Pelatihan
PENGELOLAAN LINEN
& LAUNDRY RS
SESUAI STANDAR AKREDITASI RUMAH SAKIT dan SERTIFIKASI SYARI’AH
Selasa - Rabu, 24 – 25 November 2015
HOTEL IBIS
JAKARTA SENEN, Jln. Kramat Raya 100 - JAKARTA PUSAT
LATAR
BELAKANG
Persiapan rumah sakit dalam mencapai status akreditasi perlu didukung antara lain melalui pelatihan2 yang memudahkan pengelola rumah sakit untuk dapat memenuhi standar akreditasi yang telah ditetapkan.
Berbekal pengalaman melakukan pelatihan baik exhouse mapun inhouse termasuk melaui workshop, YPMK
PERDHAKI bekerjasama dengan narasumber berpengalaman akan menyelenggarakan Pelatihan Pengelolaan Laundry Rumah Sakit.
Rumah sakit sering melakukan out sourcing pengelolaan linen
dan laundry dengan pihak ke 2 karena tergiur harga murah tanpa memperhatikan kecocokan antara penyediaan/bahan linen, kimia laundry dan mesin2 laundry. Sering terjadi lelang baik terbuka atau LPSE dengan spek yang diperkirakan sudah tepat namun ternyata hasil yang didapatkan justru tidak sesuai,
oleh karena itu perlu dibuat perencanaan dan evaluasi yang baik guna menentukan kimia laundry serta supplier yang
terbaik agar
dapat meminimalkan kekeliruan sehingga tercipta efesiensi dan efektifitas yang tepat pada sasaran, menemukan benang merah antara penyedia linen dengan penyedia kimia laundry terkait keberadaan mesin laundry agar tercipta keselarasan pekerjaan.
Standarisasi mutu pelayanan serta evaluasi after sales dari
supplier atau perusahaan outsourcing akan menjadi kendala yang sangat berarti dalam perjanjian dengan pihak ke 2 atau pihak ke 3. Menjembatani itu semua maka kami akan menyelenggarakan training
atau pelatihan tentang PENGELOLAAN LINEN
DAN LAUNDRY RUMAH SAKIT, bagaimana kiat-kiatnya serta after sales service yang akan diterima dengan pihak ke-2 atau ke-3 serta dapat memenuhi persyaratan spesifik tertentu..
Dalam standar akreditasi rumah sakit, petugas Laundry termasuk dalam keanggotaan Komite/Tim PPI RS. Direktur rumah sakit membentuk Komite PPI serta Tim PPI. Komite PPI RS bertanggung jawab langsung kepada Direktur rumah sakit sedang Tim PPI bertanggung jawab langsung
kepada Komite PPI. Komite PPI mengadakan koordinasi dengan unit2 terkait dalam menyusun
program PPI termasuk dengan
unit kerja laundry. Unit kerja Laundry harus membuat program PPI: Infection Control Risk
Assesment (ICRA): Risk
Assesment (PPI 7 EP 3, PPI 7.1).
Unit
kerja laundry diawasi Komite PPI/Tim PPI, Tim K3RS dan Tim MUTU dan KESELAMATAN PASIEN. Adapun dasar-dasar yang menjadi pedoman adalah : Kepmenkes 1204/2004 ; 382/2007 ; 129/2008 ; Permenkes
1045/2006 serta PerMenLH
No. 5/2014 juga PP No. 101/2014.
TUJUAN
:
Setelah pelatihan diharapkan peserta mampu :
1. Membedakan
Kepmenkes No. 1204/2004 dan 382/2007 Linen Infeksius.
2. Membedakan
kemampuan material linen terhadap noda.
3. Memilih
material yang tepat sehingga parstok minimal.
4. Mengetahui
fungsi Uji Tekstil, Surat Dukungan Tekstil dll pada Lelang Linen.
5. Menghindari Kesalahan Pembelian
Kimia Laundry
yang tidak disadari.
6. Menghindari Kesalahan dalam pembelian mesin-mesin Laundry RS.
7. Menentukan
Mesin cuci yg Efisien dan Efektif ( efisien belum tentu murah ).
8. Membuat
evaluasi secara tepat pada cost-cost yang timbul dalam mengelola laundry.
9. Menghadapi
Outsourcing dan menentukan outsourcing yang tepat.
10. Menentukan
Key Performance Indicator / KPI berhadapan dengan Mutu Pelayanan.
11. Menjawab pertanyaan / Refleksi “Sudah
benarkah Pengelolaan Linen dan Laundry Rumah Sakit saya ?”
FASILITATOR
Rachmat Heru Joko Santosa
Fasilitator yang sudah berpengalaman di Bidang Pelatihan Linen Laundry
PESERTA
1. Kepala
PPI / Nosokomial RS
2. Kepala
Bagian / Manajer Linen & Laundry
3. Kepala
Keuangan / Manajemen RS ( penentu anggaran biaya / investasi linen dan laundry
)
4. Pihak Outsource Laundry RS
5. Kepala Pengelolaan Limbah Cair / Kepala CSSD
6. Kepala IPRS / Teknik RS
7. Kepala K3 RS
MATERI
1. Standarisasi
Linen Rumah Sakit ( termasuk terkait
Syari’ah)
2. Standarisasi
Kimia Laundry RS ( termasuk terkait
Syari’ah)
3. Standarisasi
Peralatan Laundry RS ( termasuk terkait
Syari’ah)
4. Parstok
Linen terkait investasi linen terkait INOS, MUTU dan K3 RS.
5. Menentukan
mesin laundry dan biaya yang akan ditimbulkan saat operasional.
6. Membedakan
dan menentukan outsourcing Laundry RS.
7. Membuat
perhitungan Demage and Lost serta KPI laundry RS.
METODE
Ceramah, Tanya jawab , dan Diskusi
TEMPAT DAN
WAKTU PELATIHAN
Pelatihan dilaksanakan selama 2 hari
kerja,
Tempat : Hotel IBIS
Jakarta Senen, Jln. Kramat Raya
100 – Jakarta Pusat
Waktu : Selasa – Rabu, 24 – 25 November 2015
INVESTASI
Paket
A : Rp. 3.750.000,- /orang ( tanpa akomodasi )
Paket
B : Rp. 4.250.000,- /orang (akomodasi 2 malam / 1 kamar
untuk 2 orang)
( Rp 500.000,- / 2 orang x 2 mlm ) + Rp 3.750.000,-
Paket
C :
Rp. 5.000.000,-
/orang (akomodasi 2 malam / 1 kamar sendiri)
Investasi tersebut mencakup : seminar kit, sertifikat, lunch dan snack.
Check-in
tgl. 23 Nov setelah jam 13.00, check-out tgl. 25
Nov 2015 jam 12.00
KONTAK
KAMI
Informasi lebih lanjut dan pendaftaran
dapat menghubungi :
Phone : 021 - 8590 8035, Fax
: 021 - 8591 8166
Shinta 0852 874 344 24, Eny 0812 9
543 654
Email
: ypmkperdhaki97@gmail.com
Rekening
:
CIMB Niaga no. 908-01-00015-00-9
atas nama PMK Perdhaki
FORMULIR PENDAFTARAN
Pelatihan
PENGELOLAAN LINEN &
LAUNDRY RS
SESUAI STANDAR AKREDITASI RUMAH SAKIT DAN SERTIFIKASI SYARI’AH
----------------------------------------------------------------------------------------------------------
HOTEL IBIS JAKARTA SENEN, 24 – 25
NOVEMBER 2015
Instansi / RS : ...............................................................................................
Alamat : ..............................................................................................
Telpon / Fax : ................................... Fax
.................................................
Email
: ..............................................................................................
Contact Person :
..............................................................................................
HP. .......................................................................................
Peserta : 1.
..........................................................................................
2.
..........................................................................................
3.
..........................................................................................
Paket Pilihan : ( .. )
Paket A ( .. )
Paket B ( .. ) Paket
C
Rp 3.750.000,-
Rp 4.250.000,- Rp 5.000.000,-
...............................................
2015
No comments:
Post a Comment