Apr 19, 2016

PENGELOLAAN HOSPITAL APPAREL & HOSPITAL LAUNDRY



Pelatihan
  PENGELOLAAN  HOSPITAL  APPAREL  &
  HOSPITAL  LAUNDRY
    SESUAI  STANDAR AKREDITASI RUMAH SAKIT dan SERTIFIKASI SYARI’AH

    Senin – Selasa, 16 – 17 Mei  2016
    Wisma PGI Teuku Umar, Jln. Teuku Umar 17 Menteng – Jakarta Pusat




LATAR  BELAKANG

Persiapan rumah sakit dalam mencapai status akreditasi perlu didukung antara lain melalui pelatihan-pelatihan yang  memudahkan pengelola rumah sakit untuk dapat memenuhi standar akreditasi yang telah ditetapkan.
Berbekal pengalaman melakukan pelatihan baik exhouse maupun inhouse termasuk melalui workshop, YPMK PERDHAKI bekerjasama dengan narasumber berpengalaman akan menyelenggarakan Pelatihan Pengelolaan Laundry Rumah Sakit.

Rumah sakit sering melakukan out sourcing pengelolaan linen dan laundry dengan pihak ke 2 karena kemampuan pengelolaan yang kurang tepat dan study banding ke rumah sakit lain yang justru berbeda-beda (belum ada standar khusus dari Depkes ) ataupun tergiur harga murah tanpa memperhatikan hasil dan kualitas dari pihak outsourcing tersebut.  Seringnya terjadi lelang baik terbuka atau LPSE dengan spek yang diperkirakan sudah tepat namun ternyata hasil yang didapatkan justru tidak sesuai, ataupun pembuatan spek tender yang justru menjadikan pengadaan membeli salah ( tersesat di jalan yang benar ) oleh karena itu perlu dibuat perencanaan dan evaluasi yang baik guna menentukan kimia laundry, hospital apparel mesin-mesin laundry rumah sakit terbaik dengan memberikan after sales / purna jual yang menguntungkan pihak rumah sakit, hal tersebut akan menghasilkan efektifitas dan efisiensi di pihak rumah sakit.

Tolak ukur pelayanan dengan Key Performant Indicator / KPI dari penyedia barang ataupun rekanan ( outsourcing ), Untuk menjembatani itu semua maka kami akan menyelenggarakan training atau pelatihan tentang PENGELOLAAN HOSPITAL  APPAREL  DAN  HOSPITAL LAUNDRY, bagaimana kiat-kiatnya serta after sales service yang akan diterima dengan pihak ke-2 atau ke-3 serta dapat memenuhi persyaratan spesifik tertentu.

Dalam standar akreditasi rumah sakit, petugas Laundry termasuk dalam keanggotaan  Komite / Tim PPI RS.  Direktur rumah sakit membentuk Komite PPI serta Tim PPI. Komite PPI RS bertanggung jawab langsung kepada Direktur rumah sakit sedang Tim PPI bertanggung jawab langsung kepada Komite PPI.  Komite  PPI mengadakan koordinasi dengan unit-unit terkait dalam menyusun program PPI termasuk dengan unit kerja laundry.

Unit kerja laundry diawasi Komite PPI / Tim PPI, Tim K3RS dan Tim MUTU dan KESELAMATAN PASIEN.  Adapun dasar-dasar yang menjadi pedoman adalah :  Kepmenkes No. 1204/2004, Kepmenkes No.  382/2007, Kepmenkes  No.  129/2008,  Kepmenkes  No. 1087/2006 (K3RS)  serta PerMenLH No. 5/2014 (Baku mutu limbah cair RS)  juga PP No. 101/2014.( Limbah B3 ).

TUJUAN

Setelah pelatihan diharapkan peserta mampu  :

1.      Memahami Kepmenkes No. 1204/2004 dan Kepmenkes No. 382/2007 Linen Infeksius dan Linen Bernoda
2.      Memahami kemampuan material tekstil pada noda yang akan timbul di rumah sakit, sebagai salah satu faktor nosokomial dan hasil akhir dari CSSD Linen.
3.      Memilih material linen yang tepat guna dan tepat sasaran sesuai pemakaian.
4.      Mengetahui manfaat Uji Tekstil dan Gramasi Tekstil.
5.      Menghindari Kesalahan Pembelian Kimia Laundry yang tidak disadari.
6.      Menghindari Kesalahan dalam pembelian mesin-mesin Laundry RS.
7.      Menentukan Mesin cuci yg Efisien dan Efektif ( efisien belum tentu murah ).
8.      Membuat evaluasi secara tepat pada cost-cost yang timbul dalam mengelola laundry.
9.      Menghadapi Outsourcing dan menentukan outsourcing yang tepat.
10.    Menentukan Key Performance Indicator / KPI berhadapan dengan Mutu Pelayanan.
11.    Memanfaatkan kelebihan waktu opersional laundry untuk menerima laundry rumah sakit lain.
12.    Menjawab pertanyaan / Refleksi “Sudah benarkah Pengelolaan Linen dan Laundry Rumah Sakit saya ?

FASILITATOR

Rachmat Heru Joko Santosa
Fasilitator yang sudah berpengalaman di Bidang Pelatihan Linen Laundry

PESERTA

1.    Kepala PPI / Nosokomial RS
2.    Kepala Bagian / Manajer Linen & Laundry
3.    Kepala Keuangan / Manajemen RS ( penentu anggaran biaya / investasi linen dan laundry )
4.    Pihak Outsource Laundry RS
5.    Kepala Pengelolaan Limbah Cair / Kepala CSSD
6.    Kepala IPRS / Teknik RS
7.    Kepala K3 RS

MATERI

1.      Standarisasi Linen Rumah Sakit ( termasuk yang terkait Syari’ah).
2.      Standarisasi Kimia Laundry RS ( termasuk yang terkait Syari’ah).
3.      Standarisasi Peralatan Laundry RS ( termasuk yang terkait Syari’ah).
4.      Parstok Linen terkait investasi linen terkait INOS, MUTU dan K3 RS.
5.      Menentukan mesin laundry dan biaya yang akan ditimbulkan saat operasional.
6.      Membedakan dan menentukan outsourcing Laundry RS.
7.      Membuat perhitungan Demage and Lost serta KPI laundry RS.

METODE

Ceramah, Tanya jawab , dan Diskusi.

TEMPAT  DAN  WAKTU  PELATIHAN

Pelatihan dilaksanakan selama 2 hari kerja,
Tempat    :  Wisma PGI Teuku Umar
                    Jln. Teuku Umar 17, Menteng – Jakarta Pusat
Waktu      :  Senin – Selasa,  16 – 17 Mei  2016

INVESTASI

Rp. 4.000.000,- /orang,  sudah termasuk :
-  Penginapan 2 malam, makan 3 kali sehari dan snack 2 kali
-  Seminar Kit  dan Sertifikat

Early bird  Rp 3.500.000,-  bagi peserta yang mendaftar di bulan April 2016
Mendaftar 3 peserta discount Rp 500.000,-  ( bayar Rp 10.000.000,- )

Check-in tgl. 15 Mei setelah jam 13.00, check-out tgl. 17 Mei 2016 jam 12.00



KONTAK  KAMI
Informasi lebih lanjut dan pendaftaran dapat menghubungi  :

Phone             :   021 –2201 2708, Fax  :  021 -  2201 2708
                Eny 0812 9543654 / Shinta 0852 8743 4424
Email              :   ypmkperdhaki97@gmail.com
Rekening         :   CIMB Niaga no. 8001- 2816 -5200
                             atas nama  PMK  Perdhaki

FORMULIR  PENDAFTARAN

 PELATIHAN PENGELOLAAN LINEN & LAUNDRY  RS
SESUAI STANDAR AKREDITASI RS DAN SERTIFIKASI SYARI’AH
----------------------------------------------------------------------------------------------------------
Wisma PGI Teuku Umar, Jln. Teuku Umar 17 Menteng – Jakarta Pusat

Instansi / RS             :  ...............................................................................................
Alamat                      :   ..............................................................................................
Telpon / Fax             :   ................................... Fax   .................................................
Email                        :   ..............................................................................................
Contact Person        :   ..............................................................................................
                                     HP. .......................................................................................

Peserta                     :  1.  ..........................................................................................
                                    2.  ..........................................................................................
                                    3.  ..........................................................................................

https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRyqO06nzWzRm7mCZaKnIV2si3ZZndLk0UC6ZVysERs3kFzLePw
                         ...............................................     2016
                                                           


                         ( ...........................................................)



JADWAL KEGIATAN

WAKTU
MATERI
PEMBICARA
HARI   I


08.00 – 08.15
Pembukaan Workshop
Panitia

08.15 – 10.00

Manajemen Linen Rumah Sakit 1 :
Pengetahuan tentang material Linen Rumah Sakit terkait dengan fungsi, estetika dan efisiensi linen di Rumah Sakit.
1.      Latar belakang Linen Rumah Sakit.
2.      Material Linen Rumah Sakit:  fungsi, estetika dan efisiensinya.
3.      Pemahaman uji tekstil di Balai Besar Tekstil dan pemahaman Gramasi tekstil.

R. Heru Joko S.
10.00 – 10.15
REHAT  KOPI

10.15 – 12.00
Manajemen Linen Rumah Sakit 2 :
Merencanakan kebutuhan linen rumah sakit sehingga tercukupi secara benar dan tepat, terkait dengan investasi linen serta umur linen.
1.     Pembelian / pengadaan Linen yang efisien
2.     Menentukan Penyedia Linen yang tepat.
3.     Membuat After Sales Linen.

R. Heru Joko S.
12.00 – 13.00
ISHOMA

13.00 – 14.30
Manajemen Linen Rumah Sakit 3 :
Mengelola Linen secara benar dan tepat terkait dengan pemakaian Linen oleh user serta tata cara penyimpanan Linen yang tepat dan benar.
1.     Pemahaman Noda dengan Najis terkait Syari’ah.
2.     Pengelolaan Linen kotor dan bernoda / infeksius.
3.     Penyimpanan Linen oleh Laundry dan user.

R. Heru Joko S.
14.45 – 15.00
REHAT  KOPI

15.00 – 16.00
Managemen Linen Rumah Sakit 4 :Unit cost Linen sebagai salah satu tolak ukur pembiayaan Linen Rumah Sakit terkait dengan efisiensi dan efektifitas Anggaran Belanja Rumah Sakit (ABRS).
1.     Menghitung kebutuhan Linen secara benar dan tepat.
2.     Menentukan parstok Linen yang benar dan efisien.
3.     Unit Cost Linen Rumah Sakit.


R. Heru Joko S.

HARI   II


08.00 – 09.30
Manajemen Laundry Rumah Sakit 1 :
Mempelajari tentang efektifitas dan efisiensi mesin-mesin Laundry sehingga dapat mendukung pengelolaan Linen Rumah Sakit, sesuai stándar Akreditasi RS dan JCI.
1.      Faktor yang berperan dalam Mesin Laundry Rumah Sakit.
2.      Beban biaya yang akan ditimbulkan oleh mesin-mesin Laundry.


R. Heru Joko S.
09.30 – 09.45
REHAT  KOPI

09.45 – 10.15
Manajemen Laundry Rumah Sakit 2 :
Mempelajari dan memahami bahan baku proses pencucian dan kimia laundry yang digunakan saat pencucian, dengan dasar laundry syari’ah :
1.      Bahan baku pencucian.
2.      Bahan kimia laundry sebagai pembersih noda / najis.
3.      Pemahaman antara Permenkes 1204/2004 dan Permenkes 382/2007 tentang noda pada linen.


R. Heru Joko S.
10.15 – 12.15
Manajemen Laundry Rumah Sakit 3 :
Memahami serta membandingkan Laundry Rumah Sakit Akreditasi Rumah Sakit KARS, JCI dan Sertifikasi Rumah Sakit Syari’ah, dalam memberikan pelayanan prima pada pasien.
1.     Jumlah umat Muslim yang mayoritas sehingga akan berdampak pada pelayanan rumah sakit.
2.     Pemahaman tentang noda dan najis.
3.     Perbedaan laundry dan laundry syari’ah.
4.     Memberikan pelayanan yang benar pada pasien dan keluarga pasien dalam kesucian beribadah.


R. Heru Joko S.
12.15 – 13.15
I S H O M A

13.15 – 14.30
Manajemen Laundry Rumah Sakit 4 :
Memahami peraturan-peraturan MENKES dalam pengelolaan laundry rumah sakit terkait dengan unit kerja lain di rumah sakit.
1.      Permenkes 1204 / 2004, Limbah Cair Laundry.
2.      Permenkes 1087 / 2010, APD Laundry Rumah Sakit.
3.      Permenkes 129 / 2008, KPI Laundry Rumah Sakit.
4.      Permenkes 382 / 2007, Inos Laundry Rumah Sakit.


R. Heru Joko S.
14.30 – 15.30
Manajemen Laundry Rumah Sakit 5 :
Memperhitungkan unit cost Laundry Rumah Sakit.
1.     Komponen Unit Cost Laundry Rumah Sakit
2.     Unit Cost Linen dan Unit Cost Laundry sebagai beban biaya operasional linen di rumah sakit.


R. Heru Joko S.
15.30 – 16.00
Penutupan dan Pembagian Sertifikat
Panitia




No comments:

Post a Comment