Aug 18, 2010

Manajemen Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit
25 - 27 MEI 2010


Dalam suatu rumah sakit, Instalasi/Unit Gawat Darurat harus dapat memberikan pelayanan kegawat-daruratan kepada masyarakat yang menderita penyakit akut dan/atau mengalami kecelakaan selama 24 jam terus menerus. Pelayanan instalasi gawat darurat harus memenuhi standard dan perlu dikelola dengan baik, karena IGD merupakan cermin pelayanan dari rumah sakit tersebut. Agar dapat diberikan secara maksimal, pelayanan IGD harus mengacu pada SPGDT (Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu) dan standard pelayanan IGD sesuai dengan tipe Rumah Sakit. Beberapa permasalahan yang sering terjadi pada instalasi gawat darurat, seperti: tidak bisa menolak pasien walaupun ada kendala dengan keuangan, aspek legal untuk persetujuan medik dan standard precaution untuk tenaga kesehatan termasuk pencegahan transmisi penyakit menular maupun untuk keselamatan tenaga kesehatan itu sendiri. Permasalahan tersebut terkadang menjadi kendala dan dilematik bagi rumah sakit yang masih sulit untuk menyelesaikannya. Pelatihan manajemen instalasi gawat darurat memberikan wawasan pemahaman kepada peserta dalam mengelola instalasi gawat darurat baik dari sisi safe community, standar pelayanan, manajemen pelayanan termasuk paradigma cost center, aspek legal dan penatalaksanaan keracunan / toxicology.


T U J U A N
  • Peserta mengetahui mengenai standar pelayanan IGD dan hospital disaster plan.
  • Peserta memahami aspek legal dan standard precaution.
  • Peserta memahami manajemen pelayanan instalasi gawat darurat di rumah sakit sesuai dengan tipe rumah sakit.


M A T E R I & J A D U A L

a. Kebijakan Depkes RI dalam pelayanan gawat darurat.
b. Sistem penanggulangan gawat darurat dan safe community.

c. Peran IGD dalam hospital disaster plan rumah sakit.

d. Standar pelayanan instalasi gawat darurat sesuai dengan tipe rumah sakit.

e. Peningkatan mutu pelayanan IGD.

f. Patient Safety dan Clinical risk management dalam pelayanan IGD.
g. Perhitungan kebutuhan SDM berdasarkan WISN (Workload Indicators of Staffing Need)
h. Perhitungan unit cost IGD.

i. Aspek medikolegal dalam pelayanan IGD :
- Persetujuan medik dan inform consent

- Pembiayaan, termasuk untuk orang tidak mampu/orang miskin
j. Standar pelayanan kamar jenazah di IGD.




M E T O D E
  • Ceramah | Tanya jawab | Studi kasus


NARA SUMBER
  1. Departemen Kesehatan RI
  2. dr. Angela N. Abidin, MARS. SpM.K
  3. dr. Djaya Surya Atmaja, SpF. PhD. SH. DFM
  4. dr. Vera Sadeli, MM
  5. Suryani Rahmah, SE


P E S E R T A
  1. Manajer Medik
  2. Kepala Instalasi Gawat Darurat
  3. Dokter Instalasi Gawat Darurat
  4. Perawat Instalasi Gawat Darurat


W A K T U
Selasa – Kamis, 25 – 27 Mei 2010



T E M P A T
WISMA PERDHAKI
Jl. Kramat VI No. 11
Jakarta Pusat 10430



B I A Y A
Rp. 3.550.000,- / peserta (tidak termasuk biaya penginapan)
Untuk instansi yang mengirimkan lebih dari 1 peserta mendapatkan
diskon Rp. 100.000,- / instansi




INFORMASI DAN PENDAFTARAN

YPMK Perdhaki u.p. Ritta / Nuning / Tina
Jl. Kramat VI / 11, Jakarta 10430
Tel. (021) 392 6712 - 392 0250 - 391 4843
Fax. (021) 392 0250 - 392 6712
e-mail : ypmk_perdhaki@yahoo.com

Pendaftaran setiap hari kerja : Senin - Jumat, Jam 08.30 - 15.00 wib
Pendaftaran VIA SMS :
0852 8743 4424 (Nuning / Rita)
0813 999 36536 ( Ani )



BIAYA DIKIRIM MELALUI:

BANK CIMB NIAGA Jl. Cikini Raya 71 A, Jakarta
no. rek. : 908-01-00015-00-9 a.n. PMK Perdhaki



ALTERNATIF PENGINAPAN
1. Wisma Perdhaki, JL. Kramat VI No. 7 - Jakarta Pusat
Telp. 021 - 3140455 / 3909245

2. Wisma Jengger,
JL. Kramat VI No. 28 - Jakarta Pusat
Telp. 021 - 3909955

3. Wisma Dewo,
JL. Kramat VI No. 12 - Jakarta Pusat
Telp. 021 - 3909510

4. Hotel Acacia,
Jl. Kramat Raya 73 - 81, Jakarta Pusat, Telp. 021 - 3903030
5. Hotel Bintang Griyawisata,
Jl. Raden Saleh no. 16, Jakarta Pusat, Telp. 021 - 3922566 - 74

No comments:

Post a Comment