Feb 1, 2014

2014

TRAINING of TRAINER
( T.O.T )




LATAR  BELAKANG
Pengetahuan (Knowledge) merujuk kepada mempelajari fakta-fakta, prinsip-prinsip, konsep-konsep, peraturan dan teori yang perlu untuk menyelesaikan persoalan. Ketrampilan (Skills) merujuk kepada memanipulasi objek-objek, alat-alat, peralatan dan mesin. Ketrampilan memiliki aspek pisik dan mental. Perilaku (Attitude) merujuk kepada pengembangan perasaan, nilai-nilai dan emosi.

Dalam situasi Pembelajaran yang kompleks selalu saja ada integrasi antara belajar pengetahuan, ketrampilan dan prilaku. Orang belajar dalam berbagai kondisi dan keadaan. Orang belajar lebih sedikit atau lebih banyak secara terus menerus; di rumah, di jalan, di tempat kerja dan di sekolah. Pembelajaran ini sering terjadi dalam kondisi yang biasa dan tidak terencana (belajar informal), sementara itu di lain waktu Pembelajaran juga terjadi dalam situasi yang terstruktur (belajar formal).

Seorang pelatih yang efektif akan mendorong peserta didik dan menciptakan suatu lingkungan, yang memfasilitasi Pembelajaran. Apakah anda melatih orang per orang atau kelompok kecil langkah pertama adalah membangun rasa saling menghormati dan percaya. Rasa saling percaya antara pelatih dan peserta dapat diciptakan dengan mengetahui bahwa pelatih dan peserta sama-sama memiliki ketrampilan dan pengetahuan tertentu. Bila kemampuan individu dari setiap orang dihargai dan digunakan dengan cara supportive maka seluruh kelompok merasa diuntungkan dan pengalaman belajar dapat diperkaya untuk setiap orang. Pendekatan dua arah (two-way-approach) menghormati kontribusi sehingga setiap orang dalam kelompok pelatihan dapat membuat dan menghargai bahwa setiap orang memiliki sesuatu yang dapat dipelajari orang lain.
Rasa percaya dan aman adalah esensi dalam kelompok pelatihan karena pembalajaran tidak akan terjadi dengan mudah saat individu-individu dalam kelompok terfokus pada hal-hal yang akan mereka katakan dan lakukan akan digosipkan, ditertawakan atau dihakimi. Didalam meningkatkan kinerja organisasi ataupun kinerja individu secara formal perlu dilaksanakan suatu pembelajaran formal dan terstruktur.

Tujuan  Umum   :
Setelah mengikuti pelatihan, peserta mampu mengimplementasikan proses pembelajaran interaktif.

Tujuan Khusus
Setelah mengikuti pelatihan ini peserta mampu  : 
1.        Mampu memfasilitasi pembelajaran orang dewasa.
2.        Menggunakan metode pembelajaran.
3.        Menggunakan media dan alat bantu pembelajaran.
4.        Teknik presentasi/komunikasi interaktif.
5.        Menyusun satuan acara pembelajaran.
6.        Evaluasi pembelajaran.
7.        Memenuhi  kualifikasi sebagai Trainer (Pelatih)

EVALUASI
A.       Evaluasi Hasil Belajar Peserta
        Evaluasi ini dilakukan terhadap peserta melalui :
        Penjajagan awal melalui pre-test  &  Pemahaman peserta terhadap materi yang
    telah diterima (post-test)  Standar minimal evaluasi hasil belajar adalah evaluasi
    terhadap pencapaian tujuan pembelajaran khusus.

B.       Evaluasi terhadap pelatih/fasilitator
                Evaluasi ini dimaksudkan untuk mengetahui seberapa jauh penilaian yang menggambarkan tingkat kepuasan peserta terhadap kemampuan fasilitator dalam menyampaikan pengetahuan dan atau keterampilan kepada peserta dengan baik, dapat dipahami dan diserap oleh peserta, meliputi :
                1.  Pengusaan Materi, dengan indikator ”Pencapaian tujuan pembelajaran”
         2. Pengelolaan proses, dengan indikator :
                    Ketepatan Waktu,  Sistematika penyajian,  Penggunaan Metode dan alat bantu diklat,      Kesempatan tanya jawab,        
                    Kemampuan menyajikan,  Kerjasama antar tim pengajar,  Motivasi peserta
 3.  Kepribadian dengan indikator :
    Empati, gaya, dan sikap kepada peserta  dan     Penampilan
   
C.        Evaluasi terhadap penyelenggara Pelatihan
Evaluasi dilakukan oleh peserta terhadap pelaksanaan pelatihan. Obyek evaluasi adalah pelaksanaan administrasi dan akedemis yang meliputi :
1.        Tujuan pelatihan
2.        Relevansi  program pelatihan dengan tugas
3.        Manfaat setiap materi bagi pelaksanaan tugas peserta di tempat kerja
4.        Manfaat pelatihan bagi peserta/instansi
5.        Hubungan peserta dengan pelaksana pelatihan

FASILITATOR
          Fasilitator yang sudah berpengalaman di Bidang Pelatihan.
                Drg. Ramotan Gultom, MSc  & Tim dari Widyaswara Kemenkes

PESERTA
1.  Pelatih /Clinical Instruktur.
2.  Tenaga medis dan paramedis yang sering melaksanakan fasilitasi pembelajaran.
3.  Dosen /Tenaga pengajar


TEMPAT & WAKTU PELATIHAN
Hari / tanggal             :   Selasa – Jum’at, 04 – 07 Febuari 2014
Pukul                         :   07.30 – 17.00  WIB
Tempat                      :   WISMA SAMADI KLENDER
Jl.  Dermaga No. 6 Jakarta Timur

PENDAFTARAN & PEMBAYARAN
Rp. 5.500.000,- / peserta 
Biaya tersebut termasuk :   Penginapan,Seminar Kits, Makalah, CD Makalah, Makan 3x Snack 2x.

Pendaftaran disertai pembayaran paling lambat tanggal 15 Januari 2014, dengan mengirimkan Formulir Pendaftaran disertai fotocopy bukti transfer ke :
YPMK Perdhaki u.p. Eny / Shinta / Nita
Jl. Kramat Sentiong 43, Jakarta 10450
Tel.  (021) 392 0250 - 391 4843 - 392 6712
Fax. (021) 392 6712 - 391 4843
Via SMS : 0852 8743 4424 (Shinta) / 0812 954 3654 (Eny) / 0813 1903 7384 (Nita)
e-mail : ypmk_perdhaki@yahoo.com
blog : www.ypmkperdhaki.blogspot.com
FB : ypmk perdhaki
Pendaftaran setiap hari kerja : Senin - Jumat, Jam 08.30 - 15.00 wib

Biaya dikirim melalui  :
CIMB Niaga Jl. Cikini Raya 71A Jakarta
No. Rek  908-01-00015-00-9  an.  PMK  Perdhaki


FORMULIR  PENDAFTARAN

Dengan ini kami mendaftarkan nama-nama dibawah ini untuk mengikuti pelatihan  TOT pada tanggal  04 – 07 Febuari  2014  :

Nama                  :   1. .............................................................../ ...................................................L/P
                                2. .............................................................../ ...................................................L/P
                                3. .............................................................../ ...................................................L/P

Rumah Sakit        :   ..............................................................................................................................
Contact Person   :   ................................................................HP. .......................................................
Telp                     :   ...........................................................Fax. ...........................................................
                                                                                                       Hormat  kami,

                                                                                                ( .....................................)       




LINEN LAUNDRY & PERHITUNGAN UNIT COST RS




LATAR  BELAKANG
Terakreditasi oleh Joint Commission International ( JCI ) merupakan harapan tertinggi setiap  RS, setelah Akreditasi RS yang sifatnya skala nasional oleh Komite Akreditasi RS (KARS) dan melalui  jalur International Standardization Organization ( ISO ). Sertifikasi oleh JCI tidak semudah yang dibayangkan karena cukup rumit.  Untuk mencapai tujuan akreditasi nasional maupun internasional,  RS harus memenuhi standar-standar tertentu yang telah ditetapkan baik oleh KARS maupun JCI khusus menyangkut  bidang kesehatan (perumasakitan)..
YPMK PERDHAKI sebagai lembaga yang bergerak dalam bidang peningkatan pengetahuan dalam pengelolaan RS,  akan memfasilitasi pemahaman  pengelolaan linen dan laundry serta penyusunan unit costnya  sehingga diharapkan RS akan mampu menyelenggarakan pengelolaan linen dan laudry yang efisien dan efektif sesuai dengan standar  baik yang ditetapkan KARS maupun oleh  JCI.

Pemahaman linen yang salah, perencanaan yang kurang tepat, sumber daya manusia yang bukan pada tempatnya adalah sebagian dari kendala-kendala pengelolaan linen. Tidak cukup bila hanya pengetahuan linen dan laundry di dapat dari informasi, melihat dari RS lain atau penjual kimia laundry ataupun suplier linen RS, atau pernah mengikuti training ataupun Inhouse training dengan pengelolaan yang lama. Untuk itu perlu dipastikan apakan langkah-langkah yang ditembuh dalam pengelolaan linen dan laundry  sudahlah  sesuai dengan standar KARS/JCI.
Kepmenkes no 382 / Menkes / SK / III / 2007, tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Infeksi di Rumah Sakit dan Fasilitas Kesehatan Lainnya dan Kepmenkes No. 1204 / Menkes / SK / X / 2004 tentang Persyaratan Kesehatan Lingkungan RS adalah peraturan-peraturan  yang menjadi dasar pengelolaan linen dan laundry RS  karena sangat ketat mengatur kesehatan lingkungan dan pengendalian  infeksi nosokomial di lingkungan RS dan fasilitas kesehatan lainnya termasuk perlindungan petugas laundry.

Tahun 2009 - 2011, Pelatihan Managemen Linen dan Laundry RS, lebih banyak membahas Permenkes No. 1204, maka Pelatihan Managemen Linen dan Laundry RS  tahun 2013 ini akan menitik beratkan pada permenkes No. 382, dalam pembahasannya mulai dari Infeksi Nosokomial dan perkembangan mikroorganisme di linen, pengendalian serangga pada penyimpanan linen bersih dan kotor, limbah cair yang dihasilkan perawatan linen / laundry dan proses pemilihan material linen serta perawatannya di RS.

Permenkes No. 382 / Menkes / SK / III / 2007 menjadi pokok bahasan dalam pelatihan 2013 ini,  karena  menunjang  trend di RS untuk mendapatkan sertifikasi JCI yang merupakan kiblat  akreditasi RS tingkat internasional, dimana pengembangan RS dalam melayani kesehatan masyarakat harus lebih baik seperti peningkatan mutu pelayanan, SDM, Sarana Prasarana, Administrasi dan Komunikasi. Laundry salah satu bagian dari sarana penunjang pelayanan kesehatan RS yang membutuhkan pembenahan dimana pembahasan pelatihan ini menitik beratkan pada faktor-faktor di Permenkes No. 382.
Pelatihan ini juga mencakup perencanaan linen meliputi : memilih linen yang tepat, pembuatan linen, menghitung biaya pengelolaan laundry RS dan unit cost pembuatan linen..
.
TUJUAN  :
Setelah pelatihan diharapkan peserta  :
1. Mengetahui material yang cocok untuk linen rumah sakit
2. Mengetahui teknik penanganan linen kotor ( infeksius dan non infeksius )
3. Mengetahui teknik pemaparan infeksius
4. Membuat perencanaan kebutuhan linen, biaya linen dan biaya pengelolaan laundry.
5. Mengetahui limbah cair yang dihasilkan dari perawatan linen
6. Mengetahui pemaparan penyakit oleh serangga

FASILITATOR
Fasilitator yang sudah berpengalaman di Bidang Pelatihan.
        1.  Dr. Agus Sugiharto, MS, Sp.MK                 3. Tonny Iskandar, Amd. A.K
        2.  R. Heru Joko S                                           4. Ahmad Isparyono,

PESERTA
1.     Kepala Bagian/Manajer Linen & Laundry
2.     Staf Linen dan Laundry RS
      3.     Bagian Keuangan / Manajemen RS (penentu anggaran biaya/investasi linen dan laundry)
4.     Pihak Outsource Laundry RS
5.     Staf Pengelolaan Limbah Cair/Staf CSSD

MATERI
1.     Manajemen iNOS pada Linen RS
2.     Manajemen Pest Control pada Linen RS
3.     Manajemen Limbah Cair terkait dengan Laundry RS
4.     Pengelolaan Linen dan Laundry RS menuju JCI
5.     Jenis dan sifat serat tekstil
6.     Serat Tekstil dan teknologi tekstil
7.     Perencanaan kebutuhan linen RS dan tinjauan keuntungan kerugiannya
8.     Pembuatan HPP Linen RS
9.     Perhitungan Biaya Perawatan Linen
10.  Demage  dan Lost Linen
11.  Tinjauan keuntungan dan kerugiannya
                   
METODE
 Ceramah, tanya jawab dan Diskusi

TEMPAT & WAKTU PELATIHAN
Hari / tanggal             :   11 – 13 Februari  2013
Pukul                         :   08.00 – 17.00
Tempat                      :   WISMA  SAMADI  KLENDER               
                                      Jl.  Dermaga  no.  6 – Jakarta Timur


PENDAFTARAN & PEMBAYARAN
Rp. 4.500.000,- / peserta 
Biaya tersebut termasuk :   Penginapan, Seminar Kits, Makalah, CD Makalah, Makan 3x, Snack 2x

Pendaftaran disertai pembayaran paling lambat tanggal 30 Januari 2014, dengan mengirimkan Formulir Pendaftaran disertai fotocopy bukti transfer ke :
YPMK Perdhaki u.p. Eny / Shinta 
Jl. Kramat Sentiong 43, Jakarta 10450
Tel.  (021) 392 0250 - 391 4843 - 392 6712
Fax. (021) 392 6712 - 391 4843
Via SMS : 0852 8743 4424 (Shinta) / 0812 954 3654 (Eny)
e-mail : ypmk_perdhaki@yahoo.com
blog : www.ypmkperdhaki.blogspot.com
FB : ypmk perdhaki
Pendaftaran setiap hari kerja : Senin - Jumat, Jam 08.30 - 15.00 wib

Biaya dikirim melalui  :
CIMB Niaga Jl. Cikini Raya 71A Jakarta
No. Rek  908-01-00015-00-9  an.  PMK  Perdhaki

FORMULIR  PENDAFTARAN

Dengan ini kami mendaftarkan nama-nama dibawah ini untuk mengikuti pelatihan  Linen & Laundry  pada tanggal 11 – 13 Februari 2014  :

Nama                  :   1. .............................................................../ ...................................................L/P
                                2. .............................................................../ ...................................................L/P
                                3. .............................................................../ ...................................................L/P

Rumah Sakit        :   ..............................................................................................................................
Contact Person   :   ................................................................HP. .......................................................
Telp                     :   ...........................................................Fax. ...........................................................
                                                                                                       Hormat  kami,


                                                                                                ( .....................................)      





TRAINING of COURSE
( T.O.C )




LATAR  BELAKANG
Dalam rangka peningkatan kualitas SDM, maka salah satu langkah penting yang sedang dan akan terus dilakukan adalah melalui pendidikan dan pelatihan (Diklat). Diklat adalah merupakan bagian integral dari  sistem pembinaang SDM , oleh karena itu Diklat harus menjadi alat yang efektif untuk peningkatan kinerja dari SDM. Tolok ukur penyelenggaraan diklat yang baik dan berkualitas dapat dilihat dari beberapa aspek, seperti tersedianya kurikulum yang berbasis kompetensi, tenaga pengajar yang capable dan professional, ketersediaan sarana dan prasarana yang dibutuhkan dan sumber daya manusia pelaksana yang professional.a,
Salah satu pendekatan untuk peningkatan kompetensi penyelenggara diklat adalah melalui kegiatan pelatihan bagi penyelenggara diklat atau training officer course (TOC) agar penyelenggara diklat memiliki kualitas professionalisme dalam melaksanakan tugasnya dibidang kediklatan.
I.           TUJUAN PEMBELAJARAN
1.        Tujuan Pembelajaran Umum :
Setelah mengikuti pelatihan, peserta mampu memahami penyelenggaraan diklat sesuai ketentuan yang berlaku.
2.        Tujuan Pembelajaran Khusus :
Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan mampu :
1.        Melaksanakan, mempersiapkan dan menetapkan sarana dan pra sarana diklat.
2.        Melakukan monitoring dan evaluasi serta melaksanakan administrasi penyelenggaraan diklat dengan baik.
3.        Bekerja sama dalam team, memiliki etika kerja melakukan layanan prima serta membuat laporan hasil pelaksanaan diklat secara akuntabel.

FASILITATOR

                Drg. Ramotan Gultom, MSc. – Widyaswara Kemenkes
                Fasilitator yang sudah berpengalaman di Bidang Pelatihan.


OUTPUT PELATIHAN:
1.     Peserta mampu melaksanakan diklat berkualitas
2.     Peserta mampu melaksanakan koordinasi pelaksanaan diklat.
3.     Peserta mampu menyusun anggaran diklat

PESERTA
1.  Manajemen Pendidikan dan Pelatihan RS.
2.  Staf Bidang/Instalasi diklat Rumah Sakit.
3.  Tenaga medis , paramedis serta petugas lainnya yang sering melaksanakan diklat

EVALUASI

A.       Evaluasi Hasil Belajar Peserta
Evaluasi ini dilakukan terhadap peserta melalui :
        Penjajagan awal melalui pre-test  &  pemahaman peserta terhadap materi yang
        telah diterima (post-test). Standar minimal evaluasi hasil belajar adalah evaluasi
        terhadap pencapaian tujuan pembelajaran khusus.

B.       Evaluasi terhadap pelatih/fasilitator
Evaluasi ini dimaksudkan untuk mengetahui seberapa jauh penilaian yang menggambarkan tingkat kepuasan peserta terhadap kemampuan fasilitator dalam menyampaikan pengetahuan dan atau keterampilan kepada peserta dengan baik, dapat dipahami dan diserap oleh peserta, meliputi :

         1.    Penguasaan Materi, dengan indikator ”Pencapaian tujuan pembelajaran
         2.    Pengelolaan proses, dengan indikator :
                Ketepatan Waktu, sistematika penyajian, penggunaan Metode dan alat bantu diklat,             kesempatan tanya jawab, kemampuan menyajikan, kerjasama antar tim pengajar, motivasi peserta.
          3.   Kepribadian dengan indikator :
                Empati, Gaya, dan Sikap kepada peserta dan  Penampilan

C.    Evaluasi terhadap penyelenggara Pelatihan
           
      Evaluasi dilakukan oleh peserta terhadap pelaksanaan pelatihan.
      Obyek evaluasi adalah pelaksanaan administrasi dan akedemis yang meliputi :
1.     Tujuan pelatihan
2.     Relevansi  program pelatihan dengan tugas
3.     Manfaat setiap materi bagi pelaksanaan tugas peserta di tempat kerja
4.     Manfaat pelatihan bagi peserta/instansi
5.     Hubungan peserta dengan pelaksana pelatihan


TEMPAT & WAKTU PELATIHAN

Hari / tanggal             :   25 – 26  Februari  2014
Pukul                         :   08.00 – 17.00
Tempat                      :   WISMA  SAMADI  KLENDER               
                                      Jl.  Dermaga  no.  6 – Jakarta Timur



PENDAFTARAN & PEMBAYARAN
Rp. 3.750.000,- / peserta 
Biaya tersebut termasuk :  Penginapan, Seminar Kits, Makalah, CD Makalah, Makan 3x Snack 2x.

Pendaftaran disertai pembayaran paling lambat tanggal  15 Februari 2014, dengan mengirimkan Formulir Pendaftaran disertai fotocopy bukti transfer ke :
YPMK Perdhaki u.p. Eny / Shinta
Jl. Kramat Sentiong 43, Jakarta 10450
Tel.  (021) 392 0250 - 391 4843 - 392 6712
Fax. (021) 392 6712 - 391 4843
Via SMS : 0852 8743 4424 (Shinta) / 0812 954 3654 (Eny)
e-mail : ypmk_perdhaki@yahoo.com
blog : www.ypmkperdhaki.blogspot.com
FB : ypmk perdhaki
Pendaftaran setiap hari kerja : Senin - Jumat, Jam 08.30 - 15.00 wib

Biaya dikirim melalui  :
CIMB Niaga Jl. Cikini Raya 71A Jakarta
No. Rek  908-01-00015-00-9  an.  PMK  Perdhaki

FORMULIR  PENDAFTARAN

Dengan ini kami mendaftarkan nama-nama dibawah ini untuk mengikuti pelatihan  T.O.C
 pada tanggal  25 – 26  Februari :

Nama                  :   1. .............................................................../ ...................................................L/P
                                2. .............................................................../ ...................................................L/P
                                3. .............................................................../ ...................................................L/P

Rumah Sakit        :   ..............................................................................................................................
Contact Person   :   ................................................................HP. .......................................................
Telp                     :   ...........................................................Fax. ...........................................................
                                                                                                      
                                                                                                Hormat  kami,



                                                                                                ( .....................................)      



No comments:

Post a Comment