Pelatihan
TRAINING OF TRAINER
25 - 27 Novenber 2014
LATAR BELAKANG
Pengetahuan
(Knowledge)
merujuk kepada mempelajari fakta-fakta, prinsip-prinsip, konsep-konsep,
peraturan dan teori yang perlu untuk menyelesaikan persoalan. Ketrampilan (Skills)
merujuk kepada memanipulasi objek-objek, alat-alat, peralatan dan mesin.
Ketrampilan memiliki aspek pisik dan mental. Perilaku (Attitude) merujuk kepada pengembangan
perasaan, nilai-nilai dan emosi.
Dalam situasi Pembelajaran yang kompleks selalu
saja ada integrasi antara belajar pengetahuan, ketrampilan dan prilaku. Orang belajar dalam
berbagai kondisi dan keadaan. Orang belajar lebih sedikit atau lebih banyak
secara terus menerus; di rumah, di jalan, di tempat kerja dan di sekolah.
Pembelajaran ini sering terjadi dalam kondisi yang biasa dan tidak terencana
(belajar informal), sementara itu di lain waktu Pembelajaran juga terjadi dalam
situasi yang terstruktur (belajar formal).
Seorang
pelatih yang efektif akan mendorong peserta didik dan menciptakan suatu
lingkungan, yang memfasilitasi Pembelajaran. Apakah anda melatih orang per
orang atau kelompok kecil langkah pertama adalah membangun rasa saling
menghormati dan percaya. Rasa saling percaya antara pelatih dan peserta dapat
diciptakan dengan mengetahui bahwa pelatih dan peserta sama-sama memiliki
ketrampilan dan pengetahuan tertentu. Bila kemampuan individu dari setiap orang
dihargai dan digunakan dengan cara supportive maka seluruh kelompok merasa
diuntungkan dan pengalaman belajar dapat diperkaya untuk setiap orang.
Pendekatan dua arah (two-way-approach) menghormati kontribusi sehingga setiap
orang dalam kelompok pelatihan dapat membuat dan menghargai bahwa setiap orang
memiliki sesuatu yang dapat dipelajari orang lain.
Rasa
percaya dan aman adalah esensi dalam kelompok pelatihan karena pembalajaran
tidak akan terjadi dengan mudah saat individu-individu dalam kelompok terfokus
pada hal-hal yang akan mereka katakan dan lakukan akan digosipkan, ditertawakan
atau dihakimi. Didalam meningkatkan kinerja
organisasi ataupun kinerja individu secara formal perlu dilaksanakan suatu
pembelajaran formal dan terstruktur.
Tujuan Umum :
Setelah mengikuti pelatihan,
peserta mampu mengimplementasikan proses
pembelajaran interaktif.
Tujuan Khusus
Setelah mengikuti pelatihan ini peserta mampu :
1.
Memfasilitasi pembelajaran orang dewasa.
2.
Menggunakan metode pembelajaran
3.
Menggunakan media dan alat bantu pembelajaran.
4.
Teknik presentasi/komunikasi interaktif.
5.
Menyusun satuan acara
pembelajaran.
6.
Evaluasi pembelajaran.
Metode Pelatihan :
1.
Presentasi Efektif.
2.
Role Play
3.
Simulasi / Mikro Teaching
EVALUASI
A. Evaluasi
Hasil Belajar Peserta
Evaluasi ini dilakukan terhadap peserta
melalui :
Penjajagan awal melalui pre-test & Pemahaman
peserta terhadap materi yang telah
diterima (post-test). Standar minimal evaluasi hasil belajar adalah evaluasi terhadap pencapaian
tujuan pembelajaran khusus.
diterima (post-test). Standar minimal evaluasi hasil belajar adalah evaluasi terhadap pencapaian
tujuan pembelajaran khusus.
B. Evaluasi
terhadap pelatih/fasilitator
Evaluasi
ini dimaksudkan untuk mengetahui seberapa jauh penilaian yang menggambarkan
tingkat
kepuasan peserta terhadap kemampuan fasilitator dalam menyampaikan pengetahuan dan atau
keterampilan kepada peserta dengan baik, dapat dipahami dan diserap oleh peserta, meliputi :
kepuasan peserta terhadap kemampuan fasilitator dalam menyampaikan pengetahuan dan atau
keterampilan kepada peserta dengan baik, dapat dipahami dan diserap oleh peserta, meliputi :
1. Penguasaan Materi, dengan indikator ”Pencapaian tujuan pembelajaran”
2. Pengelolaan proses, dengan indikator : Ketepatan Waktu, Sistematika
penyajian, Penggunaan
Metode dan alat bantu diklat, Kesempatan tanya jawab, kemampuan menyajikan, Kerjasama
antar tim pengajar, Motivasi peserta
Metode dan alat bantu diklat, Kesempatan tanya jawab, kemampuan menyajikan, Kerjasama
antar tim pengajar, Motivasi peserta
3. Kepribadian dengan indikator :
Empati, gaya, dan sikap kepada
peserta dan Penampilan
C. Evaluasi terhadap penyelenggara Pelatihan
Evaluasi dilakukan oleh peserta terhadap pelaksanaan pelatihan. Obyek evaluasi adalah
pelaksanaan
administrasi dan akedemis yang meliputi :
administrasi dan akedemis yang meliputi :
1.
Tujuan pelatihan
2.
Relevansi program pelatihan dengan
tugas
3.
Manfaat setiap materi bagi pelaksanaan tugas peserta di tempat kerja
4.
Manfaat pelatihan bagi peserta/instansi
5.
Hubungan peserta dengan pelaksana pelatihan
FASILITATOR
Fasilitator yang sudah
berpengalaman di Bidang Pelatihan.
Drg. Ramotan Gultom,
MSc & Dr. Alih Germas K., MARS dari
Widyaswara Kemenkes
PESERTA
1.
Pelatih /Clinical Instruktur.
2.
Tenaga medis dan paramedis yang sering melaksanakan fasilitasi
pembelajaran.
3.
Dosen /Tenaga pengajar
WAKTU & TEMPAT PELATIHAN
Hari / tanggal :
Selasa – Kamis, 25 – 27 November 2014
Pukul : 08.00
– 17.00 WIB
Tempat : Gedung
Pusdiklat Kemenkes
Jl. Hang Jebat Raya Blok F3 – Kebayoran Baru,
Jakarta Selatan
BIAYA PELATIHAN
Biaya yang kami kenakan pada tiap Rumah Sakit untuk mengikuti program ini adalah Rp. 4.000.000,- (Empat Juta Rupiah) / peserta.
Biaya tersebut sudah termasuk :
- Penginapan
3 malam ( check-in 24 November dan check-out 27 November )
- Makan
dan snack ( mulai makan malam tgl 24 Nov
s/d snack sore tgl. 27 Nov )
Biaya dikirim melalui :
CIMB Niaga No. Rekening : 908-01-00015-00-9
atas
nama :
PMK PERDHAKI.
Pendaftaran dan
pembayaran paling lambat tanggal 20
November 2014
INFORMASI &
PENDAFTARAN
Informasi
lebih lanjut dan pendaftaran dapat menghubungi kami :
YPMK Perdhaki
Komplek Perkantoran
Mitra Matraman Blok B
– 20
Jl. Matraman Raya
148 Jakarta 13150
Phone : (+62 21)
8590 8034, 8590 8035
Fax : (+62 21)
8591 8166
HP : 0852
874 344 24 (Shinta) 0812 954 3654
(Eny)
0813 1903 7384 (Nita)
Email : ypmkperdhaki97@gmail.com
FORMULIR PENDAFTARAN
Dengan ini kami mendaftarkan nama-nama dibawah ini
untuk mengikuti pelatihan TOT pada tanggal 25 – 27 November 2014 :
Nama : 1.
.............................................................../
...................................................L/P
2. .............................................................../
...................................................L/P
3. .............................................................../
...................................................L/P
Rumah Sakit :
..............................................................................................................................
Contact Person :
................................................................HP.
.......................................................
Telp :
...........................................................Fax.
...........................................................
Hormat
kami,
No comments:
Post a Comment