Apr 6, 2009

Pelatihan ICU dan NICU

Yayasan Pengembangan dan Manajemen Kesehatan Perdhaki


bekerjasama dengan


Direktorat Jenderal Bina Pelayanan Medik
Departemen Kesehatan RI



PELATIHAN

MANAJEMEN ICU DAN NICU DI RUMAH SAKIT
ANGKATAN I : 4 - 6 MEI 2009
ANGKATAN II : 18 - 20 MEI 2009

Dari waktu ke waktu keberadaan institusi rumah sakit semakin dituntut untuk memberikan pelayanan prima dalam bidang kesehatan kepada masyarakat. Hal ini sejalan dengan semakin ketatnya kompetisi sektor rumah sakit seiring dengan peningkatan kesadaran dan tuntutan klien terhadap kualitas pelayanan rumah sakit.

Disatu sisi bertambahnya jumlah rumah sakit menyebabkan setiap rumah sakit dituntut untuk memiliki pelayanan yang berkualitas. Tingkat keberhasilan rumah sakit sangat tergantung antara lain efisiensi, efektivitas pelayanan, kemudahan, kecepatan, kemuktahiran peralatan, kenyamanan dan keamanan pasien (patient safety).

Salah satu unit kesehatan yang sangat diperlukan adalah pelayanan ICU (Intensive Care Unit). Saat ini pelayanan ICU tidak terbatas hanya untuk menangani pasien pasca bedah tetapi meliputi berbagai jenis pasien dewasa, anak, yang mengalami lebih dari satu disfungsi / gagal organ. Meskipun secara umum ICU dan NICU memiliki keterbatasan dalam jumlah tempat tidur, namun demikian harus memiliki sumber daya manusia (dokter dan perawat yang terlatih) serta mampu mengelola dengan maksimal, karena tidak dipungkiri bahwa diruangan ICU dan NICU ini memerlukan dana yang cukup tinggi untuk pengelolaannya.

Melalui pelatihan manajemen ICU dan NICU di rumah sakit, diharapkan peserta mengetahui pengelolaan ICU dan NICU yang sesuai standar dan mengikuti perkembangan yang terbaru. Dengan pengelolaan yang sesuai standar mutu pelayanan di ICU dan NICU dapat meningkat sehingga kualitas dan citra rumah sakit semakin baik.


Tujuan

Tujuan Umum :
Setelah selesai pelatihan peserta mampu mengelola pelayanan ICU dan NICU di rumah sakit secara tepat sesuai standar umum.

Tujuan Khusus :

Setelah selesai pelatihan, peserta mampu :
  1. Membandingkan pelayanan instalasi ICU dan NICU yang sudah ada di rumah sakit masing-masing dengan standar atau pedoman
  2. Merencanakan perbaikan/peningkatan serta menyelenggarakan pelayanan instalasi ICU dan NICU di rumah sakit sesuai dengan standar mutu
  3. Memonitor dan mengevaluasi kesesuaian pelayanan instalasi ICU dan NICU di rumah sakit sesuai dengan standar mutu
  4. Mampu mempersiapkan akreditasi di layanan ICU dan NICU di rumah sakit.

Materi


1. Peran dan Kebijakan Dep. Kes. RI dalam Peningkatan Mutu Pelayanan ICU dan NICU di Rumah Sakit
oleh : Direktur Bina Pelayanan Medik Spesialistik Dep. Kes. RI

2. a. Standar Layanan NICU di RS, dengan topik :
- Pengorganisasian SDM
- Prosedur layanan
- Kompetensi SDM
- Fasilitas sarana dan prasarana
- Pembiayaan (penghitungan unit cost)
- Sistem pencatatan dan pelaporan

b. Patient Safety

c. Pengembangan Asuhan Keperawatan di NICU
oleh : Tim Pengendalian Infeksi di Ruang NICU RSUP Dr. Cipto Mangunkusumo - Jakarta

3. a. Standar Layanan ICU di RS, dengan topik :
- Pengorganisasian SDM
- Prosedur layanan-Kompetensi SDM
- Fasilitas sarana dan prasarana
- Pembiayaan (penghitungan unit cost)
- Sistem pencatatan dan pelaporan

b. Clinical Risk Management
oleh : Prof. DR. Dr. H. Eddy Rahardjo, Sp.An,KIC

4. K3 (Manajemen Limbah)
oleh : Dr. Untung Suseno, MKes

5. Asuhan Keperawatan di ICU Rumah Sakit
oleh : Ns. Rita Sekarsari, SKp, CVAN, HMSM (Ketua Komite Keperawatan RS Jantung & Pembuluh Darah Harapan Kita - Jakarta)

6. Persiapan Akreditasi ICU dan NICU di RS, dengan topik : Layanan Medik dan Keperawatan
oleh : Tim KARS

7. Aspek Medicolegal dalam Layanan ICU dan NICU di RS
oleh : Prof. Dr. Budi Sampurna, SH, Sp.KP, Sp.F(K)

Nara Sumber
  1. Direktur Bina Pelayanan Medik Spesialistik Dep.Kes. RI
  2. Tim Pengendalian Infeksi di Ruang NICU
  3. RSUP dr. Cipto Mangunkusumo - Jakarta
  4. Prof. Dr. dr. H. Eddy Rahardjo, SpAn, KIC
  5. dr. Untung Suseno, MKes
  6. Ns. Rita Sekarsari, SKp., CVAN, HMSM
  7. Tim KARS
  8. Prof. Dr. Budi Sampurna, SH, SpKP, SpF(K)

Peserta
  • Direktur RS
  • Direktur Medik RS
  • Komite Medik RS
  • Kepala Instalasi ICU dan NICU RS
  • SMF ICU dan NICU
  • Kepala Perawat / Perawat ICU dan NICU
  • Petugas Instalasi terhadap ICU dan NICU RS
* Jumlah peserta dibatasi 35 - 40 orang / angkatan


Waktu

Angkatan I :
Senin - Rabu, 4 - 6 Mei 2009 (3 hari)
Angkatan II :
Senin - Rabu, 18 - 20 Mei 2009 (3 hari)



Tempat

Hotel ACACIA Jakarta
Jl. Kramat Raya No. 81
Jakarta Pusat



Informasi dan Pendaftaran

Biaya Pelatihan : Rp. 3.750.000,- per orang(tidak termasuk penginapan)
Biaya tersebut sudah termasuk :
Seminar Kit, Makalah & CD Makalah, Sertifikat, 3 x Makan Siang, 6 x Snack

Untuk peserta yang ingin menginap di Hotel Acacia, biaya penginapan sebesar Rp. 500.000,- / kamar / malam (1 kamar untuk 2 orang) Pendaftaran paling lambat tanggal 27 April 2009, dengan mengirimkan Formulir Pendaftaran disertai fotocopy bukti transfer ke :

YPMK Perdhaki u.p. Nuning / Ritta / Tina
Jl. Kramat VI /11, Jakarta 10430
Tel. (021) 392 6712 - 392 0250 - 391 4843
Fax. (021) 392 0250 - 392 6712
e-mail : ypmk_perdhaki@yahoo.com
blog : www.ypmkperdhaki.blogspot.com

Pendaftaran setiap hari kerja : Senin - Jumat, Jam 08.30 - 15.00 wib

Pendaftaran VIA SMS :
0813 8273 5914 (Sonya Haryani, SKM)
0852 8743 4424 ( Nuning / Rita )
0813 8505 8845 (Ritta, S.Sos)



Biaya dikirim melalui:

BANK CIMB NIAGA Jl. Cikini Raya 71 A, Jakarta
no. rek. : 908-01-00015-00-9 a.n. PMK Perdhaki



PELINDUNG & PENASEHAT

dr. Farid W. Husain, SpB(K)
Direktur Jenderal Bina Pelayanan Medik Dep. Kes. RI

dr. H. K. Mohammad Akib, SpRad, MARS
Direktur Bina Pelayanan Medik Spesialistik Dep. Kes. RI

Drs. FX. Soemodarsono
Badan Pengurus YPMK Perdhaki

dr. Untung Suseno Sutarjo, MKes
Ketua PDMMI


SUSUNAN PANITIA

Ketua : dr. Suginarti, MKes
Ka. Subdit Bina Akreditasi Sarana Kesehatan

Wakil Ketua : dr. Paulus Kangean, MSc
Direktur YPMK Perdhaki

Sekretaris :
dr. Ira Melati
Christina Setyaningsih

Bendahara :
drg. Enizar & Eny Susatyo

Seksi Ilmiah :
drg. Yusi Sulistianti, MKM
dr. Halimahtus Sadiah
dr. Dwi Novitasari
Sonya Haryani, SKM

Seksi Peralatan
& Perlengkapan :
Agustina
Margaretha Yudayani
Ritta, S.Sos

No comments:

Post a Comment