TRAINING
MANAJEMEN VERIFIKASI KLAIM MEDIS & FRAUD
JAMINAN KESEHATAN NASIONAL RS PADA
PELAKSANAAN SJSN 2014
03 – 04 Desember 2014
PUSDIKLAT KEMENKES – KEBAYORAN BARU,
JAKARTA SELATAN
PENDAHULUAN
Pemerintah telah mencanangkan
pelaksanaan jaminan kesehatan semesta pada 1 Januari, 2014. Hal ini sejalan dengan amanat Undang Undang No 40
tahun 2004 tentang
Sistem Jaminan Sosial Nasional. Adapun Badan Pelaksana
Jaminan Sosial (BPJS) telah dibentuk berdasarkan UU No: 24/Oktober/tahun 2011. BPJS secara resmi berfungsi dan bertanggung jawab terlaksananya jaminan kesehatan nasional.
Terkait dengan hal tersebut, maka terjadi pergeseran pola
pemanfaatan dan pembiayaan pelayanan kesehatan. Semula lebih banyak pembayaran
Out Of Pocket menjadi dibayar oleh pihak penyelenggara Jaminan, yang
diatur dalam sebuah perjanjian kerjasama pelayanan kesehatan.
Perkembangan jasa Jaminan
Layanan Kesehatan perlu didukung oleh SDM profesional untuk dapat menjawab
tantangan bisnis dan tuntutan mitra kerja yang semakin kompleks di masa depan.
Meningkatnya utilisasi pelayanan kesehatan dari peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) menimbulkan beban kerja dan
tingkat kesulitan kerja yang semakin tinggi pada pihak rumah sakit. Demand terhadap pelayanan RS akan semakin tinggi
dengan semakin meningkatnya jumlah rakyat yang mempunyai
jaminan kesehatan. Sejak 1 januari
sampai dengan 1 oktober 2014, jumlah rakyat yang mempunyai jaminan berjumlah sekitar 129 juta orang (data BPJS Kesehatan). Hal ini akan menimbulkan kompleksitas terhadap pelayanan kesehatan di
rumah sakit.
Disamping
itu, SDM rumah sakit belum cukup
terpapar dengan seluk beluk administrasi klaim dan kemungkinan fraud (kecurangan) pada pelayanan kesehatan. Hal ini sering menimbulkan konflik antara manajemen rumah sakit dengan Badan Pengelola Jaminan Sosial Kesehatan (BPJSKes). Untuk menyukseskan program tersebut perlu keterlibatan semua pihak dengan meningkatkan
pengetahuan tentang manajemen klaim dan fraud asuransi kesehatan sosial.
Dalam rangka pengembangan SDM manejemen klaim
rumah sakit, YPMK Perdhaki dan Yaslis Institute menyelenggarakan Training
Manajemen Verifikasi Klaim Medis & Fraud JKN Rumah Sakit. Pelatihan ini dikemas dan disesuaikan dengan
kebutuhan personel rumah sakit untuk
dapat menjawab dan menyelesaikan klaim Jamkesnas di rumah sakit.
TUJUAN
PELATIHAN
- Review informasi tentang UU SJSN dan UU BPJS
- Meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan personel tentang kerjasama perusahaan asuransi dengan rumah sakit.
- Meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan personel tentang kecurangan klaim baik oleh RS, Agen dan Perusahaan Asuransi.
- Meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan personel rumah sakit untuk mengelola dengan baik klaim medis JKN.
- Mampu melakukan penagihan klaim medis JKN sesuai dengan ketentuan yang ada.
PESERTA
PELATIHAN
-
Direktur Keuangan Rumah Sakit
-
Manager Keuangan Rumah Sakit
-
Staf Keuangan Rumah Sakit
FASILITATOR
- DR. drg. Yaslis Ilyas, MPH. HIA. MHP. AAK
- dr. Sumiarsih Pujilaksani, M Kes. AAK
WAKTU &
TEMPAT PELATIHAN
Pelatihan diselenggarakan pada :
Hari / tanggal : Rabu – Kamis, 03 - 04 Desember
2014
Pukul : 08.00 – 16.00 WIB
Tempat pelatihan : Gedung
PUSDIKLAT KEMENKES
Jl.
Hang Jebat Raya Blok F3 – Kebayoran Baru
Jakarta Selatan
BIAYA PELATIHAN
Biaya yang kami kenakan
pada tiap Rumah Sakit untuk mengikuti program ini adalah Rp. 3.500.000,-
(Tiga juta lima ratus ribu rupiah) / peserta.
Biaya tersebut sudah termasuk :
- Penginapan 2 malam ( check-in 02 Des dan check-out 04 Des
)
- Makan dan snack (
mulai makan malam tgl 02 Des s/d snack sore tgl. 04 Des )
Biaya dikirim melalui :
CIMB Niaga No. Rekening : 908-01-00015-00-9
atas nama : PMK
PERDHAKI.
Pendaftaran dan
pembayaran paling lambat tanggal 25
November 2014
INFORMASI
& PENDAFTARAN
Informasi lebih lanjut dan pendaftaran dapat menghubungi kami
:
YPMK Perdhaki
Komplek
Perkantoran Mitra Matraman Blok B
– 20
Jl. Matraman Raya
148 Jakarta 13150
Phone : (+62 21)
8590 8034, 8590 8035
Fax : (+62 21)
8591 8166
HP : 0852
874 344 24 (Shinta) 0812 954 3654
(Eny)
0813 1903 7384 (Nita)
Email : ypmkperdhaki97@gmail.com
JADWAL
ACARA
HARI I : 03 DESEMBER 2014
|
HARI II : 04 DESEMBER 2014
|
||
07.30 – 08.30
|
Registrasi Ulang
Pembukaan
|
08.30 – 10.00
|
Faktor2 penyebab yang sering meng-akibatkan
penundaan pembayaran klaim oleh pihak penanggung biaya pelayanan kesehatan
(Asuransi / bapel atau perusahaan).
|
08.30 – 09.15
|
Review Permenkes no:28, tahun 2014,
Tentang Pedoman Pelaksanaan JKN.
|
10.00 – 10.30
|
REHAT KOPI
|
09.15 – 10.15
|
Konsep Kerjasama Asuransi – PPK ( RS )
|
10.30 – 12.00
|
Tips yang dapat diusahakan RS untuk menghindari
penundaan / penolakan pembayaran oleh pihak penanggung.
|
10.15 – 10.45
|
REHAT
KOPI
|
12.00 – 13.00
|
ISHOMA
|
10.45 – 12.00
|
Hal – hal
yang perlu diperhatikan dalam berkontrak dengan penyelenggara jaminan
kesehatan sosial (Asuransi, bapel, self insured company)
|
13.00 – 14.30
|
Manfaat melakukan Verifikasi
tagihan klaim oleh RS sebelum tagihan dikirim.
|
12.00 – 13.00
|
ISHOMA
|
14.30 – 15.00
|
REHAT KOPI
|
13.00 – 14.30
|
Moral Hazard dan Fraud: Definisi,
dampak terhadap biaya kesehatan dan antisipasi terhadap Moral Hazaard
|
15.00 – 16.00
|
Teknik verifikasi tagihan
klaim
Tips verifikasi klaim Rawat Jalan
Tips verifikasi klaim Rawat Inap
|
14.30 – 15.00
|
REHAT KOPI
|
16.00 – 16.30
|
PENUTUPAN
|
15.00 – 16.00
|
Jenis jenis kecurangan klaim
& modus operansi yg banyak ditemukan dari hasil verifikasi oleh claim
analis perusahaan asuransi.
|
|
|
FORMULIR
PENDAFTARAN
Dengan ini kami mendaftarkan nama-nama dibawah ini untuk
mengikuti pelatihan Manajemen Verifikasi
Klaim Medis & Fraud Jaminan
Kesehatan Nasional RS Pada Pelaksanaan SJSN 2014
yang akan
diselenggarakan pada tanggal 03 – 04 Desember 2014
Nama :
1.........................................................../
...........................................L/P
2.........................................................../
...........................................L/P
3.........................................................../
...........................................L/P
4.........................................................../
...........................................L/P
Rumah Sakit : : ..........................................................................
Alamat : ..........................................................................
Contact Person : .......................................HP.
............................
Telpon / Fax : ..................................Fax.
.................................
Email
: ...........................................................................
............................................... 2014
Hormat kami,
No comments:
Post a Comment