak rumah sakit pasti akan  melakukan interaksi hukum dengan berbagai macam pihak dengan berbagai macam kepentingan.
Interaksi hukum yang berjangka pendek maupun panjang ini dengan sendirinya membutuhkan suatu dokumen Kontrak sebagai dokumen yang dapat membuktikan adanya interaksi hukum tersebut. Dokumen kontrak juga memuat berbagai hak-hak maupun kewajiban-kewajiban yang harus dipenuhi oleh masing-masing pihak.
Manakala terjadi silang pendapat antara mereka, para pihak akan merujuk pada dokumen kontrak  yang mereka buat.Oleh karena itu pembuatan/ penyusunan dokumen Kontrak di Rumah Sakit menjadi sedemikian penting artinya.
Ketiadaan dokumen tertulis/Kontrak atau adanya Dokumen Kontrak yang memuat kepentingan yang timpang/tidak sebanding antara para pihak juga merupakan awal petaka persengketaan antara RS dengan pihak lain.
Berbagai macam kasus yang terjadi sudah membuktikan persengketaan yang terjadi berawal dari penyusunan Kontrak yang tidak baik dan aman. Bahkan tidak sedikit yang harus berakhir di pengadilan guna memperoleh penyelesaiannya.
Oleh karena itu, upaya untuk memahami ilmu Hukum Kontrak serta kemampuan untuk membuat Kontrak yang baik dan aman bagi manajemen rumah sakit maupun fungsi Legal RS saat ini merupakan kebutuhan mendesak. Sehingga akan diperoleh pemahaman yang benar serta diperoleh kemampuan penyusunan Kontrak yang baik dan aman serta diharapkan dihasilkan Kontrak yang memenuhi standar kontrak yang baik dan aman.



Tujuan

Setelah menyelesaikan pelatihan, peserta mampu  :

1.  Peserta diharapkan dapat memahami dasar-dasar Hukum Perikatan dan Prinsip-prinsip Penyusunan Kontrak

2. Peserta diharapkan dapat memahami dan menyusun dengan baik berbagai bentuk Perjanjian / Kontrak di RS yang berhubungan dengan  :
a.       Pelanggan (Perusahaan Asuransi dan Non Asuransi)
b.       Pihak ke – 3 (baik supplier maupun rekanan)
c.       Dokter
d.       Pasien
3.      Peserta diharapkan dapat memahami  Tehnik Penyelesaian Sengketa.
4.   Peserta diharapkan daapat memahami Ketentuan Perundang-Undangan tentang Dokter di RS.
Peserta  
-   Kepala  Bidang Legal Rumah Sakit
            -   Staff Legal RS
-      Kepala Bidang Personalia RS
Materi
1.      Dasar-dasar Hukum Perikatan/Kontrak suatu tinjauan umum.
2.      Prinsip-prinsip Penyusunan Kontrak
3.  Beberapa ketentuan dalam UU Kesehatan dan UU Praktek Kedokteran tentang Dokter di RS
4.   Aneka Kontrak dengan Dokter di RS (dokter full timer, Dokter part time dan visiting dokter)
5.      Kontrak layanan Kesehatan dengan pelanggan perusahaan asuransi
6.      Kontrak layanan Kesehatan dengan pelanggan perusahaan non asuransi
7.      Perjanjian pengakuan hutang dengan pasien
8.      Kontrak dengan perusahaan pemborong
9.      Kontrak kerjasama bagi hasil alat kesehatan dengan perusahaan asuransi
10. Kontrak pemeliharaan alat (alat umum / alat kesehatan)
11. Kontrak pengadaan sediaan farmasi dengan system konsinyasi
12. Aneka penyelesaian sengketa dan penyusunan akta perdamaian


Metode
v     Ceramah / Tanya jawab / diskusi
v     Latihan menyusun Draft

Narasumber
Husen Kerbala, SH, SpN
(Akademisi & Praktisi Hukum Kesehatan) 

Waktu & Tempat Pelatihan
Hari / Tanggal              :   Selasa - Rabu, 22 - 23  April  2014
Pukul                            :   08.00 - 16.30  WIB
Tempat                         :   YPMK  Perdhaki
                                          Perkantoran Mitra  Matraman Blok  B-20
                                          Jl.  Matraman  Raya  148, Jakarta  13150

Biaya  Pelatihan  :
             Rp.  3.600.000,- (Tiga juta enam ratus ribu rupiah)
             Tanpa  penginapan

Biaya dikirim melalui :
CIMB Niaga   No. Rekening : 908-01-00015-00-9 
atas nama  :  PMK PERDHAKI.


Pendaftaran  paling  lambat  17  April  2014, untuk infomasi  lengkap hubungi  :


YPMK  Perdhaki
Komplek  Perkantoran Mitra  Matraman  Blok  B – 20
Jl.  Matraman  Raya  148  Jakarta  13150
Phone :    (+62 21) 8590 8034, 8590 8035
Fax      :   (+62 21)  8591 8166
HP       :   0852 874 344 24 (Shinta)  0812 954 3654 (Eny)  
                0813  1903 7384 (Nita)




FORMULIR  PENDAFTARAN

Dengan ini kami mendaftarkan nama-nama dibawah ini untuk mengikuti pelatihan PENYUSUNAN ANEKA KONTRAK DI RS  yang akan diselenggarakan pada tanggal         22 -  23  April  2014  :

Nama          :  
1. .............................................................../ ...................................................L/P
2. .............................................................../ ...................................................L/P
3. .............................................................../ ...................................................L/P
4. .............................................................../ ...................................................L/P

Rumah Sakit         :   .................................................................................................................................
Alamat......................................................................................................................
Contact Person   :  
................................................................  HP. .....................................................
Telpon / Fax / Email :  
...........................................................   Fax. ........................................................
Email         ............................................................................................................

                                                                              
                                                                        ................................................... 2014
                                                                                     Hormat  kami,


                                                                        ( ...........................................................)



No comments:

Post a Comment