Jun 16, 2011

STRATEGI MARKETING DI RUMAH SAKIT

Hotel Amaris by Santika, 26 - 27 JULI 2011


Pendahuluan

Tidak dapat disangkal lagi bahwa dunia perumahsakitan di Indonesia, khususnya di kota besar penuh dengan persaingan. Persaingan ini bahkan dirasakan juga oleh rumah sakit di kota kabupaten. Saat ini orang perorangan, perusahaan, kelompok dokter, kelompok pengusaha, instansi-instansi berlomba-lomba masuk dalam “bisnis” rumah sakit. Tujuan mereka bermacam-macam : ada yang murni pelayanan, ada yang mendapatkan keuntungan, baik nama maupun financial.

Dalam menghadapi situasi tersebut di atas, para pemilik dan manajemen rumah sakit menempuh berbagai cara. Banyak yang mengawali dengan menyusun Strategic Plan dan Business Plan untuk mengetahui arah masa depan rumah sakit (visi operasional), serta panduan untuk mencapai arah tersebut. Salah satu panduan kegiatan untuk mencapai visi operasional rumah sakit adalah kegiatan marketing rumah sakit.



Tujuan

  • Mampu menyusun marketing research
  • Mampu menyusun marketing stategi
  • Mampu menyusun marketing plan


Materi
1. Ruang lingkup kegiatan marketing rumah sakit.
2. Menyusun Market Research untuk rumah sakit (penelitian market RS).
3. Menyusun Marketing Strategy yang tepat:
- Konsep Strategi Marketing dan kaitannya dengan kepuasan pelanggan.

- Mendefinisikan tujuan kegiatan Marketing RS.
- Menetapkan target market.
- Memahami Positioning RS anda: bagaimana image RS anda diantara “pesaing” yang ada.
- Memahami Unique Selling Proposition : bagaimana cara/strategi agar pelanggan datang ke RS anda dan tidak ke “pesaing” anda.
- Membahas Marketing Mix, berupa 4P dan 7P, dan penerapannya di RS.
- Bagaimana mengalokasikan sumber daya
4. Menyusun Marketing Plan
- Konsep Marketing Plan
- Apa saja yang harus diperhatikan dalam menyusun Marketing Plan
- Menyusun Action Plan



Nara Sumber
Tim Konsultan spesialisasi bidang RS dan pelayanan kesehatan, yang sudah membantu lebih dari 50 RS :
  1. Mr. Stephen Chan, B.Bus, MBA, M.Stat, M.Ap.Fin (Konsultan dari Australia).
  2. Mr. John Kristiaji, ST, MARS
  3. Dr. Albert I Hendarta, MPH


Peserta
  • Direktur RS
  • Manajer Marketing
  • Para Manajer yang menangani kegiatan pengembangan usaha atau marketing RS
  • Staf Marketing
  • Pemilik


Metode
Ceramah | Tanya Jawab | Studi Kasus


WAKTU
Selasa - Rabu , 26 - 27 Juli 2011


TEMPAT
Hotel AMARIS by Santika
Jl. Kramat Raya No.35, Senen, Jakarta Pusat


BIAYA DAN PENDAFTARAN
Rp 2.850.000,- / peserta (tidak termasuk biaya penginapan)
Bagi instansi yang mengirimkan lebih dari 1 orang akan mendapatkan potongan Rp 100.000,-/orang


INFORMASI DAN PENDAFTARAN
YPMK Perdhaki u.p. Ritta / Nuning
Jl. Kramat Lontar H 11 A, Jakarta Pusat
Tel. 021 - 3926712 / 021 - 3920250 / 021 - 3914843
Fax. 021 - 3920250 / 021 - 3926712
e-mail : ypmk_perdhaki@yahoo.com

Pendaftaran setiap hari kerja : Senin - Jumat, Jam 08.30 - 15.00 wib
Pendaftaran VIA SMS :
085287434424
(Nuning / Rita)


BIAYA DIKIRIM MELALUI:

BANK CIMB NIAGA Jl. Cikini Raya 71 A, Jakarta
no. rek. : 908-01-00015-00-9 a.n. PMK Perdhaki



FORMULIR PENDAFTARAN

Dengan ini kami mendaftarkan nama-nama di bawah ini untuk mengikuti
Pelatihan Strategi Marketing di Rumah Sakit
:


NAMA / JABATAN :

1. ______________________ / __________________________ L / P

2.
______________________ / __________________________ L / P

3.
______________________ / __________________________ L / P


Contact person / Jabatan :
Instansi :
Alamat :

Telepon :
Fax :
email :

No comments:

Post a Comment