Apr 21, 2011

Manajemen Klaim dan Fraud Asuransi Kesehatan
di Rumah Sakit
(Jamkesmas, Jamkesda, Asuransi Swasta)

Jakarta, 12 - 13 Mei 2011


PENDAHULUAN

Pada situasi ekonomi yang sangat kompetitif; tuntutan manajemen jasa Jaminan Layanan Kesehatan yang bermutu semakin menjadi tuntutan peserta dan perusahaan. Meningkatnya tuntutan akan akurasi dalam penagihan klaim medis guna menghindari adanya terjadinya konflik antara rumah sakit dengan Jamkesmas.
Perkembangan jasa Jaminan layanan Kesehatan perlu didukung oleh SDM profesional untuk dapat menjawab tantangan bisnis dan tuntutan mitra kerja yang semakin kompleks di masa depan. Meningkatnya jumlah penggunaan (utilisasi) pelayanan kesehatan dari peserta Jamkesmas menimbulkan beban kerja dan tingkat kesulitan kerja yang semakin tinggi pada pihak rumah sakit.
Peserta Jamkesmas pada tahun 2010 mencapai 76,4 juta penduduk miskin diseluruh Indonesia dan peserta Jamkesmas adalah konsumen terbesar puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah dan Pusat maupun swasta. Dengan jumlah kepersertaan yg sangat besar akan menimbulkan beban kerja dan kompleksitas administrasi klaim pada rumah sakit sebagai Pelaksana Pelayanan Kesehatan Jamkesmas.
Disamping itu, SDM rumah sakit belum cukup terpapar dengan seluk beluk administrasi klaim Jamkesmas. Hal ini sering menimbulkan konflik antara manajemen rumah sakit dengan pengelola Asuransi, sehingga perlu keterlibatan semua pihak untuk meningkatkan pengetahuan tentang manajemen klaim dan fraud Asuransi.
Dalam rangka pengembangan SDM manejemen klaim rumah sakit, YPMK Perdhaki dan Pride Yaslis Institute menyelenggarakan Training Manajemen Klaim & Fraud Asuransi.



TUJUAN
  • Meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan personel rumah sakit untuk mengelola dengan baik klaim asuransi khususnya Jamkesmas.
  • Mampu melakukan penagihan klaim medis Asuransi sesuai dengan ketentuan yang ada
  • Mencegah terjadinya konflik antara rumah sakit dengan pengelola Asuransi


NARA SUMBER

Para pelatih adalah para akademisi dan praktisi bidang asuransi kesehatan:
1. Dr. Drg. Yaslis Ilyas, MPH. HIA. MHP. AAK
2. Dr. Sumiarsih Pujilaksani, M Kes. AAK



MATERI

HARI PERTAMA
  • Konsep Kerjasama Asuransi - PPK (RS / Klinik)
a. Proses seleksi (faktor apa saja yang menjadi pertimbangan asuransi untuk kerjasama / tidak dengan PPK.
b. Aneka sistem pembayaran yang bisa disepakati, serta plus-minus nya bagi provider.
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam berkontrak dengan penyelenggara jaminan kesehatan (Asuransi, Bapel, Self Insured Company)
  • Faktor-faktor penyebab yang sering mengakibatkan penundaan pembayaran klaim oleh pihak penanggung biaya pelayanan kesehatan (Asuransi / Bapel atau Perusahaan).
  • Tips yang dapat diusahakan rumah sakit untuk menghindari penundaan / penolakan pembayaran oleh pihak penanggung.
HARI KEDUA
  • Moral hazard dan Fraud Definisi, dampak terhadap biaya kesehatan dan antisipasi terhadap moral hazard.
  • Jenis-jenis kecurangan klaim dan modus operandi yang banyak ditemukan dari hasil verifikasi oleh claim analis perusahaan asuransi (lebih difokuskan pada kecurangan oleh peserta / perusahaan asuransi)
  • Manfaat melakukan verifikasi tagihan klaim oleh rumah sakit sebelum tagihan dikirim.
  • Teknik verifikasi tagihan klaim :
- Tips verifikasi klaim Rawat Jalan
- Tips verifikasi Rawat Inap



PESERTA
  • Direktur Keuangan Rumah Sakit
  • Manager Keuangan Rumah Sakit
  • Staf Keuangan Rumah Sakit
  • Yang bertanggung jawab kerjasama dgn pihak Asuransi



W A K T U
Kamis - Jumat, 12 - 13 Mei 2011



T E M P A T
Hotel Blue Sky Pandurata
Jl. Raden Saleh No. 12 Jakarta Pusat



B I A Y A
Rp 2.750.000,- / peserta (tidak termasuk biaya penginapan)
Bagi instansi yang mengirimkan lebih dari 1 orang akan mendapatkan potongan Rp. 100.000,- / orang.


INFORMASI DAN PENDAFTARAN

YPMK Perdhaki u.p. Ritta / Nuning
Jl. Kramat Lontar H 11 A, Jakarta Pusat
Tel. 021 - 3926712 / 021 - 3920250 / 021 - 3914843
Fax. 021 - 3920250 / 021 - 3926712
e-mail : ypmk_perdhaki@yahoo.com

Pendaftaran setiap hari kerja : Senin - Jumat, Jam 08.30 - 15.00 wib
Pendaftaran VIA SMS :
085287434424
(Nuning / Rita)


BIAYA DIKIRIM MELALUI:

BANK CIMB NIAGA Jl. Cikini Raya 71 A, Jakarta
no. rek. : 908-01-00015-00-9 a.n. PMK Perdhaki



ALTERNATIF PENGINAPAN
1. Wisma Perdhaki, JL. Kramat VI No. 7 - Jakarta Pusat
Telp. 021 - 3140455 / 021 - 3909245

2. Wisma Jengger,
JL. Kramat VI No. 28 - Jakarta Pusat
Telp. 021 - 3909955

3. Wisma Dewo,
JL. Kramat VI No. 12 - Jakarta Pusat
Telp. 021 - 3909510

4. Hotel Acacia,
Jl. Kramat Raya 73 - 81, Jakarta Pusat,
Telp. 021 - 3903030

5. Hotel Bintang Griyawisata,
Jl. Raden Saleh no. 16, Jakarta Pusat,
Telp. 021 - 3922566 /
021 - 3922574
6. Hotel Blue Sky Pandurata, Jl. Raden Saleh No. 12 - Jakarta Pusat Telp. 021 - 3905205

-------------------------------------------------------------------------------

FORMULIR PENDAFTARAN

Dengan ini kami mendaftarkan nama-nama di bawah ini untuk mengikuti
Pelatihan Manajemen Klaim dan Fraud Asuransi Kesehatan di Rumah Sakit :


NAMA / JABATAN :

1. ______________________ / __________________________ L / P

2.
______________________ / __________________________ L / P

3.
______________________ / __________________________ L / P


Contact person / Jabatan :

Instansi :
Alamat :

Telepon :
Fax :
email :

No comments:

Post a Comment