20 - 21 MEI 2010
Tidak dapat disangkal lagi bahwa dunia perumahsakitan di Indonesia, khususnya di kota besar penuh dengan persaingan. Persaingan ini bahkan dirasakan juga oleh RS-RS di kota kabupaten. Saat ini orang perorangan, perusahaan, kelompok dokter, kelompok pengusaha, instansi-instansi berlomba-lomba masuk dalam “bisnis” rumah sakit. Tujuan mereka bermacam-macam : ada yang murni pelayanan, ada yang mendapatkan keuntungan baik nama maupun financial.
Dalam menghadapi situasi tersebut di atas, para pemilik dan manajemen rumah sakit menempuh berbagai cara. Banyak yang mengawali dengan menyusun Strategic Plan dan Business Plan untuk mengetahui arah masa depan rumah sakit (visi operasional), serta panduan untuk mencapai arah tersebut. Salah satu panduan kegiatan untuk mencapai visi operasional rumah sakit adalah kegiatan marketing rumah sakit.
Tujuan
Tujuan Umum
Dalam pelatihan ini anda akan diajak untuk memahami konsep marketing rumah sakit dengan cara komprehensif, ilmiah, rasional dan pendekatan praktis berdasarkan pengalaman narasumber.
Tujuan khusus
- Mampu menyusun marketing research.
- Mampu menyusun marketing stategi.
- Mampu menyusun marketing plan.
Materi dan Jadual
1. Ruang lingkup kegiatan marketing rumah sakit.
2. Menyusun Market Research untuk rumah sakit (penelitian market RS).
3. Menyusun Marketing Strategy yang tepat:
- Konsep Strategi Marketing dan kaitannya dengan kepuasan pelanggan.
- Mendefinisikan tujuan kegiatan Marketing RS.
- Menetapkan target market.
- Memahami Positioning RS anda: bagaimana image RS anda diantara “pesaing” yang ada.
- Memahami Unique Selling Propositon : bagaimana cara/strategi agar pelanggan datang ke RS anda dan tidak ke “pesaing” anda.
- Membahas Marketing Mix, berupa 4P dan 7P, dan penerapannya di RS. - Bagaimana mengalokasikan sumber daya
4. Menyusun Marketing Plan
- Konsep Marketing Plan
- Apa saja yang harus diperhatikan dalam menyusun Marketing Plan
- Menyusun Action Plan
Metode
- Ceramah, tanya jawab & pembahasan kasus
Nara Sumber
Tim Konsultan spesialisasi bidang RS dan pelayanan kesehatan, yang sudah membantu lebih dari 50 RS :
- Mr. Stephen Chan, B.Bus, MBA, M.Stat, M.Ap.Fin (Konsultan dari Australia).
- Mr. John Kristiaji, ST, MARS
- Dr. Albert I Hendarta, MPH
Peserta
- Direktur RS
- Manajer Marketing
- Para Manajer yang menangani kegiatan
- Pengembangan usaha atau marketing RS
- Staff Marketing
- Ketua Yayasan
Waktu
Kamis - Jumat, 20 - 21 Mei 2010
Tempat
WISMA PERDHAKI
Jl. Kramat VI No. 11
Jakarta Pusat 10430
Biaya :
Rp. 2.500.000,- / peserta (tidak termasuk biaya penginapan)
Untuk instansi yang mengirimkan lebih dari 1 peserta mendapatkan diskon Rp. 100.000,- / instansi
Informasi dan Pendaftaran
YPMK Perdhaki u.p. Ritta / Nuning / Tina
Jl. Kramat VI / 11, Jakarta 10430
Tel. (021) 392 6712 - 392 0250 - 391 4843
Fax. (021) 392 0250 - 392 6712
e-mail : ypmk_perdhaki@yahoo.com
Pendaftaran setiap hari kerja : Senin - Jumat, Jam 08.30 - 15.00 wib
Pendaftaran VIA SMS : HP 0852 8743 4424 (Nuning / Rita) / 0813 999 36536 ( Ani )
Biaya dikirim melalui:
BANK CIMB NIAGA Jl. Cikini Raya 71 A, Jakarta
no. rek. : 908-01-00015-00-9 a.n. PMK Perdhaki
Alternatif Penginapan
1. Wisma Perdhaki, JL. Kramat VI No. 7 - Jakarta Pusat
Telp. 021 - 3140455 / 3909245
2. Wisma Jengger, JL. Kramat VI No. 28 - Jakarta Pusat
Telp. 021 - 3909955
3. Wisma Dewo, JL. Kramat VI No. 12 - Jakarta Pusat
Telp. 021 - 3909510
4. Hotel Acacia, Jl. Kramat Raya 73 - 81, Jakarta Pusat, Telp. 021 - 3903030
5. Hotel Bintang Griyawisata, Jl. Raden Saleh no. 16, Jakarta Pusat, Telp. 021 - 3922566 - 74
No comments:
Post a Comment