Workshop
PEMANTAPAN CLINICAL LEADERSHIP
DALAM RANGKA UPAYA MENJAMIN TERLAKSANANYA
PATIENT SAFETY DI RS
Jumat - Sabtu, 04 – 05 Desember 2015
HOTEL IBIS JAKARTA SENEN, Jln.
Kramat Raya 100 - JAKARTA PUSAT
PENDAHULUAN
Pelayanan kesehatan di rumah sakit
pada era milenium ini haruslah dapat menjamin tercapainya keselamatan pasien,
karena tanpa keselamatan pasien tidak dapat dikatakan pelayanan yang bermutu.
Keselamatan pasien baru dapat dijamin
atau diyakini tercapai apabila rumah sakit merubah paradigma pelayanan lama yang hanya berorientasi pada penyakit
dengan paradigma pelayanan baru yaitu pelayanan berfokus pasien (Patient
Centered Care). Konsep Patient Centered care (PCC) dilansir pertama kali oleh
Harvey Picker pada tahun 1988 melalui
Picker Institute di Ingris.Konsep ini mulai
dikenal luas sejak tahun 2000 setelah IOM mensistimatiskan konsep PCC
serta menyebarluaskan ke seluruh dunia. Akhirnya konsep ini menjadi valid untuk
dianut oleh seluruh rumah sakit di dunia karena telah direkomendasikan oleh
WHO.
Pelayanan rumah sakit yang menggunakan
konsep PCC adalah pelayanan yang melaksanakan 4 konsep dasar yaitu :Martabat dan Respek kepada pasien, Berbagi informasi dengan pasien, Partisipasi pasien dalam
pelayanan dan Kolaborasi / kerjasama baik dalam pelaksnaan pelayanan maupun
dengan pasien dan keluarganya.
Untuk tercapainya pelayanan berfokus
pasien, asuhan yang diberikan kepada pasien haruslah asuhan yang terintegrasi,
dimana semua profesional pemberi asuhan berkolaborasi dalam menjalankan asuhan.
Rumah sakit menetapkan staf
medis, keperawatan dan staf lain yang bertanggung jawab atas pelayanan pasien,
bekerja sama dalam menganalisis dan mengintegrasikan asesmen pasien.
Untuk menjamin tercapainya Patient safety melalui
pelaksanaan pelayanan yang berfokus pasien maka diperlukan kepemimpinan klinik
(clinical leadership) yang kuat di rumah sakit. Sehingga pimpinan rumah sakit
dapat mempercayakan pasien rumah sakit pada pemimpin klinik ini dalam upaya
pelayanan kesehatan pada pasien rumah sakit.
Sesungguhnya seorang pimpinan rumah
sakit (direktur) mempunyai 2 unsur penjamin terlaksananya pelayanan pada
pasien, yaitu unsur manajemen pelayanan yang dipercayakan pada Manajer
pelayanan pasien (case manager) dan unsur asuhan klinis pasien yang dipercayakan
pada Dokter penanggung jawab pelayanan pasien (DPJP).
Peran DPJP dalam mengimplementasikan PCC
Asuhan
klinis Pasien adalah pelayanan kesehatan yang diberikan kepada pasien oleh
praktisi para Professional Pemberi Asuhan (PPA) yang multi profesi yaitu
Dokter, Perawat, Ahli Gizi, Fisioterapis, Radiografer, Analis Laboratorium,
Apoteker/Petugas Farmasi, Pekerja Sosial, dsb.
Proses asuhan pasien bersifat dinamis dan melibatkan semua PPA sehingga
pengintegrasian dan koordinasi aktivitas asuhan pasien menjadi tujuan agar
menghasilkan proses asuhan yang efisien, asuhan pasien yang lebih baik, dimana Dokter (DPJP) bertindak sebagai Clinical Team Leader.
Oleh
karenanya selain DPJP sebagai clinical team leader, maka Ketua Kelompok Staf
Medis (KSM) juga menjadi clinical leader yang ikut mengarahkan
terlaksananya asuhan klinis secara baik dan benar. Begitu pula dengan Ketua
Komite medis yang merupakan unsur penjamin mutu dan etika pelayanan medis di
rumah sakit juga merupakan clinical leader di rumah sakit. Perlu adanya
pengaturan fungsi dan tugas diantara clinical leader ini yang disebut dengan clinical
leadership
1.
Meningkatnya kemampuan
pimpinan rumah sakit membangun konsep PCC di rumah sakit melalui pemahaman dan
pelaksanaan pelayanan terintegrasi dengan implementasi kolaborasi
interprofesional dan melakukan koordinasi pelayanan melalui pemantapan fungsi
DPJP.
2.
Meningkatnya
wawasan dan pemahaman staf medis, staf keperawatan dan staf profesional lainnya
akan konsep asuhan terintegrasi dan kolaboratif, dimana DPJP menjadi pimpinannya
sebagai clinical
team leader.
3.
Meningkatnya
kemampuan staf klinis dalam melakukan fungsi clinical leadership di rumah sakit.
A. Asuhan Terintegrasi dalam mewujudkan PCC:
1. Peserta memahami tentang asuhan terintegrasi.
2. Peserta memahami tentang kolaborasi interprofesional
B. Implementasi
konsep clinical leadership untuk menjamin patient safety
1.
Peserta memahami tentang fungsi dan tugas DPJP2. Peserta memahami tentang fungsi dan tugas ketua KSM
3. Peserta memahami tentang fungsi dan tugas ketua Komite Medis, Komite Keperawatan, dan Komite Profesional lainnya
4. Peserta memahami tentang clinical pathway sebagai implementasi asuhan terintegrasi
MATERI
1.
Pemahaman konsep Pelayanan Berfokus pasien / Patient Centered Care
2.
Asuhan pasien terintegrasi sebagai implementasi PCC3. Kolaborasi interprofesional
4. Clinical Leadership di rumah sakit
5. Menyusun Panduan DPJP/Case manajer
6. Menyusun Panduan kerja Ketua KSM/Komite medis
7. Menyusun Panduan kerja Komite Keperawatan/Komite Prof Lain
9. Wawasan tentang Standar Pelayanan Kedokteran dan PPK
10. Clinical Pathway sebagai implementasi asuhan terintegrasi
1. Ceramah
2. Diskusi, tanya jawab.
3. Latihan membuat panduan DPJP dan case manajer
4. Latihan membuat panduan kerja Ketua KSM
5. Latihan membuat panduan kerja Komite Medis/Komite Keperawatan/Komite Profesional lainnya
6. Presentasi hasil kerja peserta
NARASUMBER / PEMBICARA
1.
Dr. Djoni
Darmadjaja,Sp.B,MARS.2. Dr Henry Boyke Sitompul, SpB
PESERTA WORKSHOP
1. Direktur RS dan jajaran Direksi RS
2. Komite Medis dan Komite Keperawatan.
3. Ketua KSM
4. Staf Medis Rumah Sakit
5. Staf Keperawatan Rumah sakit
6. Staf Profesional pemberi asuhan pasien lainnya di RS
workshop dilaksanakan selama 2 hari kerja,
Tempat : Hotel IBIS Jakarta Senen, Jln. Kramat Raya 100 – Jakarta Pusat
Waktu : Jumat – Sabtu, 04 – 05 Desember 2015
INVESTASI
Paket A : Rp. 3.750.000,- /orang ( tanpa akomodasi )
Paket B : Rp. 4.250.000,- /orang (akomodasi 2 malam / 1 kamar untuk 2 orang)
( Rp 500.000,- / 2 orang x 2 mlm ) + Rp 3.750.000,-
Paket C : Rp. 5.150.000,- /orang (akomodasi 2 malam / 1 kamar sendiri)
( Rp 700.000,- / mlm x 2 ) + Rp 3.750.000,-
Investasi tersebut mencakup : seminar kit, sertifikat, lunch dan snack.
Check-in tgl. 03 Des setelah jam 13.00, check-out tgl. 05 Des 2015 jam 12.00
KONTAK KAMI
Informasi
lebih lanjut dan pendaftaran dapat menghubungi
:
Phone : 021 - 8590
8035, Fax : 021 - 8591 8166Shinta 0852 874 344 24, Eny 0812 9 543 654
Email : ypmkperdhaki97@gmail.com
Rekening : CIMB Niaga no. 908-01-00015-00-9
atas nama PMK Perdhaki
FORMULIR PENDAFTARAN
Workshop
PEMANTAPAN
CLINICAL LEADERSHIP
DALAM RANGKA UPAYA MENJAMIN TERLAKSANANYA PATIENT
SAFETY DI RS
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
HOTEL IBIS JAKARTA SENEN, 04 –
05 DESEMBER 2015
Instansi / RS : ................................................................................................................
Alamat : ...............................................................................................................
Telpon / Fax : ....................................................
Fax
.................................................
Email : ...............................................................................................................
Contact Person : ...............................................................................................................
HP. ........................................................................................................
Peserta : 1.
...........................................................................................................
2.
...........................................................................................................
3.
...........................................................................................................
Paket Pilihan : ( .. )
Paket A ( .. ) Paket
B ( .. ) Paket
C
Rp 3.750.000,--
Rp 4.250.000,-- Rp 5.150.000,--
............................................... 2015
(
........................................................... )
No comments:
Post a Comment