PELATIHAN
PENGELOLAAN LINEN LAUNDRY
DAN PERHITUNGAN UNIT COST DI RS
23 - 25 JUNI 2014
Dipersiapkan Oleh:
YPMK Perdhaki
Komp. Perkantoran Mitra Matraman
Blok B – 20
Jl. Matraman
Raya 148 Jakarta
13150
Phone : (+62 21) 8590 8034, 8590 8035
Fax
: (+62 21) 8591 8166
Email : ypmkperdhaki97@gmail.com &
ypmk_perdhaki@yahoo.com
LATAR BELAKANG
Terakreditasi oleh
Joint Commission International ( JCI ) merupakan harapan tertinggi setiap RS, setelah Akreditasi RS yang sifatnya skala
nasional oleh Komite Akreditasi RS (KARS) dan melalui jalur International Standardization Organization
( ISO ). Sertifikasi oleh JCI tidak semudah yang dibayangkan karena cukup
rumit. Untuk mencapai tujuan akreditasi
nasional maupun internasional, RS harus
memenuhi standar-standar tertentu yang telah ditetapkan baik oleh KARS maupun
JCI khusus menyangkut bidang kesehatan
(perumasakitan).
YPMK
PERDHAKI sebagai lembaga yang bergerak dalam bidang peningkatan pengetahuan
dalam pengelolaan RS, akan memfasilitasi
pemahaman pengelolaan linen dan laundry
serta penyusunan unit costnya sehingga
diharapkan RS akan mampu menyelenggarakan pengelolaan linen dan laudry yang
efisien dan efektif sesuai dengan standar
baik yang ditetapkan KARS maupun oleh
JCI.
Pemahaman
linen yang salah, perencanaan yang kurang tepat, sumber daya manusia yang bukan
pada tempatnya adalah sebagian dari kendala-kendala pengelolaan linen. Tidak
cukup bila hanya pengetahuan linen dan laundry di dapat dari informasi, melihat
dari RS lain atau penjual kimia laundry ataupun suplier linen RS, atau pernah
mengikuti training ataupun Inhouse training dengan pengelolaan yang lama. Untuk
itu perlu dipastikan apakan langkah-langkah yang ditembuh dalam pengelolaan
linen dan laundry sudahlah sesuai dengan standar KARS/JCI.
Kepmenkes
no 382 / Menkes / SK / III / 2007, tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian
Infeksi di Rumah Sakit dan Fasilitas Kesehatan Lainnya dan Kepmenkes No. 1204 /
Menkes / SK / X / 2004 tentang Persyaratan Kesehatan Lingkungan RS adalah
peraturan-peraturan yang menjadi dasar
pengelolaan linen dan laundry RS karena sangat
ketat mengatur kesehatan lingkungan dan pengendalian infeksi nosokomial di lingkungan RS dan
fasilitas kesehatan lainnya termasuk perlindungan petugas laundry.
Tahun 2009
- 2011, Pelatihan Managemen Linen dan Laundry RS, lebih banyak membahas
Permenkes No. 1204, maka Pelatihan Managemen Linen dan Laundry RS tahun 2013 ini akan menitik beratkan pada
permenkes No. 382, dalam pembahasannya mulai dari Infeksi Nosokomial dan
perkembangan mikroorganisme di linen, pengendalian serangga pada penyimpanan
linen bersih dan kotor, limbah cair yang dihasilkan perawatan linen / laundry dan
proses pemilihan material linen serta perawatannya di RS.
Permenkes
No. 382 / Menkes / SK / III / 2007 menjadi pokok bahasan dalam pelatihan 2013
ini, karena menunjang
trend di RS untuk mendapatkan sertifikasi JCI yang merupakan kiblat akreditasi RS tingkat internasional, dimana
pengembangan RS dalam melayani kesehatan masyarakat harus lebih baik seperti
peningkatan mutu pelayanan, SDM, Sarana Prasarana, Administrasi dan Komunikasi.
Laundry salah satu bagian dari sarana penunjang pelayanan kesehatan RS yang
membutuhkan pembenahan dimana pembahasan pelatihan ini menitik beratkan pada
faktor-faktor di Permenkes No. 382.
Pelatihan
ini juga mencakup perencanaan linen meliputi : memilih linen yang tepat,
pembuatan linen, menghitung biaya pengelolaan laundry RS dan unit cost
pembuatan linen.
TUJUAN :
Setelah
pelatihan diharapkan peserta :
1.
Mengetahui material yang cocok untuk linen rumah sakit
2.
Mengetahui teknik penanganan linen kotor ( infeksius dan non infeksius )
3.
Mengetahui teknik pemaparan infeksius
4. Membuat
perencanaan kebutuhan linen, biaya linen dan biaya
pengelolaan laundry
5.
Mengetahui limbah cair yang dihasilkan dari perawatan linen
6.
Mengetahui pemaparan penyakit oleh serangga
FASILITATOR
Fasilitator yang sudah berpengalaman di Bidang Pelatihan.
1. Dr. Agus Sugiharto, MS, Sp.MK
2. R. Heru Joko S
PESERTA
1.
Kepala
Bagian / Manajer Linen & Laundry
2.
Staf
Linen dan Laundry RS
3. Bagian
Keuangan / Manajemen RS ( penentu anggaran biaya / investasi linen dan laundry )
4.
Pihak Outsource Laundry RS
5.
Staf Pengelolaan Limbah Cair / Staf CSSD
MATERI
1.
Manajemen
iNOS pada Linen RS
2.
Manajemen
Pest Control pada Linen RS
3.
Manajemen
Limbah Cair terkait dengan Laundry RS
4.
Pengelolaan
Linen dan Laundry RS menuju JCI
5.
Jenis
dan sifat serat tekstil
6.
Serat
Tekstil dan teknologi tekstil
7.
Perencanaan
kebutuhan linen RS dan tinjauan keuntungan kerugiannya
8.
Pembuatan
HPP Linen RS
9.
Perhitungan
Biaya Perawatan Linen
10.
Demage dan Lost Linen
11.
Tinjauan
keuntungan dan kerugiannya
METODE
Ceramah,
tanya jawab dan Diskusi
TEMPAT &
WAKTU PELATIHAN
Hari / tanggal : 23 - 25 Juni 2014
Pukul : 08.00 – 17.00
Tempat : YPMK Perdhaki
Komplek Mitra Matraman B 20
Jl. Matraman Raya 148 Jakarta Timur
Jl. Matraman Raya 148 Jakarta Timur
PENDAFTARAN
& PEMBAYARAN
Biaya pelatihan : Rp. 3.000.000,- / peserta
ditransfer
ke :
CIMB Niaga no.rek. : 908-01-00015-00-9
atas nama : PMK Perdhaki.
Biaya tersebut terdiri : makan siang 1x dan snack 2 x , Seminar Kits,
Makalah, CD Makalah.
Makalah, CD Makalah.
Bila pihak manajemen RS anda hendak melakukan konfirmasi
atau membutuhkan penjelasan lebih lanjut harap menghubungi kami :
YPMK
Perdhaki
Komplek
Perkantoran Mitra Matraman Blok B
– 20
Jl. Matraman Raya
148 Jakarta 13150
Phone : (+62 21)
8590 8034, 8590 8035
Fax : (+62 21)
8591 8166
HP : 0852 874 344 24 (Shinta) 0812 954 3654 (Eny)
0813 1903 7384 (Nita)
FORMULIR PENDAFTARAN
Dengan ini kami
mendaftarkan nama-nama dibawah ini untuk mengikuti pelatihan PENGELOLAAN LINEN DAN LAUNDRY DAN
PERHITUNGAN UNIT COST DI RS yang akan diselenggarakan pada tanggal 23 - 25 JUNI 2014 :
Nama :
1.........................................................../
...........................................L/P
2.........................................................../
...........................................L/P
3.........................................................../
...........................................L/P
4.........................................................../
...........................................L/P
Rumah Sakit : :
..........................................................................
Alamat : ..........................................................................
Contact Person : .......................................HP. ............................
Telpon / Fax : ..................................Fax.
.................................
Email
: ...........................................................................
Hormat kami,
(
...............................................)
No comments:
Post a Comment