Manajemen Keperawatan
di Rumah Sakit
7 - 10 MARET 2011

Rumah Sakit adalah institusi pelayanan kesehatan bagi masyarakat dengan karateristik tersendiri yang dipengaruhi oleh perkembangan ilmu pengetahuan kesehatan, kemajuan teknologi, dan kehidupan sosial ekonomi masyarakat yang harus tetap mampu meningkatkan pelayanan yang lebih bermutu dan terjangkau oleh masyarakat agar terwujud derajat kesehatan yang setinggi-tingginya (UU Rumah Sakit no.44,2009)
Pelayanan keperawatan merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan memegang peranan penting dalam menentukan mutu pelayanan kesehatan rumah sakit, tulang punggung dalam mencapai tujuan pelayanan kesehatan, karena pelayanan keperawatan diberikan secara berkesinambungan selama 24 jam dan berada paling lama dengan pasien. Untuk dapat memberikan pelayanan yang komprehensif, efisien dan efektif serta bermutu diperlukan ketrampilan dalam mengelola pelayanan keperawatan.
Seiring dengan perkembangan ilmu dan teknologi, tuntutan masyarakat terhadap mutu pelayanan keperawatan juga semakin meningkat. Diperkuat dengan adanya UU Rumah sakit no.44 th 2009, Keputusan Menteri Kesehatan no. 129/MenKes/SK/2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit, Dengan adanya tuntutan ini maka seluruh masyarakat keperawatan harus selalu memperbaikidiri diri dalam meningkatkan mutu baik manajemen pelayanan keperawatan maupun manajemen asuhan keperawatan. Dalam hal ini rumah sakit turut bertanggung jawab untuk meningkatkan terus menerus kemampuan sumber daya manusia tenaga kesehatan termasuk didalamnya perawat, sesuai dengan pasal 5 ayat c UU Rumah Sakit (2009) yaitu salah satu fungsi rumah sakit adalah penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan sumber daya manusia dalam rangka peningkatan kemampuan dalam pemberian pelayanan kesehatan.
Berdasarkan uraian diatas diperlukan diselenggarakan “Pelatihan Manajemen Keperawatan” bagi manajer keperawatan di rumah sakit. Pelatihan ini adalah salah satu upaya dalam meningkatkan kemampuan manajer keperawatan. Peserta akan mendapat bekal tentang teori-teori manajemen dan kepemimpinan, kemampuan problem solving dan di akhir pelatihan peserta akan melaksanakan praktik pengelolaan pelayanan keperawatan
T U J U A N
Meningkatnya pengetahuan dan pemahaman perawat manajer di rumah sakit dalam melakukan peran dan fungsinya sebagai pengelola pelayanan keperawatan secara berkualitas, efektif dan efisien
M A T E R I
- Kebijakan Kementerian Kesehatan tentang pelayanan dan asuhan keperawatan di Indonesia.
- Paradigma baru dalam pelayanan keperawatan.
- Peran kepemimpinan dan manajemen keperawatan dalam pelayanan dan asuhan keperawatan .
- Kompetensi pemimpin dan kepemimpinan yang efektif.
- Visi, misi rumah sakit dan falsafah, tujuan keperawatan.
- Rencana strategis dan program kerja bidang keperawatan.
- Pengorganisasian bidang keperawatan.
- Praktik keperawatan profesional.
- Kompetensi dan jenjang karir perawat.
- Manajemen keperawatan (manajemen operasional dan manajemen asuhan keperawatan).
- Pengelolaan staf keperawatan.
- Metoda pemberian asuhan keperawatan.
- Ketrampilan spesifik dalam pemberian asuhan keperawatan (kolaborasi, bimbingan, advokasi, komunikasi, delegasi).
- Sistem Informasi Keperawatan.
- Sistem pembiayaan rumah sakit/bidang keperawatan.
- Standar perhitungan kebutuhan tenaga keperawatan.
- Indikator mutu rumah sakit dan mutu pelayanan keperawatan.
- Pasien safety dalam keperawatan.
- Program Pengendalian Infeksi Rumah Sakit (PPIRS).
- Penilaian kinerja.
- Pengendalian dan evaluasi pelayanan keperawatan.
- Kunjungan Rumah Sakit.
M E T O D E
- Teori (60%)
- Studi kasus dan Kunjungan Lapangan (40%)
- Direktorat Keperawatan Kementerian Kesehatan RI
- PPNI Pusat
- Pengajar S2 Program Magister Keperawatan
- Praktisi yang berpengalaman di Bidang Keperawatan
P E S E R T A
- Direktur Keperawatan
- Kepala Bidang Keperawatan
- Manajer Keperawatan (Kepala Seksi, Kepala Ruangan, Ketua Tim, Supervisor, Pembimbing Klinik)
* Peserta membawa seragam rumah sakit, yang akan dipakai saat kunjungan lapangan
* Jumlah peserta maksimal 30 orang
W A K T U
Senin - Kamis, 7 - 10 Maret 2011
T E M P A T
Hotel Blue Sky Pandurata
Jl. Raden Saleh No. 12 Jakarta Pusat
B I A Y A
Rp 4.500.000,- / peserta (tidak termasuk biaya penginapan)
INFORMASI DAN PENDAFTARAN
YPMK Perdhaki u.p. Ritta / Nuning
Jl. Kramat Lontar H 11 A, Jakarta Pusat
Tel. (021) 392 6712 - 392 0250 - 391 4843
Fax. (021) 392 0250 - 392 6712
e-mail : ypmk_perdhaki@yahoo.com
Pendaftaran setiap hari kerja : Senin - Jumat, Jam 08.30 - 15.00 wib
Pendaftaran VIA SMS : 0852 8743 4424 (Nuning / Rita)
BIAYA DIKIRIM MELALUI:
BANK CIMB NIAGA Jl. Cikini Raya 71 A, Jakarta
no. rek. : 908-01-00015-00-9 a.n. PMK Perdhaki
ALTERNATIF PENGINAPAN
1. Wisma Perdhaki, JL. Kramat VI No. 7 - Jakarta Pusat
Telp. 021 - 3140455 / 3909245
2. Wisma Jengger, JL. Kramat VI No. 28 - Jakarta Pusat
Telp. 021 - 3909955
3. Wisma Dewo, JL. Kramat VI No. 12 - Jakarta Pusat
Telp. 021 - 3909510
4. Hotel Acacia, Jl. Kramat Raya 73 - 81, Jakarta Pusat,
Telp. 021 - 3903030
5. Hotel Bintang Griyawisata, Jl. Raden Saleh no. 16, Jakarta Pusat,
Telp. 021 - 3922566 - 74
-----------------------------------------------------------------------------------------------
FORMULIR PENDAFTARAN
Dengan ini kami mendaftarkan nama-nama di bawah ini untuk mengikuti
Pelatihan Manajemen Keperawatan di Rumah Sakit :
NAMA / JABATAN :
1. ______________________ / __________________________ L / P
2. ______________________ / __________________________ L / P
3. ______________________ / __________________________ L / P
Contact person / Jabatan :
______________________ / __________________________
Instansi :
Alamat :
Telepon :
Fax :
email :
No comments:
Post a Comment