Jan 20, 2012

Audit Keperawatan Maret 2012

PELATIHAN
AUDIT KEPERAWATAN
28 - 31 MARET 2012

AKREDITASI PPNI PUSAT
2 SKP


LATAR BELAKANG



Rumah Sakit sebagai institusi pelayanan kesehatan bertujuan meningkatkan mutu dan mempertahankan standar pelayanan rumah sakit yang diberikan kepada masyarakat, memiliki peran penting dalam meningkatkan derajat kesehatan. Oleh karena itu rumah sakit dituntut wajib memberikan pelayanan yang aman dan bermutu sesuai dengan standar yang sudah ditentukan.

Pelayanan keperawatan merupakan bagian integral dalam pelayanan kesehatan, maka mutu pelayanan keperawatan sangat mempengaruhi kualitas pelayanan kesehatan secara keseluruhan. Sehingga tidak bisa dipungkiri lagi bahwa mutu tersebut mempengaruhi citra pelayanan kesehatan. Dalam mempertahankan dan meningkatkan mutu pelayanan keperawatan, telah disusun Standar Asuhan Keperawatan dan telah diterapkan pada institusi pelayanan kesehatan di rumah sakit. Penerapan Standar Asuhan Keperawatan ini juga memnjadi salah satu tolok ukur pelayanan keperawatan dalam Akreditasi Rumah Sakit.

Tenaga keperawatan merupakan tenaga yang terus menerus selama 24 jam perhari berhubungan langsung dengan individu, kelompok, masyarakat serta hubungan kerja multidisiplin disarana kesehatan selamanya di rumah sakit. Perawat juga bertanggung jawab sesuai kewenangan untuk mengidentifikasi dan menyelesaikan semua masalah keperawatan baik potensial maupun aktual, mengelola dan memantau serta mendokumentasikan semua tindakan keperawatan serta respon terhadap tindakan yang dilakukan. Namun peran dan tanggung jawab tersebut belum optimal serta belum sesuai dengan penerapan standar asuhan perawatan yang ditentukan.

Untuk mengetahui tingkat keberhasilan penerapan standar asuhan keperawatan di rumah sakit perlu penilaian secara objektif melalui audit keperawatan yang dilakukan secara berkala, dimana hasilnya dapat digunakan sebagai bahan kajian untuk penyempurnaan seluruh sistem pelayanan keperawatan di rumah sakit.

Agar dapat melakukan audit keperawatan dengan optimal, maka tenaga keperawatan perlu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan melalui "Pelatihan Audit Keperawatan". Untuk itu YPMK Perdhaki bekerjasama dengan para narasumber yang berkompeten dalam bidang Audit Keperawatan menyelenggarakan Pelatihan ini yang telah terselenggara selama 5 tahun berturut-turut.


TUJUAN

Tujuan Umum
Meningkatkan mutu pelayanan keperawatan di rumah sakit.


Tujuan Khusus: 

  • Diperolehnya data dasar tentang penerapan standar asuhan keperawatan di rumah sakit.
  • Peserta mampu melaksanakan audit keperawatan di rumah sakit secara mandiri.
  • Peserta mampu melaksanakan perbaikan dalam bidang pelayanan keperawatan di rumah sakit.



FASILITATOR

Tim Pengembangan Keperawatan:

  1. Saida Simanjuntak, SKp, MARS
  2. Ida Suaedah, SKp.
  3. Ruti Nubi, SKM



METODE


  • Ceramah dan Tanya Jawab
  • Simulasi kelas
  • Diskusi Kelompok
  • Pleno



PESERTA

Peserta Pelatihan Audit Keperawatan dengan kriteria sebagai berikut:

  • Direktur Keperawatan / Kepala Bidang Keperawatan
  • Kepala Seksi Keperawatan
  • Supervisor / Pengawas Keperawatan / Kepala Ruangan
  • Tim Pengendali Mutu Keperawatan

* Perlengkapan: Sebaiknya membawa laptop untuk pengembangan software dan kelancaran dalam proses simulasi




MATERI

a. Program pelatihan ini diberikan selama 32 jam pelajaran (1 jam pelajaran 45 menit)

  • Program pelatihan ini terdiri dari bobot materi sebagai berikut:

Teori : 60%
Praktek : 40%


b. Materi pelatihan terdiri dari:

  • Proses keperawatan sebagai metodologi pemberian asuhan keperawatan.
  • Dokumentasi Asuhan Keperawatan
  • Standar Pelayanan Rumah Sakit (SPRS)
  • Standar Asuhan Keperawatan (SAK)
  • Audit Keperawatan
  • POA (Plan of Action)
  • Patient Safety
  • Pedoman manajerial pencegahan dan pengendalian infeksi di rumah sakit



WAKTU
Hari / Tanggal : Rabu - Sabtu, 28 - 31 Maret 2012


TEMPAT
Hotel Bintang Griyawisata
JL. Raden Saleh No. 16
Jakarta Pusat


BIAYA DAN PENDAFTARAN

Rp. 4.850.000,- / peserta  
Biaya tersebut termasuk :  penginapan 3 malam (check in tgl  28 Maret 2012, check out 31 Maret 2012), Seminar Kits, Makalah, CD Makalah, Makan Pagi, Makan Siang, Makan Malam  & Snack.


Pendaftaran disertai pembayaran paling lambat tanggal 21 Maret  2012, dengan mengirimkan Formulir Pendaftaran disertai fotocopy bukti transfer ke :
YPMK Perdhaki u.p. Rita / Nuning / Windi
Jl. Kramat Lontar No. H-11 A, Jakarta 10450
Tel.  (021) 392 0250 - 391 4843 - 392 6712 - 319 20414
Fax. (021) 392 6712 - 391 4843
Via SMS : 0852 8743 4424  / 0813 1631 8757 
e-mail : ypmk_perdhaki@yahoo.com
blog : www.ypmkperdhaki.blogspot.com
FB : ypmkperdhaki
Pendaftaran setiap hari kerja : Senin - Jumat, Jam 08.30 - 15.00 wib



BIAYA DIKIRIM MELALUI:
BANK CIMB NIAGA Jl. Cikini Raya 71 A, Jakarta
no. rek. : 908-01-00015-00-9 a.n. PMK Perdhaki

------------------------------------------------------------------------------

FORMULIR PENDAFTARAN

Dengan ini kami mendaftarkan nama-nama di bawah ini untuk mengikuti Pelatihan Audit Keperawatan :

NAMA / JABATAN :

1. ______________________ / __________________________ L / P

2. ______________________ / __________________________ L / P

3. ______________________ / __________________________ L / P


Contact person / Jabatan :
Instansi :
Alamat : 
Telepon :
Fax :
email : 








No comments:

Post a Comment