Apr 3, 2014

AUDIT KEPERAWATAN RS



Audit Keperawatan Di  RS
11 – 14 Juni   2014


 


Dipersiapkan Oleh:
YPMK Perdhaki       
Komp.  Perkantoran Mitra  Matraman  Blok  B – 20
Jl.  Matraman  Raya  148  Jakarta  13150
Phone :   (+62 21) 8590 8034, 8590 8035
Fax      :   (+62 21) 8591 8166


LATAR  BELAKANG

RS sebagai institusi pelayanan kesehatan bertujuan meningkatkan mutu dan mempertahankan standar pelayanan RS yang diberikan kepada masyarakat, memiliki peran penting dalam meningkatkan derajat kesehatan. Oleh karena itu RS dituntut wajib memberikan pelayanan yang aman dan bermutu sesuai dengan standar yang sudah ditentukan.
Pelayanan keperawatan merupakan bagian integral dalam pelayanan kesehatan, maka mutu pelayanan keperawatan sangat mempengaruhi kualitas pelayanan kesehatan secara keseluruhan. Sehingga tidak bisa dipungkiri lagi bahwa mutu tersebut mempengaruhi citra pelayanan kesehatan. Dalam mempertahankan dan meningkatkan mutu pelayanan keperawatan, telah disusun Standar Asuhan Keperawatan dan telah diterapkan pada institusi pelayanan kesehatan di RS. Penerapan Standar Asuhan Keperawatan ini juga menjadi salah satu tolok ukur pelayanan keperawatan dalam menyiapkan pelaksanaan Akreditasi RS versi 2012.
Untuk mengetahui tingkat keberhasilan penerapan standar asuhan keperawatan di RS perlu penilaian secara obyektif melalui Audit Keperawatan yang dilakukan secara berkala, dimana hasilnya dapat digunakan sebagai bahan kajian untuk penyempurnaan seluruh system pelayanan kesehatan di RS.
Agar dapat melakukan Audit Keperawatan dengan optimal, maka tenaga keperawatan perlu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan melalui pelatihan Audit Keperawatan.  Untuk itu YPMK Perdhaki bekerjasama dengan para narasumber yang berkompeten dalam bidang Audit Keperawatan menyelenggarakan pelatihan ini yang telah terselenggara selama 8 (delapan) tahun terakhir secara rutin.

TUJUAN

Tujuan Umum  :  Meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di RS
Tujuan Khusus             :
1.   Meningkatkan pemahaman para peserta terhadap persiapan penerapan  standar akreditasi 
    RS dalam program peningkatan mutu dan keselamatan pasien.
2.  Meningkatkan pemahaman dan keterampilan para peserta dalam menggunakan metodologi 
    Audit Keperawatan.
3.  Meningkatkan kemampuan para peserta dalam melaksanakan prosedur Asuhan 
    Keperawatan sesuai standar yang ditetapkan.
4.   Meningkatkan keterampilan para peserta dalam melaksanakan dokumentasi asuhan 
    keperawatan.
5.   Meningkatkan pemahaman para peserta tentang analisa data penerapan standar asuhan 
    keperawatan di RS.

NARASUMBER                                                 PESERTA                  
Tim Pengembangan Keperawatan :                      1.  Kepala Bidang Keperawatan
1.       Saida Simanjuntak, SKp.MARS.                  2.  Kepala  Seksi Keperawatan
2.       Ida Suaedah, SKp.                                      3.  Supervisor/Pengawas Keperawatan
     3.   Ruti Nubi, SKM.                                              /Kepala Ruangan
                                                                        4.  Tim  Pengendali  Mutu Kep.

METODE  PELATIHAN
1.  40% Ceramah & Tanya Jawab
2.  60% Simulasi Kelas, Diskusi Kelompok, Pleno

MATERI  PELATIHAN
1.  Proses Keperawatan sebagai Metodologi Pemberian AsKep
2.  Pedoman Manajerial PPI
3.  Keselamatan Pasien (Patient Safety)
4.  SPRS dan SAK
5.  Dokumentasi Asuhan Keperawatan
6.  Simulasi Audit Keperawatan di Kelas :
·        Evaluasi Studi Dokumentasi
·        Observasi Tindakan Keperawatan
·        Persepsi pasien/keluarga terhadap mutu asuhan keperawatan
7.   Pengolahan dan Analisa Data Hasil Simulasi
8.   Pleno Hasil Simulasi Audit Keperawatan
9.   Audit Keperawatan
10  Pengolahan Data Audit Keperawatan
11  Instrumen Evaluasi Penerapan SAK di RS
12  Konsep Penyusunan Rencana Kerja & POA
13  Praktek Penyusunan POA dan RTL

TEMPAT, TARGET  DAN JUMLAH  PESERTA

Hari /Tanggal   :   Rabu - Sabtu / 25 – 28  Juni  2014
Pukul               :   08.00 – 17.00  WIB

Tempat Pelaksanaan Pelatihan :
                        Wisma  Perdhaki
                        Jl.  Kramat  VI  no.  7
                        Jakarta  Pusat 

Guna menjaga efektifitas program, kami membatasi jumlah peserta maksimal yaitu 30  orang.
Diharapkan  peserta  membawa  Laptop.

BIAYA  PROGRAM
Biaya yang kami kenakan pada tiap RS untuk mengikuti program ini adalah  :
Rp. 5.500.000,- ( Lima Juta Lima Ratus Ribu Rupiah) / peserta.

Biaya dikirim melalui :
CIMB Niaga   No. Rekening : 908-01-00015-00-9 
atas nama  :  PMK PERDHAKI.

DUKUNGAN  FASILITAS  YANG  DIBERIKAN  YPMK PERDHAKI
Setiap peserta yang mengikuti program ini akan didukung dengan fasilitas:
1.       Soft Copy dan Hard Copy materi ceramah.
2.       Seminar  Kit  &  Sertifikat.
3.       Makan siang  3x &  2x  snack.
4.       Penginapan
KONTAK  KAMI

Bila pihak manajemen RS anda hendak melakukan konfirmasi atau membutuhkan penjelasan lebih lanjut harap menghubungi kami  :

YPMK  Perdhaki
Komplek  Perkantoran Mitra  Matraman  Blok  B – 20
Jl.  Matraman  Raya  148  Jakarta  13150
Phone :    (+62 21) 8590 8034, 8590 8035
Fax      :   (+62 21)  8591 8166
HP       :   0852 874 344 24 (Shinta)  0812 954 3654 (Eny)  
                0813  1903 7384 (Nita)



FORMULIR  PENDAFTARAN
Dengan ini kami mendaftarkan nama-nama dibawah ini untuk mengikuti pelatihan AUDIT  KEPERAWATAN DI RS yang akan diselenggarakan pada tanggal 25 – 28  Juni  2014

Nama           :  
1............................................................................./ ....................................................L/P
2............................................................................./ ....................................................L/P
3............................................................................./ ....................................................L/P
4............................................................................./ ....................................................L/P

Rumah Sakit            :   ..........................................................................................
Alamat                      :   ..........................................................................................
Contact Person        :   .................................................HP. ..................................
Telpon / Fax             :   ...........................................Fax. ........................................
Email                        :   ............................................................................................
            


                                                                    .............................................. 2014
                                                                                 Hormat  kami,



                                                                         ( ...........................................................)

                                             

No comments:

Post a Comment