Apr 19, 2016

TRAINING OF TRAINER ( TOT )




Pelatihan
  TRAINING OF TRAINER ( TOT )
     Selasa - Jumat, 31 Mei – 3 Juni  2016  ( 4 hari )
     Wisma PGI Teuku Umar, Jln. Teuku Umar 17 Menteng – Jakarta Pusat
 
Diusahakan untuk mendapat Akreditasi PPSDM




LATAR  BELAKANG

Pengetahuan (Knowledge) merujuk kepada mempelajari fakta-fakta, prinsip-prinsip, konsep-konsep, peraturan dan teori yang perlu untuk menyelesaikan persoalan.
Ketrampilan (Skills) merujuk kepada memanipulasi objek-objek, alat-alat, peralatan dan mesin. Ketrampilan memiliki aspek pisik dan mental. Perilaku (Attitude) merujuk kepada pengembangan perasaan, nilai-nilai dan emosi.

Dalam situasi Pembelajaran yang kompleks selalu saja ada integrasi antara belajar pengetahuan, ketrampilan dan perilaku. Orang belajar dalam berbagai kondisi dan keadaan. Orang belajar lebih sedikit atau lebih banyak secara terus menerus; di rumah, di jalan, di tempat kerja dan di sekolah. Pembelajaran ini sering terjadi dalam kondisi yang biasa dan tidak terencana (belajar informal), sementara itu di lain waktu pembelajaran juga terjadi dalam situasi yang terstruktur (belajar formal).

Seorang pelatih yang efektif akan mendorong peserta didik dan menciptakan suatu lingkungan, yang memfasilitasi pembelajaran. Apakah anda melatih orang per orang atau kelompok kecil, langkah pertama adalah membangun rasa saling menghormati dan percaya.
Rasa saling percaya antara pelatih dan peserta dapat diciptakan dengan mengetahui bahwa pelatih dan peserta sama-sama memiliki ketrampilan dan pengetahuan tertentu. Bila kemampuan individu dari setiap orang dihargai dan digunakan dengan cara supportive maka seluruh kelompok merasa diuntungkan dan pengalaman belajar dapat diperkaya untuk setiap orang. Pendekatan dua arah (two-way-approach) menghormati kontribusi sehingga setiap orang dalam kelompok pelatihan dapat membuat dan menghargai bahwa setiap orang memiliki sesuatu yang dapat dipelajari orang lain.

Rasa percaya dan aman adalah esensi dalam kelompok pelatihan karena pembalajaran tidak akan terjadi dengan mudah saat individu-individu dalam kelompok terfokus pada hal-hal yang akan mereka katakan dan lakukan akan digosipkan, ditertawakan atau dihakimi. Didalam meningkatkan kinerja organisasi ataupun kinerja individu secara formal perlu dilaksanakan suatu pembelajaran formal dan terstruktur.

TUJUAN UMUM

Setelah mengikuti pelatihan, peserta mampu mengimplementasikan proses pembelajaran interaktif.

TUJUAN KHUSUS

Setelah mengikuti pelatihan ini peserta mampu  : 
1.    Memfasilitasi pembelajaran orang dewasa.
2.    Menggunakan metode pembelajaran
3.    Menggunakan media dan alat bantu pembelajaran.
4.    Teknik presentasi/komunikasi interaktif.
5.    Menyusun satuan acara pembelajaran.
6.    Evaluasi pembelajaran.

METODE PELATIHAN

1.    Presentasi Efektif.
2.    Role Play
3.    Simulasi / Mikro Teaching

EVALUASI

A.    Evaluasi Hasil Belajar Peserta
     
       Evaluasi ini dilakukan terhadap peserta melalui :
       Penjajagan awal melalui pre-test  dan  pemahaman peserta terhadap materi yang telah diterima (post-test).  Standar minimal evaluasi hasil belajar adalah evaluasi terhadap pencapaian tujuan pembelajaran khusus.

B.   Evaluasi terhadap pelatih/fasilitator
           
            Evaluasi ini dimaksudkan untuk mengetahui seberapa jauh penilaian yang menggambarkan tingkat kepuasan peserta terhadap kemampuan fasilitator dalam menyampaikan pengetahuan dan atau keterampilan kepada peserta dengan baik, dapat dipahami dan diserap oleh peserta, meliputi :
1. Penguasaan Materi, dengan indikator Pencapaian tujuan  pembelajaran ”
      2.   Pengelolaan Proses, dengan indikator :
 Ketepatan Waktu,  Sistematika Penyajian,  Penggunaan Metode dan Alat Bantu Diklat, Kesempatan Tanya Jawab,  Kemampuan Menyajikan,  Kerjasama Antar Tim Pengajar,  Motivasi Peserta.
3.   Kepribadian dengan indikator :
           Empati, Gaya, dan Sikap kepada Peserta dan Penampilan
  
C.    Evaluasi terhadap penyelenggara Pelatihan

Evaluasi dilakukan oleh peserta terhadap pelaksanaan pelatihan.
Obyek evaluasi adalah pelaksanaan administrasi dan akademis yang meliputi :
1.    Tujuan pelatihan
2.     Relevansi  program pelatihan dengan tugas
3.      Manfaat setiap materi bagi pelaksanaan tugas peserta di tempat  kerja
4.     Manfaat pelatihan bagi peserta/instansi
5.     Hubungan peserta dengan pelaksana pelatihan

NARASUMBER  / PEMBICARA
Widyaiswara Pusdiklat Kemenkes RI yang sudah berpengalaman dan menjadi pelatih di berbagai instansi di seluruh Indonesia.

1.    Ramotan Gultom, Drg, MSc, DHSM.
     Certified IV Training & Assessment, Certified NLP for Trainer

2.    Alih Germas Kodyat, DR, MARS.
     Certified NLP Trainer,  Certified GML Assessment Training

TEMPAT  DAN  WAKTU  PELATIHAN

Pelatihan dilaksanakan selama 4 hari kerja,
Tempat    :  Wisma PGI Teuku Umar
                    Jln. Teuku Umar 17, Menteng – Jakarta Pusat
Waktu      :  Selasa - Jumat,  31 Mei – 3 Juni  2016

INVESTASI

Rp. 6.000.000,- /orang,  sudah termasuk :
-  Penginapan 4 malam, makan 3 kali sehari dan snack 2 kali
-  Seminar Kit  dan Sertifikat
Early bird  Rp 5.500.000,-  bagi peserta yang mendaftar di bulan April 2016
Mendaftar 3 peserta discount Rp 500.000,- 
Check-in tgl. 30 Mei setelah jam 13.00, check-out tgl. 3 Juni  2016 jam 12.00



KONTAK  KAMI

Informasi lebih lanjut dan pendaftaran dapat menghubungi  :

Phone             :   021 – 2201 2708,     Fax  :   021 -  2201 2708
                Eny  0812 9 543 654 / Shinta 0852 8743 4424
Email               :   ypmkperdhaki97@gmail.com
Rekening         :   CIMB Niaga no. 8001- 2816 -5200
                            atas nama  PMK  Perdhaki

  FORMULIR  PENDAFTARAN

Pelatihan
TRAINING OF TRAINER ( TOT )
----------------------------------------------------------------------------------------------------------
Wisma PGI Teuku Umar, Jln. Teuku Umar 17 Menteng – Jakarta Pusat


Instansi / RS             :  ...............................................................................................
Alamat                      :   ..............................................................................................
Telpon / Fax             :   ................................... Fax   .................................................
Email                        :   ..............................................................................................
Contact Person        :   ..............................................................................................
                                     HP. .......................................................................................

Peserta                     :  1.  ..........................................................................................
                                         No. HP  ……………………………………………………..
2.    .........................................................................................
                       No. HP  ……………………………………………………..
                                    3.  ..........................................................................................
                                         No. HP  ……………………………………………………..


                                                ............................................... 2016
                                                           


                                               ( ......................................................... )










No comments:

Post a Comment