Apr 4, 2014

MANAJEMEN IGD



Pelatihan
MANAJEMEN   IGD
21 – 22  Mei  2014


Dipersiapkan Oleh:
YPMK Perdhaki       
Komp.  Perkantoran Mitra  Matraman  Blok  B – 20
Jl.  Matraman  Raya  148  Jakarta  13150
Phone :   (+62 21) 8590 8034, 8590 8035
Fax      :   (+62 21) 8591 8166
Email   :  ypmkperdhaki97@gmail.com  &  ypmk_perdhaki@yahoo.com
LATAR  BELAKANG
 Sudah tidak disangsikan bahwa Instalasi Gawat Darurat (IGD) di sebuah rumah sakit merupakan pintu gerbang pelayanan sekaligus etalase kualitas pelayanan rumah sakit, yang akan dinilai oleh masyarakat pengguna rumah sakit. Oleh karenanya IGD di rumah sakit haruslah benar benar dapat mewakili pencitraan setiap rumah sakit, dimana semua aspek pelayanan yang dilaksanakan di IGD tersebut merupakan gambaran pelayanan kesehatan secara keseluruhan dari rumah sakit.

IGD yang merupakan unit kerja fungsional di rumah sakit menghimpun dan menggambarkan hampir semua bentuk sumber daya yang ada di rumah sakit, baik bangunan fisik, peralatan dan SDM kesehatan yang diarahkan untuk memberikan pelayanan pada masyarakat pengguna dalam keadaan siap pakai 24 jam.

Di era globalisasi dengan jargon akuntabilitas, transparansi dan partisipasi masyarakat serta supremasi hukum sekarang ini, maka pelayanan IGD haruslah dapat memenuhi keempat jargon tadi, kalau tidak maka bukan tidak mungkin rumah sakit akan disibukkan dengan tuntutan (hukum) masyarakat yang bertubi tubi.

Untuk menjaga agar IGD sebuah rumah sakit dapat berjalan sesuai dengan harapan masyarakat, maka Kementerian Kesehatan telah menetapkan  persyaratan sebuah IGD mulai dari input, proses sampai outcomenya melalui Keputusan MenKes no 856 tahun 2009.

Selain itu Kementerian kesehatan telah pula menetapkan keharusan rumah sakit dilakukan akreditasi sebagai upaya menjaga dan menjamin mutu pelayanan rumah sakit termasuk pelayanan IGD nya, melalui Permenkes No 12 tahun 2012.

Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) sebagai badan independen yang ditunjuk Menteri kesehatan untuk melakukan akreditasi nasional melalui Permenkes No 428 tahun 2012, telah menetapkan (bersama Dirjen BUK- Kemkes) Standar akreditasi rumah sakit yang mengadaptasi standar akreditasi JCI. Sudah sewajarnya setiap Pimpinan rumah sakit memahami standar yang telah ditetapkan ini sebagai acuan dalam mengelola IGD di rumah sakitnya, oleh karenanya perlu dilakukan pelatihan bagi pimpinan rumah sakit dan pejabat yang terkait untuk mengenali dan memenuhi standar tersebut.

TUJUAN
Membantu meningkatkan kemampuan manajemen rumah sakit dan membuka wawasan kepada Komite Medis, staf medis dan staf manajemen rumah sakit dalam memahami dan menyiapkan IGD rumah sakit yang sesuai dengan standar Akreditasi RS versi 2012.

MATERI

1.    Pengaturan alokasi ruangan pelayanan dan fasilitas peralatan di IGD.
2.   Pengelolaan SDM IGD (pola ketenagaan, kualifikasi staf, mapping kompetensi staf, 
     training need assesment, program training, program orientasi, jenjang karier perawat)
3.    Standar Pelayanan IGD, Panduan praktik Klinis Trauma, Triase pasien
4.    Resusitasi pasien, Code Blue sistem, Tim tanggap darurat.
5.    Hospital Disaster Plan
6.    Perancangan rekam medis  IGD serta format pendukung pelayanan IGD
7.    Program mutu dan keselamatan pasien di IGD, indikator mutu IGD
8.    Latihan membuat regulasi pelayanan IGD dan Hospital Disaster Plan


TEMPAT, TARGET dan JUMLAH PESERTA

Hari /Tanggal          :   Rabu – Kamis, 21 – 22  Mei  2014
Pukul                      :   08.00 – 17.00  WIB
    
     Tempat Pelaksanaan Pelatihan :
            Hotel  IBIS  Jakarta Senen
            Jl.  Kramat Raya  no.  100
            Jakarta  Pusat

        TARGET PESERTA  : 

-          Direktur                                                 -   Staf Medis RS
-          Manajer Pelayanan RS                           -   Staf Keperawatan IGD
-          Staff     Manajemen (IPRS)                     -   Kepala IGD. 

Guna menjaga efektifitas program, kami membatasi jumlah peserta maksimal  
yaitu  30  orang.

NARASUMBER
Adalah  pakar perumahsakitan / kegawatdaruratan  :
1.    dr Djoni Darmadjaja, SpB,MARS,FINACS,FICS
2.    dr. Henry Boyke Sitompul, SpB,FINACS

METODE dan DURASI  PROGRAM
1.    Ceramah
2.    Diskusi, tanya jawab.
3.    Latihan membuat Regulasi pokok IGD.
4.    Latihan membuat Hospital disaster Plan
 Peserta agar membawa laptop

BIAYA  PROGRAM
Biaya yang kami kenakan pada tiap RS untuk mengikuti program ini adalah  :
Rp. 4.000.000,- (Empat  juta Rupiah) / peserta.

Biaya dikirim melalui :
CIMB Niaga   No. Rekening : 908-01-00015-00-9 
atas nama  :  PMK PERDHAKI.

DUKUNGAN FASILITAS DARI YPMK PERDHAKI
Setiap peserta yang mengikuti program ini akan didukung dengan fasilitas:
1.       Soft Copy dan Hard Copy materi ceramah.
2.       Seminar  Kit  &  Sertifikat.
3.       Makan siang  &  2x  snack.
KONTAK  KAMI
Bila pihak manajemen RS anda hendak melakukan konfirmasi atau membutuhkan
penjelasan lebih lanjut harap menghubungi kami  :

YPMK  Perdhaki
Komplek  Perkantoran Mitra  Matraman  Blok  B – 20
Jl.  Matraman  Raya  148  Jakarta  13150
Phone :    (+62 21) 8590 8034, 8590 8035
Fax      :   (+62 21)  8591 8166
HP       :   0852 874 344 24 (Shinta)  0812 954 3654 (Eny)  
                0813  1903 7384 (Nita)
Email  :   ypmkperdhaki97@gmail.com  &  ypmk_perdhaki@yahoo.com


FORMULIR  PENDAFTARAN
Dengan ini kami mendaftarkan nama-nama dibawah ini untuk mengikuti pelatihan
MANAJEMEN  IGD (INSTALASI GAWAT DARURAT) yang akan diselenggarakan pada  
tanggal   21 – 22  Mei   2014

Nama           :  
1.........................................................../ ...........................................L/P
2.........................................................../ ...........................................L/P
3.........................................................../ ...........................................L/P
4.........................................................../ ...........................................L/P

Rumah Sakit            :   ..........................................................................
Alamat                     :   ..........................................................................
Contact Person        :   .......................................HP. ............................
Telpon / Fax             :   ..................................Fax. .................................
Email                      :   ...........................................................................

                                            ........................................... 2014                                  
Hormat   kami,



                             ( ...........................................................) 

No comments:

Post a Comment