Workshop
MANAJEMEN IGD
DAN PENDELEGASIAN
WEWENANG
Jumat - Sabtu,
19 – 20 Juni 2015
HOTEL IBIS
JAKARTA SENEN
Jln. Kramat
Raya 100 - JAKARTA PUSAT
YPMK Perdhaki
Komplek
Perkantoran MITRA MATRAMAN B-20
Jln.
Matraman Raya no. 148, Jakarta Timur 13150
Phone
(+62 21) 8590 8034, 8590 8035
Fax:
(+62 21) 8591 8166
Email: ypmkperdhaki97@gmail.com
LATAR BELAKANG
Sudah tidak disangsikan bahwa Instalasi Gawat
Darurat (IGD) di sebuah rumah sakit merupakan pintu gerbang pelayanan sekaligus
etalase kualitas pelayanan rumah sakit, yang akan dinilai oleh masyarakat
pengguna rumah sakit. Oleh karenanya IGD di rumah sakit haruslah benar benar
dapat mewakili pencitraan setiap rumah sakit, dimana semua aspek pelayanan yang
dilaksanakan di IGD tersebut merupakan gambaran pelayanan kesehatan secara
keseluruhan dari rumah sakit.
IGD yang merupakan unit kerja fungsional di rumah
sakit menghimpun dan menggambarkan hampir semua bentuk sumber daya yang ada di
rumah sakit, baik bangunan fisik, peralatan dan SDM kesehatan yang diarahkan
untuk memberikan pelayanan pada masyarakat pengguna dalam keadaan siap pakai 24
jam.
Di era globalisasi dengan jargon akuntabilitas,
transparansi dan partisipasi masyarakat serta supremasi hukum sekarang ini,
maka pelayanan IGD haruslah dapat memenuhi keempat jargon tadi, kalau tidak
maka bukan tidak mungkin rumah sakit akan disibukkan dengan tuntutan (hukum)
masyarakat yang bertubi tubi.
Untuk menjaga agar IGD sebuah rumah sakit dapat
berjalan sesuai dengan harapan masyarakat, maka Kementerian Kesehatan telah
menetapkan persyaratan sebuah IGD mulai
dari input, proses sampai outcomenya melalui Keputusan MenKes no 856 tahun 2009.
Selain itu Kementerian kesehatan telah pula
menetapkan keharusan rumah sakit dilakukan akreditasi sebagai upaya menjaga dan
menjamin mutu pelayanan rumah sakit termasuk pelayanan IGD nya, melalui
Permenkes No 12 tahun 2012.
Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) sebagai badan
independen yang ditunjuk Menteri kesehatan untuk melakukan akreditasi nasional
melalui Permenkes No 428 tahun 2012, telah menetapkan (bersama Dirjen BUK - Kemkes) Standar
akreditasi rumah sakit yang mengadaptasi standar akreditasi JCI. Sudah
sewajarnya setiap Pimpinan rumah sakit memahami standar yang telah ditetapkan
ini sebagai acuan dalam mengelola IGD di rumah sakitnya, oleh karenanya perlu
dilakukan pelatihan bagi pimpinan rumah sakit dan pejabat yang terkait untuk
mengenali dan memenuhi standar tersebut.
TUJUAN
Membantu meningkatkan kemampuan manajemen rumah sakit dan membuka
wawasan kepada Komite Medis/Komite Keperawatan, staf medis/klinis dan staf manajemen rumah sakit dalam
memahami dan menyiapkan IGD rumah sakit yang sesuai dengan standar Akreditasi
RS versi 2012.
MATERI
1.
Pengaturan alokasi ruangan pelayanan
dan fasilitas peralatan di IGD.
2. Pengelolaan SDM IGD (pola ketenagaan,
kualifikasi staf, mapping kompetensi staf, training need assesment, program
training, program orientasi, jenjang karier perawat)
3.
Standar Pelayanan IGD, Panduan
praktik Klinis Trauma, Triase pasien
4.
Resusitasi pasien, Code Blue sistem,
Tim tanggap darurat.
5.
Hospital Disaster Plan
6.
Perancangan rekam medis IGD serta format pendukung pelayanan IGD
7.
Program mutu dan keselamatan pasien
di IGD, indikator mutu IGD
8. Latihan membuat regulasi pelayanan IGD dan Hospital Disaster Plan
METODE
1.
Ceramah
2.
Diskusi, tanya jawab.
3.
Latihan membuat Regulasi pokok IGD.
4.
Latihan membuat Hospital disaster
Plan
Peserta agar membawa laptop
TEMPAT
DAN WAKTU PELATIHAN
Tempat : Hotel IBIS
Jakarta Senen
Jln. Kramat Raya 100 – Jakarta Pusat
Waktu : Jumat – Sabtu, 19 – 20 Juni 2015 Pukul 09.00
– 16.00
Bagi yang berpuasa
konsumsi diberikan dalam box (paket A)
dan digantikan makan malam bagi yang mengambil
paket B / C.
PESERTA
-
Direktur
-
Staf Medis RS
-
Manajer Pelayanan RS
-
Staf Keperawatan IGD
-
Staff Manajemen (IPRS)
-
Kepala IGD.
FASILITATOR
Adalah pakar
perumahsakitan / kegawatdaruratan :
1.
dr Djoni Darmadjaja, SpB, MARS, FINACS, FICS
2.
dr. Henry Boyke Sitompul, SpB, FINACS
INVESTASI
Paket
A : Rp. 3.750.000,- / orang ( tanpa akomodasi )
Paket
B :
Rp. 4.000.000,- / orang ( akomodasi 1 malam / 1 kamar untuk 2 orang )
Paket
C :
Rp. 4.250.000,- / orang ( akomodasi 1 malam / 1 kamar untuk 1 orang )
Investasi
tersebut mencakup seminar kit, sertifikat, lunch dan snack.
Check-in tgl. 19 Juni 2015 setelah jam 13.00, check-out tgl. 20
Juni 2015 jam 12.00
KONTAK KAMI
Informasi
lebih lanjut dan pendaftaran dapat menghubungi
:
Phone : 021 - 8590 8034, 8590 8035, Fax : 021 - 8591 8166
Shinta 0852 874 344 24, Eny 0812 9 543 654
Email : ypmkperdhaki97@gmail.com
Rekening : CIMB Niaga no. 908-01-00015-00-9 atas nama PMK Perdhaki
WORKSHOP
MANAJEMEN IGD &
PENDELEGASIAN WEWENANG
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
HOTEL IBIS JAKARTA SENEN, 19 – 20 JUNI 2015
Instansi / RS : ..............................................................................................................................................................
Alamat : ..............................................................................................................................................................
Telpon / Fax :
.......................................................................
Fax
............................................................................
Email : .............................................................................................................................................................
Contact Person : .............................................................................................................................................................
HP.
.....................................................................................................................................................
Peserta : 1.
........................................................................................................................................................
2.
........................................................................................................................................................
3.
........................................................................................................................................................
Paket Pilihan : ( .. )
Paket A ( .. ) Paket B ( .. ) Paket C
.......................................................................
2015
(
......................................................................... )
No comments:
Post a Comment