PELATIHAN
VERIFIKASI KLAIM MEDIS JAMKESMAS
RUMAH SAKIT
Jakarta, 26 - 27 Juni 2013
Pendahuluan
Pada situasi ekonomi yang sangat kompetitif, tuntutan manajemen jasa Jaminan Layanan Kesehatan yang bermutu semakin menjadi tuntutan peserta dan perusahaan. Meningkatnya tuntutan akan akurasi dalam penagihan klaim medis, guna menghindari adanya terjadinya konflik antara rumah sakit dengan Jamkesmas.
Perkembangan jasa Jaminan Layanan Kesehatan perlu didukung oleh SDM profesional untuk dapat menjawab tantangan bisnis dan tuntutan mitra kerja yang semakin kompleks di masa depan. Meningkatnya jumlah penggunaan (utilisasi) pelayanan kesehatan dari peserta Jamkesmas menimbulkan beban kerja dan tingkat kesulitan kerja yang semakin tinggi pada pihak rumah sakit.
Peserta Jamkesmas pada tahun 2010 mencapai 76,4 juta penduduk miskin diseluruh Indonesia dan peserta Jamkesmas adalah konsumen terbesar puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah dan Pusat. Dengan jumlah kepesertaan yang sangat besar, akan menimbulkan beban kerja dan kompleksitas administrasi klaim pada rumah sakit sebagai Pelaksana Pelayanan Kesehatan Jamkesmas.
Sesuai dengan UU No. 40 tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) dan diundangkannya UU No. 44 tahun 2011 tentang pelaksanaan Badan Pelaksana Jaminan Sosial (BPJS), jaminan kesehatan untuk seluruh rakyat Indonesia akan dimulai secara bertahap pada tahun 2014. Diperkirakan demand terhadap pelayanan RS akan semakin tinggi dengan semakin meningkatnya jumlah rakyat yang mempunyai jaminan kesehatan.
Pada awal tahun 2014, diperkirakan jumlah rakyat yang mempunyai jaminan berjumlah lebih dari 140 juta orang. Hal ini akan menimbulkan kompleksitas terhadap pelayanan kesehatan di rumah sakit. Disamping itu, SDM rumah sakit belum cukup terpapar dengan seluk beluk administrasi klaim Jamkesmas. Hal ini sering menimbulkan konflik antara manajemen rumah sakit dengan pengelola Jamkesmas.
Untuk mensukseskan program Jamkesmas, perlu keterlibatan semua pihak dengan meningkatkan pengetahuan tentang manajemen klaim dan fraud Jamkesmas. Dalam rangka pengembangan SDM manajemen klaim rumah sakit, pelatihan ini dikemas dan disesuaikan dengan kebutuhan personel rumah sakit untuk dapat menjawab dan menyelesaikan klaim Jamkesmas di rumah sakit.
Perkembangan jasa Jaminan Layanan Kesehatan perlu didukung oleh SDM profesional untuk dapat menjawab tantangan bisnis dan tuntutan mitra kerja yang semakin kompleks di masa depan. Meningkatnya jumlah penggunaan (utilisasi) pelayanan kesehatan dari peserta Jamkesmas menimbulkan beban kerja dan tingkat kesulitan kerja yang semakin tinggi pada pihak rumah sakit.
Peserta Jamkesmas pada tahun 2010 mencapai 76,4 juta penduduk miskin diseluruh Indonesia dan peserta Jamkesmas adalah konsumen terbesar puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah dan Pusat. Dengan jumlah kepesertaan yang sangat besar, akan menimbulkan beban kerja dan kompleksitas administrasi klaim pada rumah sakit sebagai Pelaksana Pelayanan Kesehatan Jamkesmas.
Sesuai dengan UU No. 40 tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) dan diundangkannya UU No. 44 tahun 2011 tentang pelaksanaan Badan Pelaksana Jaminan Sosial (BPJS), jaminan kesehatan untuk seluruh rakyat Indonesia akan dimulai secara bertahap pada tahun 2014. Diperkirakan demand terhadap pelayanan RS akan semakin tinggi dengan semakin meningkatnya jumlah rakyat yang mempunyai jaminan kesehatan.
Pada awal tahun 2014, diperkirakan jumlah rakyat yang mempunyai jaminan berjumlah lebih dari 140 juta orang. Hal ini akan menimbulkan kompleksitas terhadap pelayanan kesehatan di rumah sakit. Disamping itu, SDM rumah sakit belum cukup terpapar dengan seluk beluk administrasi klaim Jamkesmas. Hal ini sering menimbulkan konflik antara manajemen rumah sakit dengan pengelola Jamkesmas.
Untuk mensukseskan program Jamkesmas, perlu keterlibatan semua pihak dengan meningkatkan pengetahuan tentang manajemen klaim dan fraud Jamkesmas. Dalam rangka pengembangan SDM manajemen klaim rumah sakit, pelatihan ini dikemas dan disesuaikan dengan kebutuhan personel rumah sakit untuk dapat menjawab dan menyelesaikan klaim Jamkesmas di rumah sakit.
Tujuan :
Setelah menyelesaikan pelatihan, peserta mampu:
1. Meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan personel rumah sakit untuk
1. Meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan personel rumah sakit untuk
mengelola dengan baik klaim medis Jamkesmas.
2. Mampu melakukan penagihan klaim medis Jamkesmas sesuai dengan
ketentuan yang ada.
3. Mencegah terjadinya konflik antara rumah sakit dengan pengelola
Jamkesmas
Nara Sumber :
DR. Drg. Yaslis Ilyas, MPH. HIA. MHP. AAK
Peserta :
2. Mampu melakukan penagihan klaim medis Jamkesmas sesuai dengan
ketentuan yang ada.
3. Mencegah terjadinya konflik antara rumah sakit dengan pengelola
Jamkesmas
Nara Sumber :
DR. Drg. Yaslis Ilyas, MPH. HIA. MHP. AAK
Peserta :
- Direktur Keuangan Rumah Sakit
- Manager Keuangan Rumah Sakit
- Staf Keuangan Rumah Sakit
Hari ke - 1 :
*Konsep Kerjasama Asuransi - PPK (RS / Klinik)
a. Proses seleksi (faktor apa saja yang jadi pertimbangan asuransi untuk
kerjasama / tidak dengan PPK).
b. Aneka sitem pembayaran yang b isa disepakati, serta Plus Minusnya bagi provider.
* Faktor - faktor penyebab yang sering mengakibatkan penundaan pembayaran klaim oleh pihak penanggung biaya pelayanan kesehatan (Asuransi / Bapel / Perusahaan).
* Tip yang dapat diusahakan RS untuk menghindari penundaan / penolakan
pembayaran oleh pihak penanggung.
Hari ke - 2 :
* Moral Hazard & Fraud Definisi, dampak terhadap biaya kesehatan
dan antisipasi terhadap Moral Hazard.
* Jenis kecurangan klaim & modus operasi yang banyak ditemukan dari
hasil
verifikasi oleh claim analis perusahaan asuransi (lebih difokuskan pada
kecurangan oleh peserta / perusahaan asuransi).
* Manfaat melakukan Verifikasi tagihan klaim oleh RS sebelum tagihan dikirim.
* Teknik verifikasi tagihan klaim
* Tip verifikasi klaim Rawat Jalan
* Tip verifikasi Rawat Inap
Metode
- Ceramah | Tanya Jawab | Diskusi
Pendaftaran disertai pembayaran paling lambat tanggal 19 Juni 2013 dengan mengirimkan Formulir.
NB : Peserta maximal 25 orang, apabila peserta lebih akan dialihkan ke gelombang berikutnya.
Pendaftaran disertai fotocopy bukti transfer ke :
a. Proses seleksi (faktor apa saja yang jadi pertimbangan asuransi untuk
kerjasama / tidak dengan PPK).
b. Aneka sitem pembayaran yang b isa disepakati, serta Plus Minusnya bagi provider.
* Faktor - faktor penyebab yang sering mengakibatkan penundaan pembayaran klaim oleh pihak penanggung biaya pelayanan kesehatan (Asuransi / Bapel / Perusahaan).
* Tip yang dapat diusahakan RS untuk menghindari penundaan / penolakan
pembayaran oleh pihak penanggung.
Hari ke - 2 :
* Moral Hazard & Fraud Definisi, dampak terhadap biaya kesehatan
dan antisipasi terhadap Moral Hazard.
* Jenis kecurangan klaim & modus operasi yang banyak ditemukan dari
hasil
verifikasi oleh claim analis perusahaan asuransi (lebih difokuskan pada
kecurangan oleh peserta / perusahaan asuransi).
* Manfaat melakukan Verifikasi tagihan klaim oleh RS sebelum tagihan dikirim.
* Teknik verifikasi tagihan klaim
* Tip verifikasi klaim Rawat Jalan
* Tip verifikasi Rawat Inap
Metode
- Ceramah | Tanya Jawab | Diskusi
Waktu
Hari / Tanggal : Rabu - Kamis, 26 - 27 Juni 2013
Pukul : 08.00 - 17.00 WIB
Pukul : 08.00 - 17.00 WIB
Tempat
Hotel Blue Sky Pandurata
Jl. Raden Saleh No.16
Jakarta Pusat
Jl. Raden Saleh No.16
Jakarta Pusat
Biaya dan Informasi Pendaftaran
Biaya
pelatihan Rp. 3.250.000,- / tidak termasuk penginapan.
Peserta mendapatkan : Seminar kits, CD Makalah, 4 x snack dan 2 x makan siang.
Peserta mendapatkan : Seminar kits, CD Makalah, 4 x snack dan 2 x makan siang.
Pendaftaran disertai pembayaran paling lambat tanggal 19 Juni 2013 dengan mengirimkan Formulir.
NB : Peserta maximal 25 orang, apabila peserta lebih akan dialihkan ke gelombang berikutnya.
Pendaftaran disertai fotocopy bukti transfer ke :
YPMK Perdhaki u.p. Shinta / Windi
Jl. Kramat Sentiong No. 43 , Jakarta 10450
Tel. (021) 3920250 - 3914843 - 3926712
Fax (021) 392 6712 - 3914843
Via SMS : 0852 8743 4424 / 0813 1903 7384
e-mail : ypmk_perdhaki@yahoo.com
blog : www.ypmkperdhaki.blogspot.com
fb : ypmk perdhaki
Pendaftaran setiap hari kerja : Senin - Jumat, Jam 08.30 - 15.00 wib
Jl. Kramat Sentiong No. 43 , Jakarta 10450
Tel. (021) 3920250 - 3914843 - 3926712
Fax (021) 392 6712 - 3914843
Via SMS : 0852 8743 4424 / 0813 1903 7384
e-mail : ypmk_perdhaki@yahoo.com
blog : www.ypmkperdhaki.blogspot.com
fb : ypmk perdhaki
Pendaftaran setiap hari kerja : Senin - Jumat, Jam 08.30 - 15.00 wib
BIAYA DIKIRIM MELALUI:
BANK CIMB NIAGA Jl. Cikini Raya 71 A, Jakarta
no. rek. : 908-01-00015-00-9 a.n. PMK Perdhaki
Alternatif Penginapan
Bagi
peserta yang akan menginap, dapat menghubungi secara langsung
penginapan yang terdekat dengan tempat Pelatihan antara lain :
1. Wisma Perdhaki - Jl. Kramat VI No. 7 - Jakarta Pusat, Telp. 021 - 3909245 /3140455
2. Wisma Jengger - JL. Kramat VI, No. 28 - Jakarta Pusat Telp. 021 - 3909955
3. Wisma Dewo - Jl. Kramat VI No. 12 - Jakarta Pusat, Telp. 021 - 3909510
4. Hotel Acacia - Jl. Kramat Raya 73 - 81, Jakarta Pusat, Telp. 021 - 3903030
5. Hotel Bintang Griyawisata - Jl. Raden Saleh no. 16, Jakarta Pusat, Telp. 021 - 3922566 - 74
6. Hotel Blue Sky Pandurata - Jl. Raden Saleh no. 12, Jakarta Pusat, Telp. 021 - 3905205
7. Hotel Amaris Senen - Jl. Kramat Raya No. 35, Senen - Jakarta Pusat, Telp. 021 - 2302966
Dengan ini kami mendaftarkan nama-nama di bawah ini untuk mengikuti Pelatihan Verifikasi Klaim Medis JAMKESMAS Rumah Sakit :
NAMA / JABATAN :
1. ______________________ / __________________________ L / P
2. ______________________ / __________________________ L / P
3. ______________________ / __________________________ L / P
Contact person / Jabatan :
Instansi :
Alamat :
Telepon :
Fax :
email :
1. Wisma Perdhaki - Jl. Kramat VI No. 7 - Jakarta Pusat, Telp. 021 - 3909245 /3140455
2. Wisma Jengger - JL. Kramat VI, No. 28 - Jakarta Pusat Telp. 021 - 3909955
3. Wisma Dewo - Jl. Kramat VI No. 12 - Jakarta Pusat, Telp. 021 - 3909510
4. Hotel Acacia - Jl. Kramat Raya 73 - 81, Jakarta Pusat, Telp. 021 - 3903030
5. Hotel Bintang Griyawisata - Jl. Raden Saleh no. 16, Jakarta Pusat, Telp. 021 - 3922566 - 74
6. Hotel Blue Sky Pandurata - Jl. Raden Saleh no. 12, Jakarta Pusat, Telp. 021 - 3905205
7. Hotel Amaris Senen - Jl. Kramat Raya No. 35, Senen - Jakarta Pusat, Telp. 021 - 2302966
FORMULIR PENDAFTARAN
Dengan ini kami mendaftarkan nama-nama di bawah ini untuk mengikuti Pelatihan Verifikasi Klaim Medis JAMKESMAS Rumah Sakit :
NAMA / JABATAN :
1. ______________________ / __________________________ L / P
2. ______________________ / __________________________ L / P
3. ______________________ / __________________________ L / P
Contact person / Jabatan :
Instansi :
Alamat :
Telepon :
Fax :
email :
No comments:
Post a Comment