Pelatihan
MANAJEMEN IGD
21 – 22 Mei 2014
Dipersiapkan Oleh:
YPMK Perdhaki
Komp.
Perkantoran Mitra Matraman Blok B
– 20
Jl. Matraman Raya
148 Jakarta 13150
Phone : (+62 21)
8590 8034, 8590 8035
Fax :
(+62 21) 8591 8166
Email : ypmkperdhaki97@gmail.com &
ypmk_perdhaki@yahoo.com
LATAR BELAKANG
Sudah tidak disangsikan bahwa Instalasi Gawat Darurat (IGD) di
sebuah rumah sakit merupakan pintu gerbang pelayanan sekaligus etalase kualitas
pelayanan rumah sakit, yang akan dinilai oleh masyarakat pengguna rumah sakit.
Oleh karenanya IGD di rumah sakit haruslah benar benar dapat mewakili pencitraan
setiap rumah sakit, dimana semua aspek pelayanan yang dilaksanakan di IGD
tersebut merupakan gambaran pelayanan kesehatan secara keseluruhan dari rumah
sakit.
IGD yang merupakan unit kerja
fungsional di rumah sakit menghimpun dan menggambarkan hampir semua bentuk
sumber daya yang ada di rumah sakit, baik bangunan fisik, peralatan dan SDM
kesehatan yang diarahkan untuk memberikan pelayanan pada masyarakat pengguna
dalam keadaan siap pakai 24 jam.
Di era globalisasi dengan jargon
akuntabilitas, transparansi dan partisipasi masyarakat serta supremasi hukum
sekarang ini, maka pelayanan IGD haruslah dapat memenuhi keempat jargon tadi,
kalau tidak maka bukan tidak mungkin rumah sakit akan disibukkan dengan
tuntutan (hukum) masyarakat yang bertubi tubi.
Untuk menjaga agar IGD sebuah rumah
sakit dapat berjalan sesuai dengan harapan masyarakat, maka Kementerian
Kesehatan telah menetapkan persyaratan
sebuah IGD mulai dari input, proses
sampai outcomenya melalui Keputusan MenKes no 856 tahun 2009.
Selain itu Kementerian kesehatan
telah pula menetapkan keharusan rumah sakit dilakukan akreditasi sebagai upaya
menjaga dan menjamin mutu pelayanan rumah sakit termasuk pelayanan IGD nya,
melalui Permenkes No 12 tahun 2012.
Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS)
sebagai badan independen yang ditunjuk Menteri kesehatan untuk melakukan
akreditasi nasional melalui Permenkes No 428 tahun 2012, telah menetapkan
(bersama Dirjen BUK- Kemkes) Standar akreditasi rumah sakit yang mengadaptasi
standar akreditasi JCI. Sudah sewajarnya setiap Pimpinan rumah sakit memahami
standar yang telah ditetapkan ini sebagai acuan dalam mengelola IGD di rumah
sakitnya, oleh karenanya perlu dilakukan pelatihan bagi pimpinan rumah sakit
dan pejabat yang terkait untuk mengenali dan memenuhi standar tersebut.
TUJUAN
Membantu
meningkatkan kemampuan manajemen rumah sakit dan membuka wawasan kepada Komite
Medis, staf medis dan staf manajemen rumah sakit dalam memahami dan menyiapkan
IGD rumah sakit yang sesuai dengan standar Akreditasi RS versi 2012.
MATERI
1.
Pengaturan alokasi ruangan pelayanan dan
fasilitas peralatan di IGD.
2.
Pengelolaan SDM IGD (pola ketenagaan,
kualifikasi staf, mapping kompetensi staf,
training need assesment, program
training, program orientasi, jenjang karier perawat)
3.
Standar
Pelayanan IGD, Panduan praktik Klinis Trauma, Triase pasien
4.
Resusitasi
pasien, Code Blue sistem, Tim tanggap darurat.
5.
Hospital Disaster Plan
6.
Perancangan
rekam medis IGD serta format pendukung
pelayanan IGD
7.
Program mutu dan keselamatan pasien di
IGD, indikator mutu IGD
8. Latihan
membuat regulasi pelayanan IGD dan Hospital Disaster Plan
TEMPAT,
TARGET dan JUMLAH PESERTA
Hari /Tanggal :
Rabu – Kamis, 21 – 22
Mei 2014
Pukul :
08.00 – 17.00 WIB
Tempat
Pelaksanaan Pelatihan :
Hotel IBIS Jakarta
Senen
Jl. Kramat Raya
no. 100
Jakarta Pusat
TARGET PESERTA :
-
Direktur - Staf Medis RS
-
Manajer Pelayanan RS - Staf Keperawatan IGD
-
Staff Manajemen (IPRS) - Kepala
IGD.
Guna
menjaga efektifitas program, kami membatasi jumlah peserta maksimal
yaitu 30 orang.
NARASUMBER
Adalah pakar
perumahsakitan / kegawatdaruratan :
1.
dr Djoni Darmadjaja,
SpB,MARS,FINACS,FICS
2.
dr. Henry Boyke Sitompul, SpB,FINACS
METODE dan DURASI
PROGRAM
1.
Ceramah
2.
Diskusi, tanya jawab.
3.
Latihan membuat Regulasi pokok IGD.
4.
Latihan membuat Hospital disaster Plan
Peserta agar membawa laptop
BIAYA PROGRAM
Biaya yang kami kenakan pada tiap RS untuk mengikuti
program ini adalah :
Rp. 4.000.000,- (Empat juta Rupiah) / peserta.
Biaya
dikirim melalui :
CIMB Niaga
No. Rekening : 908-01-00015-00-9
atas nama : PMK PERDHAKI.
DUKUNGAN FASILITAS DARI YPMK PERDHAKI
Setiap
peserta yang mengikuti program ini akan didukung dengan fasilitas:
1.
Soft Copy dan Hard Copy materi ceramah.
2.
Seminar Kit
& Sertifikat.
3.
Makan
siang & 2x
snack.
KONTAK KAMI
Bila
pihak manajemen RS anda hendak melakukan konfirmasi atau membutuhkan
penjelasan
lebih lanjut harap menghubungi kami :
YPMK Perdhaki
Komplek
Perkantoran Mitra Matraman Blok B
– 20
Jl. Matraman Raya
148 Jakarta 13150
Phone : (+62
21) 8590 8034, 8590 8035
Fax : (+62
21) 8591 8166
HP : 0852
874 344 24 (Shinta) 0812 954 3654
(Eny)
0813 1903 7384 (Nita)
Email
: ypmkperdhaki97@gmail.com &
ypmk_perdhaki@yahoo.com
FORMULIR PENDAFTARAN
Dengan ini kami mendaftarkan nama-nama dibawah ini untuk mengikuti
pelatihan
MANAJEMEN IGD (INSTALASI GAWAT
DARURAT) yang akan diselenggarakan pada
tanggal 21 – 22 Mei 2014
Nama :
1.........................................................../
...........................................L/P
2.........................................................../
...........................................L/P
3.........................................................../
...........................................L/P
4.........................................................../
...........................................L/P
Rumah Sakit : ..........................................................................
Alamat : ..........................................................................
Contact Person :
.......................................HP. ............................
Telpon / Fax : ..................................Fax.
.................................
Email : ...........................................................................
...........................................
2014
Hormat kami,
No comments:
Post a Comment