Nov 3, 2015

PENGELOLAAN LINEN & LAUNDRY RS (DIBATALKAN)


Pelatihan
  PENGELOLAAN LINEN & LAUNDRY  RS
    SESUAI  STANDAR  AKREDITASI  RUMAH SAKIT dan SERTIFIKASI SYARI’AH
   Selasa - Rabu,  2425  November  2015
   HOTEL IBIS  JAKARTA SENEN,  Jln.  Kramat Raya 100 - JAKARTA PUSAT
 
LATAR  BELAKANG
Persiapan rumah sakit dalam mencapai status akreditasi perlu didukung antara lain melalui pelatihan2 yang memudahkan pengelola rumah sakit untuk dapat memenuhi standar akreditasi yang telah ditetapkan.
Berbekal pengalaman melakukan pelatihan baik exhouse mapun inhouse termasuk melaui workshop, YPMK PERDHAKI bekerjasama dengan narasumber berpengalaman akan menyelenggarakan Pelatihan Pengelolaan Laundry Rumah Sakit.
Rumah sakit sering melakukan out sourcing pengelolaan linen dan laundry dengan pihak ke 2 karena tergiur harga murah tanpa memperhatikan kecocokan antara penyediaan/bahan linen, kimia laundry dan mesin2 laundry. Sering terjadi lelang baik terbuka atau LPSE dengan spek yang diperkirakan sudah tepat namun ternyata hasil yang didapatkan justru tidak  sesuai, oleh karena itu perlu dibuat perencanaan dan evaluasi yang baik guna menentukan kimia laundry serta supplier yang terbaik agar dapat meminimalkan kekeliruan sehingga tercipta efesiensi dan efektifitas yang tepat pada sasaran, menemukan benang merah antara penyedia linen dengan penyedia kimia laundry terkait keberadaan mesin laundry agar tercipta keselarasan pekerjaan.
Standarisasi mutu pelayanan serta evaluasi after sales dari supplier atau perusahaan outsourcing akan menjadi kendala yang sangat berarti dalam perjanjian dengan pihak ke 2 atau pihak ke 3. Menjembatani itu semua maka kami akan menyelenggarakan training atau pelatihan tentang PENGELOLAAN LINEN DAN LAUNDRY RUMAH SAKIT, bagaimana kiat-kiatnya serta after sales service yang akan diterima dengan pihak ke-2 atau ke-3 serta dapat memenuhi persyaratan spesifik tertentu..
Dalam standar akreditasi rumah sakit, petugas Laundry termasuk dalam keanggotaan Komite/Tim PPI RS.  Direktur rumah sakit membentuk Komite PPI serta Tim PPI. Komite PPI RS bertanggung jawab langsung kepada Direktur rumah sakit  sedang  Tim PPI bertanggung jawab langsung kepada Komite PPI.  Komite PPI mengadakan koordinasi dengan unit2 terkait dalam menyusun program PPI termasuk dengan unit kerja laundry. Unit kerja Laundry harus membuat program PPI: Infection Control Risk Assesment  (ICRA):  Risk Assesment (PPI 7 EP 3, PPI 7.1).
Unit kerja laundry diawasi Komite PPI/Tim PPI, Tim K3RS dan Tim MUTU dan KESELAMATAN PASIEN. Adapun dasar-dasar yang menjadi pedoman adalah : Kepmenkes  1204/2004 ; 382/2007 ; 129/2008 ; Permenkes 1045/2006 serta PerMenLH No. 5/2014 juga PP No. 101/2014.
TUJUAN  :
Setelah pelatihan diharapkan peserta mampu  :
1.      Membedakan Kepmenkes No. 1204/2004 dan 382/2007 Linen Infeksius.
2.      Membedakan kemampuan material linen terhadap noda.
3.      Memilih material yang tepat sehingga parstok minimal.
4.      Mengetahui fungsi Uji Tekstil, Surat Dukungan Tekstil dll pada Lelang Linen.
5.      Menghindari Kesalahan Pembelian Kimia Laundry yang tidak disadari.
6.      Menghindari Kesalahan dalam pembelian mesin-mesin Laundry RS.
7.      Menentukan Mesin cuci yg Efisien dan Efektif ( efisien belum tentu murah ).
8.      Membuat evaluasi secara tepat pada cost-cost yang timbul dalam mengelola laundry.
9.      Menghadapi Outsourcing dan menentukan outsourcing yang tepat.
10.    Menentukan Key Performance  Indicator / KPI berhadapan dengan Mutu Pelayanan.
11.    Menjawab pertanyaan / Refleksi “Sudah benarkah Pengelolaan Linen dan Laundry Rumah Sakit saya ?

FASILITATOR

Rachmat Heru Joko Santosa
Fasilitator yang sudah berpengalaman di Bidang Pelatihan Linen Laundry
PESERTA
1.    Kepala PPI / Nosokomial RS
2.    Kepala Bagian / Manajer Linen & Laundry
3.    Kepala Keuangan / Manajemen RS ( penentu anggaran biaya / investasi linen dan laundry )
4.    Pihak Outsource Laundry RS
5.    Kepala Pengelolaan Limbah Cair / Kepala CSSD
6.    Kepala IPRS / Teknik RS
7.    Kepala K3 RS
MATERI
1.      Standarisasi Linen Rumah Sakit ( termasuk terkait Syari’ah)
2.      Standarisasi Kimia Laundry RS ( termasuk terkait Syari’ah)
3.      Standarisasi Peralatan Laundry RS ( termasuk terkait Syari’ah)
4.      Parstok Linen terkait investasi linen terkait INOS, MUTU dan K3 RS.
5.      Menentukan mesin laundry dan biaya yang akan ditimbulkan saat operasional.
6.      Membedakan dan menentukan outsourcing Laundry RS.
7.      Membuat perhitungan Demage and Lost serta KPI laundry RS.
METODE
Ceramah, Tanya jawab , dan Diskusi
TEMPAT  DAN  WAKTU  PELATIHAN
Pelatihan dilaksanakan selama 2 hari kerja,
Tempat    :  Hotel IBIS  Jakarta Senen,   Jln. Kramat Raya 100 – Jakarta Pusat
Waktu      :  SelasaRabu, 2425 November 2015
INVESTASI
Paket A    :  Rp. 3.750.000,- /orang ( tanpa akomodasi )
Paket B    :  Rp. 4.250.000,- /orang (akomodasi 2 malam / 1 kamar untuk 2 orang)
                   ( Rp 500.000,- / 2 orang x 2 mlm ) + Rp 3.750.000,-
Paket C   :  Rp. 5.000.000,- /orang (akomodasi 2 malam / 1 kamar sendiri)
                      
Investasi tersebut mencakup :  seminar kit, sertifikat, lunch dan snack.
Check-in tgl. 23 Nov setelah jam 13.00, check-out tgl. 25 Nov  2015 jam 12.00
KONTAK  KAMI
Informasi lebih lanjut dan pendaftaran dapat menghubungi  :
Phone             :   021 - 8590 8035,     Fax  :   021 -  8591 8166
                            Shinta  0852 874 344 24, Eny  0812 9 543 654
Email               :   ypmkperdhaki97@gmail.com
Rekening         :   CIMB Niaga no. 908-01-00015-00-9
                            atas nama  PMK  Perdhaki
  FORMULIR  PENDAFTARAN
Pelatihan
PENGELOLAAN LINEN & LAUNDRY  RS
SESUAI STANDAR AKREDITASI RUMAH SAKIT DAN SERTIFIKASI SYARI’AH
----------------------------------------------------------------------------------------------------------
HOTEL  IBIS JAKARTA SENEN,   24 – 25 NOVEMBER  2015
Instansi / RS             :  ...............................................................................................
Alamat                      :   ..............................................................................................
Telpon / Fax             :   ................................... Fax   .................................................
Email                        :   ..............................................................................................
Contact Person        :   ..............................................................................................
                                     HP. .......................................................................................
Peserta                     :  1.  ..........................................................................................
                                    2.  ..........................................................................................
                                    3.  ..........................................................................................
Paket Pilihan  :   ( .. )  Paket A                ( .. )  Paket B                     ( .. )  Paket C 
                            Rp 3.750.000,-              Rp 4.250.000,-                  Rp 5.000.000,-
                     ............................................... 2015
                                               ( ........................................................... )

No comments:

Post a Comment