Aug 19, 2010

RENCANA BISNIS TINGKATKAN
PENDAPATAN RUMAH SAKIT

Hotel Blue Sky Pandurata, 29 - 30 September 2010

Tingginya tingkat kompetisi pada bisnis rumah sakit menuntut manajemen untuk merespon perubahan dan perkembangan lingkungan bisnis yang terjadi. Disamping itu, tuntutan dan permintaan konsumen terhadap pelayanan bermutu juga semakin tinggi. Meningkatnya jumlah pesaing menciptakan atmosphere manajemen rumah sakit untuk senantiasa memperbaiki dan meningkatkan kemampuan serta kualitas dalam menyediakan pelayanan kesehatan yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Kondisi ini merupakan tantangan untuk manajemen rumah sakit terus berbenah diri meningkatkan citra agar tetap menjadi pilihan pelayanan kesehatan masyarakat.

Oleh karena itu diperlukan kemampuan untuk melakukan kajian faktor internal dan eksternal rumah sakit yang sangat mempengaruhi agar dapat tetap survive dalam persaingan bisnis yang semakin ketat. Rencana bisnis rumah sakit merupakan instrumen penting untuk mencapai tujuan rumah sakit baik jangka pendek, menengah maupun panjang.

Adanya kemampuan untuk membuat rencana bisnis merupakan suatu keharusan yang sangat penting bagi pimpinan dan manajer rumah sakit. Dalam rangka pengembangan bisnis rumah sakit itulah YPMK Perdhaki menyelenggarakan Pelatihan Rencana Bisnis Tingkatkan Pendapatan RS.

Pelatihan ini dikemas dan disesuaikan dengan kebutuhan SDM rumah sakit untuk dapat menjawab tantangan bisnis rumah sakit dimasa depan baik RS swasta, RSU atau RSUD yang telah atau ingin menerapkan BLU atau BLUD.



T U J U A N
Pelatihan ini bertujuan:
  • Memberikan pemahaman teori dan konsep tentang rencana bisnis RS baik RS swasta, RSU atau RSUD yang telah atau ingin menerapkan BLU atau BLUD.
  • Memberikan pemahaman dan mempraktekkan instrumen positioning.
  • Merumuskan dan menentukan alternatif strategi bisnis RS.
  • Merumuskan dan menetapkan strategi bisnis RS.


M A T E R I
1. Visi, Misi, dan Tujuan Rumah Sakit
2. Kinerja Rumah Sakit sebagai dasar Rencana Bisnis Rumah Sakit
3. Sumber Rujukan Bisnis Plan Rumah Sakit
4. Analisis Strength, Weakness, Opportunity, and Threath
5. Kerangka Konsep Bisnis Plan
6. Bedah Kasus Rumah Sakit X :
a. Analisis Faktor Eksternal
b. Analisis Faktor Internal
7. Hasil Matrix Eksternal dan Internal Rumah Sakit
8. Bedah Kasus Rumah Sakit X :
a. Analisis Kinerja Pelayanan Kesehatan
b. Analisis Kinerja Keuangan Rumah Sakit
9. Rencana Bisnis Alternatif Rumah Sakit
10.Rencana Bisnis Bidang Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit
11.Rencana Bisnis Bidang Organisasi dan SDM
12.Rencana Bisnis Bidang Sarana dan Prasarana Rumah Sakit
13.Rencana Bisnis Bidang Keuangan Rumah Sakit
14.Positioning dan Marketing Produk Rumah Sakit



M E T O D E
  • Diskusi, Telaah Kasus, Seminar dan Tanya jawab.


NARA SUMBER

1. DR.Yaslis Ilyas, DRG, MPH, HIA, MHP, AAK
  • Berpengalaman > 30 tahun sebagai dosen pasca sarjana di FKM dan FIK UI
  • Konsultan Pengembangan Manajemen dan SDM di berbagai industri layanan termasuk RS
  • Ketua Departemen SDM Ahli Manajemen Jaminan dan Asuransi Kesehatan Indonesia
2. Dr. Aminullah, MM, Sp.KJ.
  • Staff ahli pada Kementerian Kesehatan RI
3. Dicky Rahardjo, SKM, MARS
  • Anggota Badan Keahlian Konsultan Manajemen Kesehatan
  • Ikatan Nasional Tenaga Ahli Konsultan Indonesia (INTAKINDO)
  • CEO dari PTY Consulting, sebuah perusahaan jasa konsultan pengembangan RS


P E S E R T A
1. Direktur Rumah Sakit
2. Manajer-manajer Rumah Sakit
3. Kepala Divisi, Kepala Bagian, Kepala Instalasi dan Kepala Unit Rumah Sakit.
4. Pimpinan yang mempunyai peran untuk meningkatkan produktifitas dan profitabilitas bisnis rumah sakit.




W A K T U
Rabu - Kamis, 29 - 30 September 2010


T E M P A T
Hotel Blue Sky Pandurata
Jl. Raden Saleh No. 12 Jakarta Pusat


B I A Y A

Rp 2.500.000,- / peserta ( tidak termasuk biaya penginapan)
Untuk instansi yang mengirimkan lebih dari 1 peserta mendapatkan diskon Rp. 100.000,- / peserta.
Biaya pelatihan sudah termasuk Seminar Kits, Makalah, CD Makalah, Sertifikat, Makan Siang dan Snack


INFORMASI DAN PENDAFTARAN

YPMK Perdhaki u.p. Ritta / Nuning / Meita / Tina
Jl. Kramat Lontar H 11 A, Jakarta Pusat
Tel. (021) 392 6712 - 392 0250 - 391 4843
Fax. (021) 392 0250 - 392 6712
e-mail : ypmk_perdhaki@yahoo.com

Pendaftaran setiap hari kerja : Senin - Jumat, Jam 08.30 - 15.00 wib
Pendaftaran VIA SMS :
0852 8743 4424 (Nuning / Rita)

BIAYA DIKIRIM MELALUI:

BANK CIMB NIAGA Jl. Cikini Raya 71 A, Jakarta
no. rek. : 908-01-00015-00-9 a.n. PMK Perdhaki


ALTERNATIF PENGINAPAN
1. Wisma Perdhaki,
JL. Kramat VI No. 7 - Jakarta Pusat
Telp. 021 - 3140455 / 3909245

2. Wisma Jengger,
JL. Kramat VI No. 28 - Jakarta Pusat
Telp. 021 - 3909955

3. Wisma Dewo,
JL. Kramat VI No. 12 - Jakarta Pusat
Telp. 021 - 3909510

4. Hotel Acacia,
Jl. Kramat Raya 73 - 81, Jakarta Pusat, Telp. 021 - 3903030
5. Hotel Bintang Griyawisata,
Jl. Raden Saleh no. 16, Jakarta Pusat, Telp. 021 - 3922566 - 74

Peserta yang ingin menginap di Hotel Blue Sky Pandurata, dapat menghubungi telp. 021 - 3905205.
Biaya penginapan 1 kamar / permalam Rp. 400.000,- (Superior)

No comments:

Post a Comment