PELATIHAN
MANAJEMEN PELAYANAN DAN ASUHAN KEPERAWATAN
Untuk Perawat Manajer I dan II ; Kepala Ruangan dan Ketua Tim
Latar Belakang
Kemampuan manajerial seorang Kepala Bangsal / Ruangan dalam mengelola ruang keperawatan mempunyai daya ungkit yang besar dalam memberikan citra dan mutu pelayanan keperawatan yang berkualitas dan professional. Kepala Bangsal adalah Pengelola Lini Pertama merupakan ujung tombak yang langsung menyentuh pasien dan keluarganya. Dalam mengelola Bangsal / Ruangan Keperawatan, seorang Kepala Bangsal / Ruangan akan bekerja dengan dan melalui seluruh staf keperawatan, Ketua Tim, Perawat Pelaksana dan non keperawatan dalam memberikan asuhan keperawatan yang ada di bangsal yang menjadi kewenangan dan tanggung jawabnya.
Kepala Bangsal / Ruangan harus mampu mengelola Keperawatan mulai merencanakan, mengorganisir, mengarahkan serta kemampuan mengawasi secara melekat pada sumber daya perawat dalam menerapkan semua Standar Asuhan Keperawatan & SOP, maupun mengawasi sumber dana sehingga dapat memberikan pelayanan keperawatan yang efektif dan efisien pada pasien, keluarga dan masyarakat. Salah satu usaha untuk memberikan pelayanan keperawatan yang berkualitas dan profesional, Kepala Bangsal Ruangan harus mampu menata sistem pemberian pelayanan keperawatan melalui pengembangan model praktik keperawatan yang ilmiah yang disebut dengan Model Praktik Keperawatan Profesional (MPKP) yang terdiri dari 4 pilar profesional, yaitu: management approach, professional relationship, compensatory reward dan patient care delivery.
Tujuan
Setelah menyelesaikan pelatihan, peserta mampu:
- Melaksanakan Manajemen dan Kepemimpinan Keperawatan (Management Approach)
- Melaksanakan Manajemen Sumber Daya Perawat (Compensatory Reward)
- Melaksanakan Hubungan Profesional Keperawatan (Professional Relationship)
- Melaksanakan Asuhan Keperawatan (Patient Care Delivery)
- Melaksanakan dokumentasi keperawatan
Nara Sumber
Konsultan Manajemen Keperawatan :
1. Prof. Dr Budi Anna Keliat, SKp. Mapp.Sc
2. Djuariah SKp, M.Kep
Peserta
- Kepala Ruangan /Bangsal/Unit
- Ketua Tim
- Penanggung Jawab Shift
- Perawat Klinik Level II dan III atau Perawat Manajer I dan II
- Peserta 2 orang / instansi (wajib)
Materi
Metode
- 50% : Ceramah | Tanya Jawab | Diskusi
- 50% : Praktek Laboratorium | Praktek lapangan di RS
Waktu
Hari / Tanggal : Rabu - Sabtu, 17 - 20 Oktober 2012
Pukul : 08.00 - 21.00 WIB (60 Sesi)
Tempat Pelatihan
Hotel Bintang Griyawisata
JL. Raden Saleh No. 16
Jakarta Pusat
JL. Raden Saleh No. 16
Jakarta Pusat
Penginapan
Wisma 630
Jl. Kramat 6 No. 30
Jakarta Pusat
BIAYA DAN INFORMASI PENDAFTARAN
Biaya pelatihan Rp. 7.800.000,- / 2 peserta dari Instansi yang sama
Biaya tersebut sudah termasuk :
- Biaya penginapan di wisma 630 (check in tanggal 16 Oktober, check out tanggal 20 Oktober 2012)
- Seminar Kits, Makalah, CD Makalah, Foto Bersama, Makan Siang dan Snack
Pendaftaran disertai pembayaran paling lambat tanggal 11 Oktober 2012, dengan mengirimkan formulir.
Pendaftaran disertai fotocopy bukti transfer ke :
YPMK Perdhaki u.p. Windi / Nuning
Jl. Kramat Sentiong No. 43 , Jakarta 10450
Tel. (021) 3920250 - 3914843 - 3926712
Fax (021) 392 6712 - 3914843
Via SMS : 0852 8743 4424 / 0813 9993 6536
e-mail : ypmk_perdhaki@yahoo.com
blog : www.ypmkperdhaki.blogspot.com
fb : ypmk perdhaki
Pendaftaran setiap hari kerja : Senin - Jumat, Jam 08.30 - 15.00 wib
Jl. Kramat Sentiong No. 43 , Jakarta 10450
Tel. (021) 3920250 - 3914843 - 3926712
Fax (021) 392 6712 - 3914843
Via SMS : 0852 8743 4424 / 0813 9993 6536
e-mail : ypmk_perdhaki@yahoo.com
blog : www.ypmkperdhaki.blogspot.com
fb : ypmk perdhaki
Pendaftaran setiap hari kerja : Senin - Jumat, Jam 08.30 - 15.00 wib
BIAYA DIKIRIM MELALUI:
BANK CIMB NIAGA Jl. Cikini Raya 71 A, Jakarta
no. rek. : 908-01-00015-00-9 a.n. PMK Perdhaki
FORMULIR PENDAFTARAN
NAMA / JABATAN :
1. ______________________ / __________________________ L / P
2. ______________________ / __________________________ L / P
3. ______________________ / __________________________ L / P
Contact person / Jabatan :
Instansi :
Alamat :
Telepon :
Fax :
email :
No comments:
Post a Comment