Oct 7, 2010

Audit Keperawatan
3 - 6 November 2010

Rumah Sakit sebagai institusi pelayanan kesehatan bertujuan dalam meningkatkan mutu dan mempertahankan standar pelayanan rumah sakit,yang diberikan kepada masyarakat, memiliki peran penting dalam meningkatkan derajat kesehatan. Oleh karena itu rumah sakit dituntut wajib memberikan pelayanan yang aman dan bermutu sesuai dengan standar yang sudah ditentukan.

Pelayanan keperawatan merupakan bagian integral dalam pelayanan kesehatan, maka mutu pelayanan keperawatan sangat mempengaruhi kualitas pelayanan kesehatan secara keseluruhan. Sehingga tidak bisa dipungkiri lagi bahwa mutu tersebut mempengaruhi citra pelayanan kesehatan. Dalam mempertahankan dan meningkatkan mutu pelayanan keperawatan, telah disusun Standar Asuhan Keperawatan dan telah diterapkan pada institusi pelayanan kesehatan di rumah sakit. Penerapan Standar Asuhan Keperawatan ini juga menjadi salah satu tolok ukur pelayanan keperawatan dalam Akreditasi rumah sakit.

Tenaga keperawatan merupakan tenaga yang terus menerus selama 24 jam perhari berhubungan langsung dengan individu, kelompok, masyarakat serta hubungan kerja multi disiplin di sarana kesehatan utamanya di rumah sakit. Perawat juga bertanggung jawab sesuai kewenangan untuk mengidentifikasi dan menyelesaikan semua masalah keperawatan baik potensial maupun aktual, mengelola dan memantau serta mendokumentasikan semua tindakan keperawatan serta respon terhadap tindakan yang dilakukan. Namun peran dan tanggung jawab tersebut belum optimal serta belum sesuai dengan penerapan standar asuhan keperawatan yang ditentukan.

Untuk mengetahui tingkat keberhasilan penerapan standar asuhan keperawatan di rumah sakit perlu penilaian secara objektif melalui audit keperawatan yang dilakukan secara berkala, dimana hasilnya dapat digunakan sebagai bahan kajian untuk penyempurnaan seluruh sistem pelayanan keperawatan di rumah sakit.

Agar dapat melakukan audit keperawatan dengan optimal, maka tenaga keperawatan perlu meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan melalui “Pelatihan Audit Keperawatan”.



T U J U A N

Tujuan Umum :

Meningkatkan mutu pelayanan keperawatan di rumah sakit.

Tujuan Khusus :

  • Diperolehnya data dasar tentang penerapan Standar asuhan keperawatan di rumah sakit
  • Peserta mampu melaksanakan audit keperawatan di rumah sakit secara mandiri
  • Peserta mampu melaksanakan perbaikan dalam bidang pelayanan keperawatan di rumah sakit


M A T E R I
Program pelatihan ini diberikan selama 32 jam pelajaran (satu jam pelajaran 45 menit ). Program pelatihan ini terdiri dari bobot materi sebagai berikut :
Teori : 60 %
Praktek : 40 %

Materi terdiri dari :

  • Proses keperawatan sebagai metodologi pemberian asuhan keperawatan
  • Dokumentasi Asuhan keperawatan
  • Standar Pelayanan Rumah Sakit ( SPRS )
  • Standar Asuhan Keperawatan ( SAK )
  • Audit Keperawatan
  • POA ( Plan Of Action )
  • Patient Safety
  • Pedoman manajerial pencegahan dan pengendalian infeksi di rumah sakit


Agenda Pelatihan

RABU, 3 November 2010
07.00-07.30 Registrasi Peserta
07.30-08.00 Pembukaan
08.00-08.30 Pre Test
08.30-10.00 Proses Keperawatan sebagai Metodologi Pemberian ASKEP
10.00-10.15 Rehat Kopi I
10.15-12.00 Pedoman manajerial PPI
12.00-13.00 ISHOMA
13.00-14.30 Patient Safety dalam pelayanan Keperawatan
14.30-14.45 Rehat Kopi II
14.45-16.00 SPRS dan SAK
16.00-17.30 Pencatatan dan Pelaporan Keperawatan

KAMIS,
4 November 2010
08.00-09.30 Program Evaluasi Penerapan SAK (Konsep)
09.30-10.15 Audit Keperawatan
10.15-10.30
Rehat Kopi I
10.30-12.00 Audit Keperawatan
12.00-13.00
ISHOMA
13.00-13.45 Audit Keperawatan (lanjutan)
13.45-15.15 Pengolahan Data Audit Keperawatan
15.15-15.30
Rehat Kopi II
15.30-17.00 Instrumen Evaluasi Penerapan SAK di Rumah Sakit
17.00-17.30 Panduan Diskusi Kelompok dan pembagian kelompok
Audit Keperawatan

JUMAT,
5 November 2010
08.00-10.15 Simulasi Audit Keperawatan di kelas:
a. Evaluasi Studi Dokumentasi
b. Observasi Tindakan Keperawatan
c. Persepsi pasien/keluarga terhadap mutu asuhan keperawatan
10.15-10.30
Rehat Kopi I
10.30-12.00 Simulasi Audit Keperawatan di kelas (lanjutan)
12.00-13.00 ISHOMA
13.00-16.15 Pengolahan dan Analisa Data Hasil Simulasi
16.15-16.30 Rehat Kopi II
16.30-17.30 Pleno Hasil Simulasi Audit Keperawatan

SABTU, 6 November 2010
08.00-08.30 Post Test Tertulis
08.30-09.15 POA dan Panduan Disko Penyusunan POA
09.15-10.00 Praktek Penyusunan POA dan RTL
10.00-10.30 Rehat Kopi I
10.30-12.00 Praktek Penyusunan POA dan RTL
12.00-13.00 ISHOMA
13.00-15.15 Praktek Penyusunan POA dan RTL (lanjutan)
15.15-16.15 Pleno Hasil Penyusunan POA
16.15-Selesai Penutupan



M E T O D E
  • Ceramah dan Tanya Jawab
  • Simulasi di kelas
  • Diskusi kelompok
  • Pleno


NARA SUMBER

Tim Pengembangan Keperawatan:
1. Saida Simanjuntak, SKp, MARS
2. Ida Suaedah, SKp
3. Ruti Nubi, SKM




P E S E R T A
Peserta pelatihan Audit Keperawatan dengan kriteria sebagai berikut:
  • Kepala Bidang keperawatan
  • Kepala Seksi keperawatan
  • Supervisor / Pengawas perawatan / Kepala Ruangan
  • Tim Pengendali Mutu Keperawatan
Perlengkapan:
Sebaiknya membawa laptop untuk pengembangan software dan kelancaran dalam proses simulasi.




W A K T U
Rabu - Sabtu, 22 - 25 September 2010 (4 hari)


T E M P A T
Hotel Blue Sky Pandurata
Jl. Raden Saleh No. 12 Jakarta Pusat


B I A Y A
Rp 4.500.000,- / peserta selama 4 hari (tidak termasuk biaya penginapan)
Bagi instansi yang mengirimkan lebih dari 1 orang akan mendapatkan potongan Rp. 100.000,-/orang.


INFORMASI DAN PENDAFTARAN

YPMK Perdhaki u.p. Ritta / Nuning / Meita / Tina
Jl. Kramat Lontar H 11 A, Jakarta Pusat
Tel. (021) 392 6712 - 392 0250 - 391 4843
Fax. (021) 392 0250 - 392 6712
e-mail : ypmk_perdhaki@yahoo.com

Pendaftaran setiap hari kerja : Senin - Jumat, Jam 08.30 - 15.00 wib
Pendaftaran VIA SMS :
0852 8743 4424 (Nuning / Rita)


BIAYA DIKIRIM MELALUI:

BANK CIMB NIAGA Jl. Cikini Raya 71 A, Jakarta
no. rek. : 908-01-00015-00-9 a.n. PMK Perdhaki



ALTERNATIF PENGINAPAN
1. Wisma Perdhaki, JL. Kramat VI No. 7 - Jakarta Pusat
Telp. 021 - 3140455 / 3909245

2. Wisma Jengger,
JL. Kramat VI No. 28 - Jakarta Pusat
Telp. 021 - 3909955

3. Wisma Dewo,
JL. Kramat VI No. 12 - Jakarta Pusat
Telp. 021 - 3909510

4. Hotel Acacia,
Jl. Kramat Raya 73 - 81, Jakarta Pusat, Telp. 021 - 3903030
5. Hotel Bintang Griyawisata,
Jl. Raden Saleh no. 16, Jakarta Pusat, Telp. 021 - 3922566 - 74

Peserta yang ingin menginap di Hotel Blue Sky Pandurata, dapat menghubungi telp. 021 - 3905205.
Biaya penginapan 1 kamar / permalam Rp. 400.000,- (Superior)

No comments:

Post a Comment