PELATIHAN
MANAJEMEN KEPERAWATAN
30 Januari - 2 Februari 2012
PENDAHULUAN
Semakin terbukanya pasar di Indonesia termasuk pelayanan jasa rumah sakit, baik untuk rumah sakit di dalam negeri maupun dari luar negeri, memberi implikasi yang cukup luas, diantaranya mengakibatkan pasar rumah sakit semakin tinggi tingkat persaingannya. Rumah sakit dituntut untuk mampu mengembangkan kualitas pelayanan yang memiliki daya saing tinggi untuk memenangkan persaingan. Meningkatkan kualitas pelayanan rumah sakit merupakan salah satu strategi bersaing yang sangat efektif, termasuk kualitas pelayanan keperawatan yang merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan di RS.
Pelayanan keperawatan yang berkualitas dan berdaya saing tinggi hanya dapat diciptakan oleh para manajer keperawatan yang harus mampu menterjemahkan strategi perusahaan menjadi strategi operasional, sehingga perlu mempunyai sikap, kepemimpinan dan memahami prinsip manajemen keperawatan dengan paradigma baru, serta mampu menerapkan asuhan keperawatan profesional dengan standar yang tinggi.
TUJUAN
Umum :
Tercapainya kemampuan manajer keperawatan yang mempunyai daya saing global, dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan yang bermutu tinggi , efektif dan efisien.
Khusus :
- Mampu memahami paradigma baru dalam pelayanan keperawatan
- Mampu memahami prinsip- prinsip dasar keperawatan yang berfokus kepada pelanggan, sebagai bagian integral dari pelayanan kesehatan.
- Mampu memahami perencanaan strategik bidang keperawatan
- Mampu memahami manajemen operasional keperawatan
- Mampu memahami manajemen asuhan pasien
- Mampu memahami bagaimana meningkatkan produktivitas dan efisiensi sumber daya keperawatan.
- Mampu memahami pengembangan SDM berdasarkan kompetensi.
- Mampu memahami sistem pengendalian mutu asuhan keperawatan dan patient safety.
- Mampu memahami prakiraan perkembangan pelayanan keperawatan di Indonesia dan secara global.
- PERSI
- PPNI Pusat
- PRAKTISI KEPERAWATAN
- Fak Ilmu Keperawatan UI
- Assesment awal, building learning commitment; Ruang lingkup pelatihan dan pembukaan
- Leadership Manajer Keperawatan dalam program patient safety di RS
- Kebijakan Direktorat Bina Keperawatan dalam peningkatan kualitas pelayanan keperawatan di RS
- Prakiraan perkembangan pelayanan keperawatan di Indonesia dan secara global
- Standar kompetensi perawat dan kode etik perawat
- Tanggung jawab dan tanggung gugat perawat di RS
- Paradigma baru dalam pelayanan keperawatan di RS
- Pengorganisasian bidang keperawataN
- Perencanaan Strategik Bidang Keperawatan
- Kerjasama Tim
- Komunikasi Interpersonal dalam pelayanan keperawatan
- Motivasi dan kepemimpinan yang efektif
- Mengelola konflik
- Praktik keperawatan profesional
- Sistem pembiayaan RS
- Perencanaan kebutuhan tenaga dan scheduling
- Pengembangan SDM Keperawatan berbasis kompetensi
- Penilaian kinerjadan sistem remunerasiberbasis kompetensi
- Sistem informasi Keperawatan ( nursing informatics )
- Budaya kerja
- Pelayanan prima pada pelayanan keperawatan
- Manajemen asuhan pasien
- Asuhan keperawatan berbasis evidence
- Manajemen operasional keperawatan
- Patient safety pada pelayanan keperawatan
- Peran dan fungsi komite keperawatan
- Kredensial dan penetapan kewenangan klinik Perawat
- Pengendalian infeksi di RS
- Presentasi
- Role Play
- Diskusi kelompok
- Games
- Direktur Keperawatan
- Kepala Bidang Keperawatan
- Calon Kepala Bidang Keperawatan
- Manajer Keperawatan
- Komite Keperawatan
W A K T U
Senin - Kamis, 30 Januari - 2 Februari 2012
T E M P A T
Hotel Bintang Griyawisata
Jl. Raden Saleh No. 16, Jakarta 10430
B I A Y A
Rp 4.850.000,- / peserta
Biaya sudah termasuk penginapan 4 malam ( check in 30 Januari, check out 2 Februari 2012 )
INFORMASI DAN PENDAFTARAN
YPMK Perdhaki u.p. Ritta / Nuning / Windi
Jl. Kramat Lontar H 11 A, Jakarta Pusat
Tel. 021 - 3926712 / 3920250 / 3914843 / 31920414
Fax. 021 - 3914843 / 3926712
e-mail : ypmk_perdhaki@yahoo.com
Pendaftaran setiap hari kerja : Senin - Jumat, Jam 08.30 - 15.00 wib
Pendaftaran VIA SMS :
0852 8743 4424 (Nuning)
0813 1631 8757 (Ani Simbolon)
BIAYA DIKIRIM MELALUI:
BANK CIMB NIAGA Jl. Cikini Raya 71 A, Jakarta
no. rek. : 908-01-00015-00-9 a.n. PMK Perdhaki
BANK CIMB NIAGA Jl. Cikini Raya 71 A, Jakarta
no. rek. : 908-01-00015-00-9 a.n. PMK Perdhaki
-------------------------------------------------------------------------------
FORMULIR PENDAFTARAN
NAMA / JABATAN :
1. ______________________ / __________________________ L / P
2. ______________________ / __________________________ L / P
3. ______________________ / __________________________ L / P
Contact person / Jabatan :
______________________ / __________________________
Instansi :
Alamat :
Telepon :
Fax :
email :

No comments:
Post a Comment