TRAINING of TRAINER
( T.O.T )
LATAR BELAKANG
Pengetahuan (Knowledge) merujuk kepada mempelajari
fakta-fakta, prinsip-prinsip, konsep-konsep, peraturan dan teori yang perlu
untuk menyelesaikan persoalan. Ketrampilan (Skills) merujuk kepada memanipulasi
objek-objek, alat-alat, peralatan dan mesin. Ketrampilan memiliki aspek pisik
dan mental. Perilaku (Attitude)
merujuk kepada pengembangan perasaan, nilai-nilai dan emosi.
Dalam situasi Pembelajaran yang kompleks selalu saja ada integrasi
antara belajar pengetahuan, ketrampilan dan prilaku. Orang
belajar dalam berbagai kondisi dan keadaan. Orang belajar lebih sedikit atau
lebih banyak secara terus menerus; di rumah, di jalan, di tempat kerja dan di
sekolah. Pembelajaran ini sering terjadi dalam kondisi yang biasa dan tidak
terencana (belajar informal), sementara itu di lain waktu Pembelajaran juga
terjadi dalam situasi yang terstruktur (belajar formal).
Seorang pelatih yang efektif akan mendorong peserta didik dan
menciptakan suatu lingkungan, yang memfasilitasi Pembelajaran. Apakah anda
melatih orang per orang atau kelompok kecil langkah pertama adalah membangun
rasa saling menghormati dan percaya. Rasa saling percaya antara pelatih dan
peserta dapat diciptakan dengan mengetahui bahwa pelatih dan peserta sama-sama
memiliki ketrampilan dan pengetahuan tertentu. Bila kemampuan individu dari
setiap orang dihargai dan digunakan dengan cara supportive maka seluruh
kelompok merasa diuntungkan dan pengalaman belajar dapat diperkaya untuk setiap
orang. Pendekatan dua arah (two-way-approach) menghormati kontribusi sehingga
setiap orang dalam kelompok pelatihan dapat membuat dan menghargai bahwa setiap
orang memiliki sesuatu yang dapat dipelajari orang lain.
Rasa percaya dan aman adalah esensi dalam kelompok pelatihan karena
pembalajaran tidak akan terjadi dengan mudah saat individu-individu dalam
kelompok terfokus pada hal-hal yang akan mereka katakan dan lakukan akan
digosipkan, ditertawakan atau dihakimi. Didalam meningkatkan kinerja organisasi ataupun kinerja individu secara
formal perlu dilaksanakan suatu pembelajaran formal dan terstruktur.
Tujuan Umum :
Setelah mengikuti pelatihan,
peserta mampu mengimplementasikan proses
pembelajaran interaktif.
Tujuan Khusus
Setelah mengikuti pelatihan ini peserta mampu :
1.
Mampu memfasilitasi
pembelajaran orang dewasa.
2.
Menggunakan metode
pembelajaran.
3.
Menggunakan media dan alat
bantu pembelajaran.
4.
Teknik presentasi/komunikasi
interaktif.
5.
Menyusun satuan acara
pembelajaran.
6.
Evaluasi pembelajaran.
7.
Memenuhi kualifikasi sebagai Trainer (Pelatih)
EVALUASI
A. Evaluasi
Hasil Belajar Peserta
Evaluasi ini dilakukan terhadap peserta
melalui :
Penjajagan
awal melalui pre-test & Pemahaman peserta terhadap materi yang
telah
diterima (post-test) Standar minimal
evaluasi hasil belajar adalah evaluasi
terhadap
pencapaian tujuan pembelajaran khusus.
B. Evaluasi
terhadap pelatih/fasilitator
Evaluasi
ini dimaksudkan untuk mengetahui seberapa jauh penilaian yang menggambarkan
tingkat kepuasan peserta terhadap kemampuan fasilitator dalam menyampaikan
pengetahuan dan atau keterampilan kepada peserta dengan baik, dapat dipahami
dan diserap oleh peserta, meliputi :
1. Pengusaan Materi, dengan indikator ”Pencapaian tujuan pembelajaran”
2. Pengelolaan proses, dengan indikator :
Ketepatan Waktu,
Sistematika penyajian, Penggunaan
Metode dan alat bantu diklat, Kesempatan
tanya jawab,
Kemampuan menyajikan, Kerjasama
antar tim pengajar, Motivasi peserta
3. Kepribadian dengan indikator :
Empati, gaya, dan sikap
kepada peserta dan Penampilan
C. Evaluasi terhadap penyelenggara Pelatihan
Evaluasi dilakukan oleh peserta terhadap pelaksanaan pelatihan. Obyek evaluasi adalah
pelaksanaan administrasi dan akedemis yang meliputi :
1.
Tujuan pelatihan
2.
Relevansi program pelatihan dengan
tugas
3.
Manfaat setiap materi bagi pelaksanaan tugas peserta di tempat kerja
4.
Manfaat pelatihan bagi peserta/instansi
5.
Hubungan peserta dengan pelaksana pelatihan
FASILITATOR
Fasilitator yang sudah berpengalaman di Bidang Pelatihan.
Drg.
Ramotan Gultom, MSc & Tim dari
Widyaswara Kemenkes
PESERTA
1. Pelatih /Clinical Instruktur.
2. Tenaga medis dan paramedis yang sering
melaksanakan fasilitasi pembelajaran.
3.
Dosen /Tenaga pengajar
TEMPAT & WAKTU PELATIHAN
Hari / tanggal :
Selasa – Jum’at, 04 – 07 Febuari 2014
Pukul : 07.30
– 17.00 WIB
Tempat : WISMA SAMADI KLENDER
Jl. Dermaga
No. 6 Jakarta Timur
PENDAFTARAN & PEMBAYARAN
Rp. 5.500.000,- / peserta
Biaya tersebut termasuk : Penginapan,Seminar Kits, Makalah, CD
Makalah, Makan 3x Snack 2x.
Pendaftaran disertai pembayaran paling lambat
tanggal 15 Januari 2014, dengan mengirimkan Formulir Pendaftaran disertai
fotocopy bukti transfer ke :
YPMK Perdhaki u.p. Eny / Shinta /
Nita
Jl. Kramat Sentiong 43, Jakarta 10450
Tel. (021)
392 0250 - 391 4843 - 392 6712
Fax. (021) 392 6712 - 391 4843
Via SMS : 0852 8743 4424 (Shinta) / 0812 954 3654
(Eny) / 0813 1903 7384 (Nita)
e-mail : ypmk_perdhaki@yahoo.com
blog : www.ypmkperdhaki.blogspot.com
FB : ypmk perdhaki
Pendaftaran setiap hari kerja : Senin - Jumat, Jam
08.30 - 15.00 wib
Biaya dikirim melalui :
CIMB Niaga Jl. Cikini Raya 71A Jakarta
No. Rek 908-01-00015-00-9 an.
PMK Perdhaki
FORMULIR
PENDAFTARAN
Dengan ini kami mendaftarkan nama-nama dibawah ini
untuk mengikuti pelatihan TOT pada tanggal 04 – 07 Febuari 2014 :
Nama : 1.
.............................................................../
...................................................L/P
2. .............................................................../
...................................................L/P
3. .............................................................../
...................................................L/P
Rumah Sakit :
..............................................................................................................................
Contact Person : ................................................................HP.
.......................................................
Telp :
...........................................................Fax.
...........................................................
Hormat
kami,
(
.....................................)
LINEN LAUNDRY & PERHITUNGAN UNIT COST RS
LATAR BELAKANG
Terakreditasi oleh Joint Commission International ( JCI ) merupakan harapan
tertinggi setiap RS, setelah Akreditasi RS
yang sifatnya skala nasional oleh Komite Akreditasi RS (KARS) dan melalui jalur International Standardization Organization
( ISO ). Sertifikasi oleh JCI tidak semudah yang dibayangkan karena cukup rumit.
Untuk mencapai tujuan akreditasi
nasional maupun internasional, RS harus
memenuhi standar-standar tertentu yang telah ditetapkan baik oleh KARS maupun
JCI khusus menyangkut bidang kesehatan
(perumasakitan)..
YPMK PERDHAKI sebagai lembaga yang bergerak dalam bidang peningkatan
pengetahuan dalam pengelolaan RS, akan memfasilitasi
pemahaman pengelolaan linen dan laundry
serta penyusunan unit costnya sehingga
diharapkan RS akan mampu menyelenggarakan pengelolaan linen dan laudry yang
efisien dan efektif sesuai dengan standar
baik yang ditetapkan KARS maupun oleh JCI.
Pemahaman linen yang salah, perencanaan yang kurang
tepat, sumber daya manusia yang bukan pada tempatnya adalah sebagian dari
kendala-kendala pengelolaan linen. Tidak cukup bila hanya pengetahuan linen dan
laundry di dapat dari informasi, melihat dari RS lain atau penjual kimia
laundry ataupun suplier linen RS, atau pernah mengikuti training ataupun
Inhouse training dengan pengelolaan yang lama. Untuk itu perlu dipastikan
apakan langkah-langkah yang ditembuh dalam pengelolaan linen dan laundry sudahlah
sesuai dengan standar KARS/JCI.
Kepmenkes no 382 / Menkes / SK / III / 2007, tentang
Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Infeksi di Rumah Sakit dan Fasilitas
Kesehatan Lainnya dan Kepmenkes No. 1204 / Menkes / SK / X / 2004 tentang
Persyaratan Kesehatan Lingkungan RS adalah peraturan-peraturan yang menjadi dasar pengelolaan linen dan
laundry RS karena sangat ketat mengatur
kesehatan lingkungan dan pengendalian infeksi
nosokomial di lingkungan RS dan fasilitas kesehatan lainnya termasuk
perlindungan petugas laundry.
Tahun 2009 - 2011, Pelatihan Managemen Linen dan Laundry
RS, lebih banyak membahas Permenkes No. 1204, maka Pelatihan Managemen Linen
dan Laundry RS tahun 2013 ini akan
menitik beratkan pada permenkes No. 382, dalam pembahasannya mulai dari Infeksi
Nosokomial dan perkembangan mikroorganisme di linen, pengendalian serangga pada
penyimpanan linen bersih dan kotor, limbah cair yang dihasilkan perawatan linen
/ laundry dan proses pemilihan material linen serta perawatannya di RS.
Permenkes No. 382 / Menkes / SK / III / 2007 menjadi
pokok bahasan dalam pelatihan 2013 ini, karena menunjang
trend di RS untuk mendapatkan
sertifikasi JCI yang merupakan kiblat akreditasi
RS tingkat internasional, dimana pengembangan RS dalam melayani kesehatan
masyarakat harus lebih baik seperti peningkatan mutu pelayanan, SDM, Sarana Prasarana,
Administrasi dan Komunikasi. Laundry salah satu bagian dari sarana penunjang
pelayanan kesehatan RS yang membutuhkan pembenahan dimana pembahasan pelatihan
ini menitik beratkan pada faktor-faktor di Permenkes No. 382.
Pelatihan ini juga mencakup perencanaan linen meliputi : memilih
linen yang tepat, pembuatan linen, menghitung biaya pengelolaan laundry RS dan
unit cost pembuatan linen..
.
TUJUAN :
Setelah pelatihan diharapkan peserta :
1. Mengetahui material yang cocok untuk linen rumah sakit
2. Mengetahui teknik penanganan linen kotor ( infeksius
dan non infeksius )
3. Mengetahui teknik pemaparan infeksius
4. Membuat perencanaan kebutuhan linen, biaya linen dan
biaya pengelolaan laundry.
5. Mengetahui limbah cair yang dihasilkan dari perawatan
linen
6. Mengetahui pemaparan penyakit oleh serangga
FASILITATOR
Fasilitator yang sudah
berpengalaman di Bidang Pelatihan.
1. Dr. Agus Sugiharto, MS, Sp.MK 3.
Tonny Iskandar, Amd. A.K
2. R. Heru Joko S 4.
Ahmad Isparyono,
PESERTA
1.
Kepala
Bagian/Manajer Linen & Laundry
2.
Staf Linen
dan Laundry RS
3.
Bagian
Keuangan / Manajemen RS (penentu anggaran biaya/investasi linen dan laundry)
4.
Pihak Outsource Laundry RS
5.
Staf Pengelolaan Limbah Cair/Staf CSSD
MATERI
1.
Manajemen
iNOS pada Linen RS
2.
Manajemen
Pest Control pada Linen RS
3.
Manajemen
Limbah Cair terkait dengan Laundry RS
4.
Pengelolaan
Linen dan Laundry RS menuju JCI
5.
Jenis dan
sifat serat tekstil
6.
Serat
Tekstil dan teknologi tekstil
7.
Perencanaan
kebutuhan linen RS dan tinjauan keuntungan kerugiannya
8.
Pembuatan
HPP Linen RS
9.
Perhitungan
Biaya Perawatan Linen
10. Demage dan
Lost Linen
11. Tinjauan keuntungan dan kerugiannya
METODE
Ceramah, tanya jawab dan Diskusi
TEMPAT & WAKTU PELATIHAN
Hari / tanggal :
11 – 13 Februari 2013
Pukul : 08.00
– 17.00
Tempat : WISMA
SAMADI KLENDER
Jl. Dermaga
no. 6 – Jakarta Timur
PENDAFTARAN & PEMBAYARAN
Rp. 4.500.000,- / peserta
Biaya tersebut termasuk : Penginapan, Seminar Kits, Makalah, CD
Makalah, Makan 3x, Snack 2x
Pendaftaran disertai pembayaran paling lambat
tanggal 30 Januari 2014, dengan mengirimkan Formulir Pendaftaran disertai
fotocopy bukti transfer ke :
YPMK Perdhaki u.p. Eny / Shinta
Jl. Kramat Sentiong 43, Jakarta 10450
Tel. (021)
392 0250 - 391 4843 - 392 6712
Fax. (021) 392 6712 - 391 4843
Via SMS : 0852 8743 4424 (Shinta) / 0812 954 3654
(Eny)
e-mail : ypmk_perdhaki@yahoo.com
blog : www.ypmkperdhaki.blogspot.com
FB : ypmk perdhaki
Pendaftaran setiap hari kerja : Senin - Jumat, Jam
08.30 - 15.00 wib
Biaya dikirim melalui :
CIMB Niaga Jl. Cikini Raya 71A Jakarta
No. Rek 908-01-00015-00-9 an.
PMK Perdhaki
FORMULIR PENDAFTARAN
Dengan ini kami mendaftarkan nama-nama dibawah ini
untuk mengikuti pelatihan Linen & Laundry pada tanggal 11 – 13 Februari 2014 :
Nama : 1.
.............................................................../
...................................................L/P
2. .............................................................../
...................................................L/P
3. .............................................................../
...................................................L/P
Rumah Sakit :
..............................................................................................................................
Contact Person :
................................................................HP.
.......................................................
Telp :
...........................................................Fax.
...........................................................
Hormat kami,
(
.....................................)
TRAINING of COURSE
( T.O.C )
LATAR BELAKANG
Dalam rangka peningkatan kualitas SDM, maka salah
satu langkah penting yang sedang dan akan terus dilakukan adalah melalui
pendidikan dan pelatihan (Diklat). Diklat adalah merupakan bagian integral
dari sistem pembinaang SDM , oleh karena
itu Diklat harus menjadi alat yang efektif untuk peningkatan kinerja dari SDM.
Tolok ukur penyelenggaraan diklat yang baik dan berkualitas dapat dilihat dari
beberapa aspek, seperti tersedianya kurikulum yang berbasis kompetensi, tenaga
pengajar yang capable dan professional, ketersediaan sarana dan prasarana yang
dibutuhkan dan sumber daya manusia pelaksana yang professional.a,
Salah satu pendekatan untuk peningkatan kompetensi
penyelenggara diklat adalah melalui kegiatan pelatihan bagi penyelenggara diklat
atau training officer course (TOC) agar penyelenggara diklat memiliki kualitas
professionalisme dalam melaksanakan tugasnya dibidang kediklatan.
I.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Tujuan
Pembelajaran Umum :
Setelah mengikuti pelatihan, peserta mampu memahami
penyelenggaraan diklat sesuai ketentuan yang berlaku.
2.
Tujuan
Pembelajaran Khusus :
Setelah mengikuti
pelatihan ini peserta diharapkan mampu :
1.
Melaksanakan,
mempersiapkan dan menetapkan sarana dan pra sarana diklat.
2.
Melakukan
monitoring dan evaluasi serta melaksanakan administrasi penyelenggaraan diklat
dengan baik.
3.
Bekerja
sama dalam team, memiliki etika kerja melakukan layanan prima serta membuat
laporan hasil pelaksanaan diklat secara akuntabel.
FASILITATOR
Drg. Ramotan Gultom, MSc. – Widyaswara Kemenkes
Fasilitator yang sudah berpengalaman di Bidang Pelatihan.
OUTPUT PELATIHAN:
1.
Peserta mampu melaksanakan
diklat berkualitas
2.
Peserta mampu melaksanakan
koordinasi pelaksanaan diklat.
3.
Peserta mampu menyusun
anggaran diklat
PESERTA
1. Manajemen Pendidikan dan Pelatihan RS.
2. Staf Bidang/Instalasi diklat Rumah Sakit.
3. Tenaga medis , paramedis serta petugas lainnya yang sering
melaksanakan diklat
EVALUASI
A.
Evaluasi Hasil Belajar Peserta
Evaluasi ini dilakukan terhadap peserta melalui :
Penjajagan
awal melalui pre-test & pemahaman peserta terhadap materi yang
telah
diterima (post-test). Standar minimal evaluasi hasil belajar adalah evaluasi
terhadap
pencapaian tujuan pembelajaran khusus.
B.
Evaluasi terhadap pelatih/fasilitator
Evaluasi ini dimaksudkan untuk mengetahui seberapa jauh penilaian yang
menggambarkan tingkat kepuasan peserta terhadap kemampuan fasilitator dalam
menyampaikan pengetahuan dan atau keterampilan kepada peserta dengan baik,
dapat dipahami dan diserap oleh peserta, meliputi :
1. Penguasaan
Materi, dengan indikator ”Pencapaian
tujuan pembelajaran”
2. Pengelolaan proses, dengan
indikator :
Ketepatan
Waktu, sistematika penyajian, penggunaan Metode dan alat bantu diklat, kesempatan tanya jawab, kemampuan
menyajikan, kerjasama antar tim pengajar, motivasi peserta.
3. Kepribadian dengan indikator :
Empati, Gaya, dan Sikap kepada peserta dan
Penampilan
C. Evaluasi
terhadap penyelenggara Pelatihan
Evaluasi dilakukan oleh
peserta terhadap pelaksanaan pelatihan.
Obyek evaluasi adalah
pelaksanaan administrasi dan akedemis yang meliputi :
1.
Tujuan pelatihan
2.
Relevansi program pelatihan dengan
tugas
3.
Manfaat setiap materi bagi pelaksanaan tugas peserta di tempat kerja
4.
Manfaat pelatihan bagi peserta/instansi
5.
Hubungan peserta dengan pelaksana pelatihan
TEMPAT & WAKTU PELATIHAN
Hari / tanggal :
25 – 26 Februari 2014
Pukul : 08.00
– 17.00
Tempat : WISMA
SAMADI KLENDER
Jl. Dermaga
no. 6 – Jakarta Timur
PENDAFTARAN & PEMBAYARAN
Rp. 3.750.000,- / peserta
Biaya tersebut termasuk : Penginapan, Seminar Kits, Makalah, CD
Makalah, Makan 3x Snack 2x.
Pendaftaran disertai pembayaran paling lambat
tanggal 15 Februari 2014, dengan
mengirimkan Formulir Pendaftaran disertai fotocopy bukti transfer ke :
YPMK Perdhaki u.p. Eny / Shinta
Jl. Kramat Sentiong 43, Jakarta 10450
Tel. (021)
392 0250 - 391 4843 - 392 6712
Fax. (021) 392 6712 - 391 4843
Via SMS : 0852 8743 4424 (Shinta) / 0812 954 3654
(Eny)
e-mail : ypmk_perdhaki@yahoo.com
blog : www.ypmkperdhaki.blogspot.com
FB : ypmk perdhaki
Pendaftaran setiap hari kerja : Senin - Jumat, Jam
08.30 - 15.00 wib
Biaya dikirim melalui :
CIMB Niaga Jl. Cikini Raya 71A Jakarta
No. Rek 908-01-00015-00-9 an.
PMK Perdhaki
FORMULIR PENDAFTARAN
Dengan ini kami mendaftarkan nama-nama dibawah ini
untuk mengikuti pelatihan T.O.C
pada tanggal 25 – 26 Februari :
Nama : 1.
.............................................................../
...................................................L/P
2. .............................................................../
...................................................L/P
3.
.............................................................../
...................................................L/P
Rumah Sakit : ..............................................................................................................................
Contact Person :
................................................................HP.
.......................................................
Telp :
...........................................................Fax.
...........................................................
Hormat kami,
(
.....................................)
No comments:
Post a Comment