PELATIHAN
PENGGUNAAN DARAH YANG RASIONAL BAGI PENGGUNA DARAH( Dokter, Perawat, Tenaga Analis )DI RUMAH SAKIT
23 - 24 JULI 2009
PENGGUNAAN DARAH YANG RASIONAL BAGI PENGGUNA DARAH( Dokter, Perawat, Tenaga Analis )DI RUMAH SAKIT
23 - 24 JULI 2009
Unit Transfusi Darah – Palang Merah Indonesia merupakan unit yang melaksanakan Upaya Kesehatan Transfusi Darah ( UKTD ) di Indonesia berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 18/1980 dan Surat Keputusan Menteri Kesehatan RI No. 478/1990. Tujuan utama dari UKTD adalah terpenuhinya kebutuhan darah yang aman, bermutu dan tepat waktu untuk transfusi.
Keamanan darah juga menjadi salah satu hal yang mendapat perhatian dari WHO. Salah satu upaya untuk mendapatkan darah yang aman bagi transfusi adalah melaksanakan uji saring darah donor terhadap penyakit yang dapat ditularkan melalui transfusi, seperti sifilis, hepatitis B, HIV dan hepatitis C dan melakukan uji saring golongan darah.
Selain keamanan darah, hal lain yang juga menjadi perhatian adalah penggunaan darah yang rasional oleh para klinisi dan persiapan pelaksanaan transfusi darah oleh para petugas dan perawat Rumah Sakit.
Sampai saat ini masih banyak klinisi yang belum menyadari penggunaan darah transfusi yang tepat serta masih kurangnya pengetahuan para petugas dan perawat Rumah sakit mengenai pelayanan Transfusi darah.
Beberapa contoh kasus yang sampai saat ini masih terjadi adalah:
Semua kasus transfusi masih ditangani dengan pemberian darah lengkap, bukan komponen darah
Masih banyak pemesanan jumlah kantong darah tidak sesuai dengan yang dibutuhkan
Kurangnya pemahaman para perawat menangani darah sebelum pelaksanaan transfusi
Kurangnya pemahaman para petugas bangsal dalam penanganan sampel darah untuk transfusi darah
Peningkatan kesadaran klinisi dan para petugas/perawat RS dalam penggunaan komponen darah yang rasional akan meningkatkan mutu dan efisiensi pelayanan transfusi darah di Rumah sakit.
Tujuan Umum
Tercapainya pelayanan darah yang berkualitas
Tujuan Khusus
MATERI
NARA SUMBER
Tim Pengajar UTD PMI Pusat dan Praktisi Pengguna Darah di RS :
08.00-08.30 Pendaftaran Ulang
08.30-09.00 Pembukaan
09.00-09.20 Rehat kopi
09.20-10.20 Kebijakan Pelayanan Darah di Indonesia
10.20-10.50 Komite Transfusi Darah RS
10.50-11.20 Fungsi dan Tugas UTD dan BDRS
11.20-12.20 Persiapan Pelaksanaan Transfusi Darah
12.20-13.20 Istirahat dan Makan Siang
13.20-14.20 Perubahan Biokimia pada Darah Simpan
14.20-15.20 Proses penyumbangan stem cell
15.20-15.40 Rehat kopi
15.40-16.40 Pengambilan darah Aferesis
Hari II, 24 Juli 2009
08.00-09.00 Transfusi Autologus
09.00-10.00 Transfusi darah pada AIHA dan HDN
10.00-10.30 Rehat kopi
10.30-11.30 Transfusi darah pada kasus penyakit dalam
11.30-12.30 Transfusi darah pada kasus anak
12.30-13.30 Transfusi darah pada kasus kebidanan
13.30-14.30 Makan siang
14.30-15.30 Transfusi darah pada kasus bedah
15.30-16.30 Transfusi darah pada kasus gawat darurat
16.30-17.00 Rehat kopi
17.00-17.30 Penutupan
08.00 - 17.00 wib
Jl. Kramat VI No. 7
Jakarta Pusat 10430
Keamanan darah juga menjadi salah satu hal yang mendapat perhatian dari WHO. Salah satu upaya untuk mendapatkan darah yang aman bagi transfusi adalah melaksanakan uji saring darah donor terhadap penyakit yang dapat ditularkan melalui transfusi, seperti sifilis, hepatitis B, HIV dan hepatitis C dan melakukan uji saring golongan darah.
Selain keamanan darah, hal lain yang juga menjadi perhatian adalah penggunaan darah yang rasional oleh para klinisi dan persiapan pelaksanaan transfusi darah oleh para petugas dan perawat Rumah Sakit.
Sampai saat ini masih banyak klinisi yang belum menyadari penggunaan darah transfusi yang tepat serta masih kurangnya pengetahuan para petugas dan perawat Rumah sakit mengenai pelayanan Transfusi darah.
Beberapa contoh kasus yang sampai saat ini masih terjadi adalah:
Semua kasus transfusi masih ditangani dengan pemberian darah lengkap, bukan komponen darah
Masih banyak pemesanan jumlah kantong darah tidak sesuai dengan yang dibutuhkan
Kurangnya pemahaman para perawat menangani darah sebelum pelaksanaan transfusi
Kurangnya pemahaman para petugas bangsal dalam penanganan sampel darah untuk transfusi darah
Peningkatan kesadaran klinisi dan para petugas/perawat RS dalam penggunaan komponen darah yang rasional akan meningkatkan mutu dan efisiensi pelayanan transfusi darah di Rumah sakit.
TUJUAN
Tujuan Umum
Tercapainya pelayanan darah yang berkualitas
Tujuan Khusus
- Meningkatnya kesadaran para klinisi RS dalam menggunakan darah secara rasional
- Meningkatnya pemahaman para petugas/perawat RS dalam menangani pelayanan transfusi darah di RS
MATERI
- Handout Clinical Use of Blood dari WHO
- Modul Pelatihan UTD PMI Pusat
NARA SUMBER
Tim Pengajar UTD PMI Pusat dan Praktisi Pengguna Darah di RS :
- Dr. Yuyun Soedarmono, Msc
- Dr. Ria Syafitri, M. Biomedik
- Dr. Auda S.Aziz
- Dr. Saptuti Ch
- Dr. Sukantini
- Dr. Ellyani
- Dr. Djumhana, KHOM, SpPD
- Dr. Ali Sungkar, SpOG
JADUAL
Hari I, 23 Juli 200908.00-08.30 Pendaftaran Ulang
08.30-09.00 Pembukaan
09.00-09.20 Rehat kopi
09.20-10.20 Kebijakan Pelayanan Darah di Indonesia
10.20-10.50 Komite Transfusi Darah RS
10.50-11.20 Fungsi dan Tugas UTD dan BDRS
11.20-12.20 Persiapan Pelaksanaan Transfusi Darah
12.20-13.20 Istirahat dan Makan Siang
13.20-14.20 Perubahan Biokimia pada Darah Simpan
14.20-15.20 Proses penyumbangan stem cell
15.20-15.40 Rehat kopi
15.40-16.40 Pengambilan darah Aferesis
Hari II, 24 Juli 2009
08.00-09.00 Transfusi Autologus
09.00-10.00 Transfusi darah pada AIHA dan HDN
10.00-10.30 Rehat kopi
10.30-11.30 Transfusi darah pada kasus penyakit dalam
11.30-12.30 Transfusi darah pada kasus anak
12.30-13.30 Transfusi darah pada kasus kebidanan
13.30-14.30 Makan siang
14.30-15.30 Transfusi darah pada kasus bedah
15.30-16.30 Transfusi darah pada kasus gawat darurat
16.30-17.00 Rehat kopi
17.00-17.30 Penutupan
PESERTA
Para Dokter, Perawat dan Tenaga Kesehatan Pengguna Darah :- Dokter di Bank Darah
- Dokter Spesialis
- Dokter IGD
- Dokter di Kamar Bedah
- Dokter di Ruangan
- Kepala Instalasi Laboratorium
- Analis di Laboratorium
- Perawat
WAKTU
Kamis - Jumat, 23 - 24 Juli 200908.00 - 17.00 wib
TEMPAT
Wisma PerdhakiJl. Kramat VI No. 7
Jakarta Pusat 10430
BIAYA :Rp.3.000.000,-
INFORMASI DAN PENDAFTARAN
YPMK Perdhaki u.p. Ritta / Nuning / Tina
Jl. Kramat VI / 11, Jakarta 10430
Tel. (021) 392 6712 - 392 0250 - 391 4843
Fax. (021) 392 0250 - 392 6712
e-mail : ypmk_perdhaki@yahoo.com
blog : www.ypmkperdhaki.blogspot.com
Pendaftaran setiap hari kerja : Senin - Jumat, Jam 08.30 - 15.00 wib
Pendaftaran VIA SMS : 0852 87434424 (Nuning/Rita) atau 0813 999 36536 (Ani)
BIAYA DIKIRIM MELALUI :
BANK CIMB NIAGA Jl. Cikini Raya 71 A, Jakarta
no. rek. : 908-01-00015-00-9 a.n. PMK Perdhaki
No comments:
Post a Comment