Pelatihan
PENGELOLAAN HOSPITAL APPAREL &
HOSPITAL LAUNDRY
SESUAI STANDAR AKREDITASI RUMAH SAKIT dan SERTIFIKASI SYARI’AH
Senin – Selasa, 16 – 17 Mei 2016
Wisma PGI Teuku Umar, Jln. Teuku Umar 17 Menteng – Jakarta Pusat
LATAR BELAKANG
Persiapan
rumah sakit dalam mencapai status
akreditasi perlu didukung antara lain melalui pelatihan-pelatihan yang memudahkan pengelola rumah sakit untuk dapat
memenuhi standar akreditasi yang telah ditetapkan.
Berbekal
pengalaman melakukan pelatihan baik exhouse maupun inhouse termasuk melalui
workshop, YPMK PERDHAKI bekerjasama dengan narasumber berpengalaman akan
menyelenggarakan Pelatihan Pengelolaan Laundry Rumah Sakit.
Rumah
sakit sering melakukan out sourcing pengelolaan linen dan laundry dengan pihak
ke 2 karena kemampuan pengelolaan yang kurang tepat dan study
banding ke rumah sakit lain yang justru berbeda-beda (belum ada standar khusus
dari Depkes ) ataupun tergiur harga murah tanpa
memperhatikan hasil dan kualitas dari pihak
outsourcing tersebut. Seringnya
terjadi lelang baik terbuka atau LPSE dengan spek yang diperkirakan sudah tepat
namun ternyata hasil yang didapatkan justru tidak sesuai, ataupun pembuatan spek tender yang justru menjadikan
pengadaan membeli salah ( tersesat di jalan yang benar )
oleh karena itu perlu dibuat perencanaan dan evaluasi yang baik guna menentukan
kimia laundry, hospital apparel mesin-mesin
laundry rumah sakit terbaik dengan memberikan after sales / purna
jual yang menguntungkan pihak rumah sakit, hal tersebut akan menghasilkan
efektifitas dan efisiensi di pihak rumah sakit.
Tolak ukur pelayanan dengan Key Performant Indicator /
KPI dari penyedia barang ataupun rekanan ( outsourcing ), Untuk menjembatani
itu semua maka kami akan menyelenggarakan training
atau pelatihan tentang PENGELOLAAN HOSPITAL APPAREL DAN HOSPITAL LAUNDRY, bagaimana
kiat-kiatnya serta after sales service yang
akan diterima dengan pihak ke-2 atau ke-3 serta dapat memenuhi persyaratan
spesifik tertentu.
Dalam standar akreditasi rumah sakit,
petugas Laundry termasuk dalam keanggotaan
Komite / Tim PPI RS. Direktur rumah sakit membentuk Komite PPI serta Tim PPI. Komite PPI RS bertanggung jawab langsung kepada Direktur rumah sakit sedang
Tim PPI bertanggung
jawab langsung kepada Komite PPI. Komite
PPI mengadakan koordinasi dengan unit-unit terkait dalam menyusun
program PPI termasuk dengan unit kerja laundry.
Unit
kerja laundry diawasi Komite PPI / Tim PPI, Tim K3RS dan Tim MUTU dan
KESELAMATAN PASIEN. Adapun dasar-dasar
yang menjadi pedoman adalah : Kepmenkes No. 1204/2004, Kepmenkes No. 382/2007, Kepmenkes
No. 129/2008, Kepmenkes No. 1087/2006 (K3RS) serta PerMenLH No. 5/2014 (Baku mutu limbah cair RS) juga PP No. 101/2014.( Limbah B3 ).
TUJUAN
Setelah pelatihan diharapkan peserta mampu :
1. Memahami Kepmenkes No.
1204/2004 dan Kepmenkes No.
382/2007 Linen Infeksius dan
Linen Bernoda
2. Memahami kemampuan material tekstil pada noda yang akan
timbul di rumah sakit, sebagai salah satu faktor nosokomial dan hasil akhir
dari CSSD Linen.
3. Memilih
material linen yang tepat guna
dan tepat sasaran sesuai pemakaian.
4. Mengetahui
manfaat Uji Tekstil dan Gramasi
Tekstil.
5. Menghindari Kesalahan Pembelian
Kimia Laundry
yang tidak disadari.
6. Menghindari Kesalahan dalam pembelian mesin-mesin Laundry RS.
7. Menentukan
Mesin cuci yg Efisien dan Efektif ( efisien belum tentu murah ).
8. Membuat
evaluasi secara tepat pada cost-cost yang timbul dalam mengelola laundry.
9. Menghadapi
Outsourcing dan menentukan outsourcing yang tepat.
10. Menentukan
Key Performance
Indicator
/ KPI berhadapan dengan Mutu Pelayanan.
11. Memanfaatkan kelebihan waktu opersional laundry untuk
menerima laundry rumah sakit lain.
12. Menjawab pertanyaan / Refleksi “Sudah
benarkah Pengelolaan Linen dan Laundry Rumah Sakit saya ?”
FASILITATOR
Rachmat Heru Joko Santosa
Fasilitator yang sudah berpengalaman di Bidang
Pelatihan Linen Laundry
PESERTA
1. Kepala
PPI / Nosokomial RS
2. Kepala
Bagian / Manajer Linen & Laundry
3. Kepala
Keuangan / Manajemen RS ( penentu anggaran biaya / investasi linen dan laundry
)
4. Pihak Outsource Laundry RS
5. Kepala Pengelolaan Limbah Cair / Kepala CSSD
6. Kepala IPRS / Teknik RS
7. Kepala K3 RS
MATERI
1. Standarisasi
Linen Rumah Sakit ( termasuk
yang terkait Syari’ah).
2. Standarisasi
Kimia Laundry RS ( termasuk
yang terkait Syari’ah).
3. Standarisasi
Peralatan Laundry RS ( termasuk yang
terkait Syari’ah).
4. Parstok
Linen terkait investasi linen terkait INOS, MUTU dan K3 RS.
5. Menentukan
mesin laundry dan biaya yang akan ditimbulkan saat operasional.
6. Membedakan
dan menentukan outsourcing Laundry RS.
7. Membuat
perhitungan Demage and Lost serta KPI laundry RS.
METODE
Ceramah, Tanya jawab , dan Diskusi.
TEMPAT DAN WAKTU
PELATIHAN
Pelatihan dilaksanakan selama 2 hari kerja,
Tempat : Wisma PGI Teuku Umar
Jln. Teuku Umar 17, Menteng – Jakarta Pusat
Waktu : Senin
– Selasa, 16 – 17 Mei 2016
INVESTASI
Rp. 4.000.000,- /orang, sudah termasuk :
- Penginapan 2
malam, makan 3 kali sehari dan snack 2 kali
- Seminar
Kit dan Sertifikat
Early bird Rp 3.500.000,- bagi peserta yang mendaftar di bulan April
2016
Mendaftar 3 peserta discount Rp 500.000,- ( bayar Rp 10.000.000,- )
Check-in
tgl. 15 Mei
setelah jam 13.00, check-out tgl. 17 Mei 2016 jam 12.00
KONTAK KAMI
Informasi lebih lanjut dan pendaftaran
dapat menghubungi :
Phone :
021 –2201 2708, Fax : 021 -
2201 2708
Eny
0812 9543654 / Shinta 0852 8743 4424
Email
: ypmkperdhaki97@gmail.com
Rekening
:
CIMB Niaga no. 8001- 2816 -5200
atas nama PMK Perdhaki
FORMULIR PENDAFTARAN
PELATIHAN PENGELOLAAN LINEN
& LAUNDRY RS
SESUAI STANDAR AKREDITASI RS DAN SERTIFIKASI SYARI’AH
----------------------------------------------------------------------------------------------------------
Wisma
PGI Teuku Umar, Jln. Teuku Umar 17 Menteng – Jakarta Pusat
Instansi / RS :
...............................................................................................
Alamat : ..............................................................................................
Telpon / Fax :
................................... Fax .................................................
Email
: ..............................................................................................
Contact Person :
..............................................................................................
HP. .......................................................................................
Peserta : 1.
..........................................................................................
2. ..........................................................................................
3.
..........................................................................................
![https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRyqO06nzWzRm7mCZaKnIV2si3ZZndLk0UC6ZVysERs3kFzLePw](file:///C:\Users\server\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image002.gif)
............................................... 2016
( ...........................................................)
JADWAL KEGIATAN
WAKTU
|
MATERI
|
PEMBICARA
|
HARI I
|
|
|
08.00 – 08.15
|
Pembukaan
Workshop
|
Panitia
|
08.15 – 10.00
|
Manajemen Linen Rumah Sakit 1 :
Pengetahuan tentang
material Linen Rumah Sakit terkait dengan fungsi, estetika dan efisiensi
linen di Rumah Sakit.
1.
Latar belakang Linen Rumah Sakit.
2.
Material Linen Rumah Sakit: fungsi, estetika dan efisiensinya.
3.
Pemahaman uji tekstil di Balai Besar Tekstil dan
pemahaman Gramasi tekstil.
|
R. Heru Joko S.
|
10.00 – 10.15
|
REHAT
KOPI
|
|
10.15 – 12.00
|
Manajemen Linen Rumah Sakit 2 :
Merencanakan kebutuhan
linen rumah sakit sehingga tercukupi secara benar dan tepat, terkait dengan
investasi linen serta umur linen.
1.
Pembelian / pengadaan Linen yang efisien
2.
Menentukan Penyedia Linen yang tepat.
3.
Membuat After Sales Linen.
|
R. Heru Joko S.
|
12.00 – 13.00
|
ISHOMA
|
|
13.00 – 14.30
|
Manajemen Linen Rumah Sakit 3 :
Mengelola Linen secara
benar dan tepat terkait dengan pemakaian Linen oleh user serta tata cara
penyimpanan Linen yang tepat dan benar.
1.
Pemahaman Noda dengan Najis terkait Syari’ah.
2.
Pengelolaan Linen kotor dan bernoda / infeksius.
3.
Penyimpanan Linen oleh Laundry dan user.
|
R. Heru Joko S.
|
14.45 – 15.00
|
REHAT
KOPI
|
|
15.00 – 16.00
|
Managemen Linen Rumah
Sakit 4 :Unit cost Linen sebagai salah satu tolak ukur pembiayaan Linen Rumah
Sakit terkait dengan efisiensi dan efektifitas Anggaran Belanja Rumah Sakit
(ABRS).
1.
Menghitung kebutuhan Linen secara benar dan tepat.
2.
Menentukan parstok Linen yang benar dan efisien.
3. Unit Cost Linen Rumah Sakit.
|
R. Heru Joko S.
|
HARI II
|
|
|
08.00 – 09.30
|
Manajemen Laundry Rumah Sakit 1 :
Mempelajari tentang
efektifitas dan efisiensi mesin-mesin Laundry sehingga dapat mendukung
pengelolaan Linen Rumah Sakit, sesuai stándar Akreditasi RS dan JCI.
1.
Faktor yang berperan dalam Mesin Laundry Rumah Sakit.
2.
Beban biaya yang akan ditimbulkan oleh mesin-mesin Laundry.
|
R. Heru Joko S.
|
09.30 – 09.45
|
REHAT
KOPI
|
|
09.45 – 10.15
|
Manajemen Laundry Rumah Sakit 2 :
Mempelajari dan memahami
bahan baku proses pencucian dan kimia laundry yang digunakan saat pencucian,
dengan dasar laundry syari’ah :
1.
Bahan baku pencucian.
2.
Bahan kimia laundry sebagai pembersih noda / najis.
3.
Pemahaman antara Permenkes 1204/2004 dan Permenkes 382/2007 tentang
noda pada linen.
|
R. Heru Joko S.
|
10.15 – 12.15
|
Manajemen Laundry Rumah Sakit 3 :
Memahami serta
membandingkan Laundry Rumah Sakit Akreditasi Rumah Sakit KARS, JCI dan
Sertifikasi Rumah Sakit Syari’ah, dalam memberikan pelayanan prima pada
pasien.
1.
Jumlah umat Muslim yang mayoritas sehingga akan berdampak pada
pelayanan rumah sakit.
2.
Pemahaman tentang noda dan najis.
3.
Perbedaan laundry dan laundry syari’ah.
4.
Memberikan pelayanan yang benar pada pasien dan keluarga pasien dalam
kesucian beribadah.
|
R. Heru Joko S.
|
12.15 – 13.15
|
I S H O M A
|
|
13.15 – 14.30
|
Manajemen Laundry Rumah Sakit 4 :
Memahami
peraturan-peraturan MENKES dalam pengelolaan laundry rumah sakit terkait
dengan unit kerja lain di rumah sakit.
1.
Permenkes
1204 / 2004, Limbah Cair Laundry.
2.
Permenkes
1087 / 2010, APD Laundry Rumah Sakit.
3.
Permenkes
129 / 2008, KPI Laundry Rumah Sakit.
4.
Permenkes
382 / 2007, Inos Laundry Rumah Sakit.
|
R. Heru Joko S.
|
14.30 – 15.30
|
2.
Unit Cost
Linen dan Unit Cost Laundry sebagai beban biaya operasional linen di rumah
sakit.
|
R. Heru Joko S.
|
15.30 – 16.00
|
Penutupan dan
Pembagian Sertifikat
|
Panitia
|
No comments:
Post a Comment