Jun 22, 2012

Strategi Marketing di Rumah Sakit

PELATIHAN
STRATEGI MARKETING DI RUMAH SAKIT
BANDUNG, 25 - 26 JULI 2012


PENDAHULUAN

Tidak dapat disangkal lagi bahwa dunia perumahsakitan di Indonesia, khususnya di kota besar penuh dengan persaingan. Persaingan ini bahkan dirasakan juga oleh RS-RS di kota kabupaten. Saat ini orang perorangan, perusahaan, kelompok dokter, kelompok pengusaha, instansi-instansi berlomba-lomba masuk dalam “bisnis” rumah sakit. Tujuan mereka bermacam-macam : ada yang murni pelayanan, ada yang mendapatkan keuntungan baik nama maupun financial.

Dalam menghadapi situasi tersebut di atas, para pemilik dan manajemen rumah sakit menempuh berbagai cara. Banyak yang mengawali dengan menyusun Strategic Plan dan Business Plan untuk mengetahui arah masa depan rumah sakit (visi operasional), serta panduan untuk mencapai arah tersebut. Salah satu panduan kegiatan untuk mencapai visi operasional rumah sakit adalah kegiatan marketing rumah sakit.

TUJUAN UMUM
Dalam pelatihan ini anda akan diajak untuk memahami konsep marketing rumah sakit dengan cara komprehensif, ilmiah, rasional dan pendekatan praktis berdasarkan pengalaman narasumber.


TUJUAN KHUSUS
  • Mampu menyusun marketing research.
  • Mampu menyusun marketing stategi.
  • Mampu menyusun marketing plan.

MATERI
1. Ruang lingkup kegiatan marketing rumah sakit.
2. Menyusun Market Research untuk rumah sakit (penelitian market RS).
3. Menyusun Marketing Strategy yang tepat:
    - Konsep Strategi Marketing dan kaitannya dengan kepuasan pelanggan.
    - Mendefinisikan tujuan kegiatan Marketing RS.
    - Menetapkan target market.
    - Memahami Positioning RS anda: bagaimana image RS anda diantara “pesaing” yang ada.
    - Memahami Unique Selling Propositon : bagaimana cara/strategi agar pelanggan datang ke RS anda dan tidak ke “pesaing” anda.
    - Membahas Marketing Mix, berupa 4P dan 7P, dan penerapannya di RS.
    - Bagaimana mengalokasikan sumber daya
4. Menyusun Marketing Plan
    - Konsep Marketing Plan
    - Apa saja yang harus diperhatikan dalam menyusun Marketing Plan
    - Menyusun Action Plan


NARA SUMBER
Tim Konsultan spesialisasi bidang RS dan pelayanan kesehatan, yang sudah membantu lebih dari 50 RS :
1. Mr. Stephen Chan, B.Bus, MBA, M.Stat, M.Ap.Fin (Konsultan dari Australia)
2. Mr. John Kristiaji, ST, MARS
3. Dr. Albert I Hendarta, MPH


PESERTA
  • Direktur RS
  • Manajer Marketing
  • Para Manajer yang menangani kegiatan pengembangan usaha atau marketing RS
  • Staf Marketing
  • Pemilik


METODE
Ceramah | Tanya Jawab | Studi Kasus

WAKTU
Hari / Tanggal    : Rabu - Kamis, 25 - 26 Juli 2012
Pukul                : 08.00 - 17.00 WIB

TEMPAT
Fave Hotel Premier 
Jl. Cihampelas No. 129 - Bandung

BIAYA DAN INFORMASI PENDAFTARAN
Biaya pelatihan Rp. 2.850.000,- / peserta (tidak termasuk biaya penginapan)
Bagi Instansi yang mengirimkan lebih dari 1 peserta mendapatkan discount Rp. 100.000,- / orang

Biaya tersebut sudah termasuk :
- Seminar Kits, Makalah, CD Makalah, Foto Bersama
- 4  x snack,  2  x makan siang (untuk peserta yang tidak berpuasa)
- 4  x snack dan  2 x makan buka puasa ( dalam box, untuk peserta yang berpuasa)


Untuk peserta yang membutuhkan penginapan di Favehotel Premier - Bandung dapat menghubungi Panitia YPMK Perdhaki.
Biaya penginapan per malam : Rp. 450.000,- / twin share.

Pendaftaran disertai fotocopy bukti transfer ke :
YPMK Perdhaki u.p. Windi / Rita / Nuning
Jl. Kramat Sentiong No. 43 , Jakarta 10450
Tel. (021) 3920250 - 3914843 - 3926712
Fax (021) 392 6712 - 3914843
Via SMS : 0852 8743 4424 / 0813 9993 6536
e-mail : ypmk_perdhaki@yahoo.com
blog : www.ypmkperdhaki.blogspot.com
fb : ypmk perdhaki
Pendaftaran setiap hari kerja : Senin - Jumat, Jam 08.30 - 15.00 wib

BIAYA DIKIRIM MELALUI:
BANK CIMB NIAGA Jl. Cikini Raya 71 A, Jakarta
no. rek. : 908-01-00015-00-9 a.n. PMK Perdhaki




FORMULIR PENDAFTARAN


Dengan ini kami mendaftarkan nama-nama di bawah ini untuk mengikuti Pelatihan Strategi Marketing di Rumah Sakit  :


NAMA / JABATAN :


1. ______________________ / __________________________ L / P


2. ______________________ / __________________________ L / P


3. ______________________ / __________________________ L / P




Contact person / Jabatan :
Instansi :
Alamat :
Telepon :
Fax :
email :


No comments:

Post a Comment