Aug 21, 2014

Lanjutan dari Manajemen Diklat bagi unit Diklat


Peserta  Manajemen Diklat bagi Unit Diklat  

TRAINING EVALUASI PASCA PELATIHAN
21 - 23  Oktober   2014
 


Diselenggarakan Oleh:

YPMK  Perdhaki       
Komp.  Perkantoran Mitra  Matraman  Blok  B – 20
Jl.  Matraman  Raya  148  Jakarta  13150
Phone   :   (+62 21) 8590 8034, 8590 8035
Fax      :   (+62 21) 8591 8166



I.      LATAR BELAKANG

Evaluasi pelatihan merupakan bagian dari proses suatu pembelajaran yang berguna untuk menilai keberhasilan suatu pelatihan. Evaluasi pelatihan merujuk pada proses pengkonfirmasian bahwa seseorang telah mencapai kompetensi. Kompetensi sendiri dapat didefinisikansebagai apa yang diharapkan di tempat kerja dan merujuk pada pengetahuan, keahlian dan sikap yang dipersyaratkan bagi pekerja untuk mengerjakan tugas pokok dan fungsinya.

Efektifitas pelatihan berkaitan dengan sejauh mana program pelatihan yang diselenggarakan mampu mencapai apa yang memang telah diputuskan sebagai tujuan yang harus dicapai. Oleh karena itu evaluasi pelatihan secara komprehensif adalah pengumpulan informasi tentang program pelatihan, peserta pelatihan, peserta, pelatih, atau fasilitator, desain, metode, sumberdaya dan sarana yang digunakan serta dampak dari pelatihan.

Didalam training ini, jenis evaluasi yang akan dipelajari adalah evaluasi tahap ketiga (Kirk Patrick) atau mengukur perilaku atau behavior level atau dalam pengertiannya, perubahan apa saja yang sudah terjadi ? Pelaksanaan evaluasi pada tahap ini sebaiknya dapat mengalokasikan waktu untuk menentukan terjadinya perubahan perilaku.

Jenis evaluasi lain yang akan dipelajari lagi yaitu evaluasi hasil (Result level) merupakan tahap terakhir evaluasi dari Kirk Patrick. Adapun pertanyaan yang harus dijawab pada tahap ini adalah : Hasil akhir apa yang diharapkan sebagai akibat pelatihan yang sudah dilaksanakan. Pelaksanaan pada tahap ini dapat menggunakan kelompok kontrol, dapat juga tidak. Pelatihan ini dilaksanakan setelah alokasi waktu yang tersedia, misalnya setelah 6 – 12 bulan setelah pelatihan dilaksanakan. Pada tahap ini kita harus puas dengan apa yang dicapai, walau mungkin tidak memperoleh target yang ditetapkan. Fakta yang ada tidak perlu disembunyikan karena banyak faktor selain pelatihan dapat menyebabkan hasil akhir yang ditentukan tercapai atau tidak.

Berdasarkan pengalaman, banyak organisasi seperti Rumah Sakit, Program Unit Utama dan organisasi lainnya yang telah melaksanakan pelatihan secara besar besaran, akan tetapi mereka tidak dapat melihat hasil nyata dari pada pelatihan tersebut. Oleh karena itu organisasi yang sering terlibat dengan pelatihan sumber daya manusia perlu dibekali dengan keterampilan untuk melakukan evaluasi pasca pelatihan
 
II.    HASIL  PELATIHAN 
   ·        Mampu memahami Prinsip-prinsip Evaluasi Pasca Pelatihan 
   ·        Mampu melaksanakan evaluasi pelatihan dalam tahap perubahan perilaku (Behavior Level) 
   ·         Mampu melaksanakan evaluasi pelatihan dalam tahap perubahan dampak (Result Level)

III.   MATERI
1.    Prinsip-prinsip Evaluasi Pasca Pelatihan
2.    Penyusunan Instrumen Evaluasi Pasca Pelatihan
3.    Metoda pengumpulan dan Analisis Data
4.    Penyusunan Laporan Evaluasi

IV.  PESERTA PELATIHAN.
1.    Kepala Bidang Diklat / Penelitian Rumah Sakit
2.    Manajemen Madya Rumah Sakit
3.    Kepala Bidang / Ka. Sub. Direktorat / Pengelola Program

V.    NARASUMBER  / PEMBICARA
Narasumber terdiri dari tim  Widyaiswara  :
1.            R. Gultom, Drg, MSc, DHSM
Certified IV Training & Assessment, Certified NLP for Trainer
2.            Alih Germas Kodyat, DR, MARS
Certified NLP Trainer, Certified GML Assessment Training

VI.  WAKTU  &  TEMPAT  PELATIHAN
Pelatihan diselenggarakan pada  :
Hari / tanggal         :   Selasa – Kamis, 21 - 23  Oktober  2014
Pukul                     :   08.00 – 16.00  WIB
Tempat pelatihan   :   PUSDIKLAT Aparatur Kemenkes
                                          Jl.  Hang  Jebat  Raya  Blok  F – 3
                                          Kebayoran Baru – Jakarta Selatan

Diharapkan  peserta membawa  laptop

VII.   BIAYA  PELATIHAN
       Biaya yang kami kenakan pada tiap Rumah Sakit  untuk mengikuti program ini adalah  :
Rp.  3.800.000,- (Tiga juta delapan ratus ribu rupiah) / peserta.
Biaya  tersebut  adalah paket, yang terdiri dari  :
-       Penginapan                       :   check in  tanggal  14 Oktober 2014 pagi tanpa sarapan,
                                             check out tanggal 16 Oktober 2014 siang.
-       Tanggal 21 Okt 2014         :   Snack pagi, Makan siang, Snack sore, makan malam
-       Tanggal 22 Okt 2014         :   Makan pagi, Snack pagi, Makan siang, Snack sore,
    makan malam
-       Tanggal 23 Okt 2014         :   Makan pagi, Snack pagi, Makan siang

(Jika tidak menginap, tidak ada pengembalian biaya. Bagi peserta luar kota yang memesan penginapan tambahan, dikenakan biaya Rp 150.000,-/orang )
                                                                                        
Biaya dikirim melalui :
CIMB Niaga   No. Rekening :  908-01-00015-00-9 
atas nama  :  PMK PERDHAKI.

Pendaftaran dan pembayaran paling lambat tanggal 06  Oktober 2014

KONTAK  KAMI

Informasi lebih lanjut dan pendaftaran dapat menghubungi kami  :

YPMK  Perdhaki
Komplek  Perkantoran Mitra  Matraman  Blok  B – 20
Jl.  Matraman  Raya  148  Jakarta  13150
Phone :    (+62 21) 8590 8034, 8590 8035
Fax      :   (+62 21)  8591 8166
HP       :   0852 874 344 24 (Shinta)  0812 954 3654 (Eny)  
                0813  1903 7384 (Nita)



FORMULIR  PENDAFTARAN
Dengan ini kami mendaftarkan nama-nama dibawah ini untuk mengikuti pelatihan yang akan diselenggarakan pada tanggal   21 - 23  Oktober  2014

Nama           :  
1.........................................................../ ...........................................L/P
2.........................................................../ ...........................................L/P

Rumah Sakit            :   ..........................................................................
Alamat                      :   ..........................................................................
Contact Person        :   .......................................HP. ............................
Telpon / Fax              :   ..................................Fax. ................................
Email                        :   ..........................................................................
                                                  .............................................. 2014                                  
                                                                       Hormat  kami,



                                                    ( ....................................................)
                                                        

No comments:

Post a Comment