Pelatihan
RENCANA STRATEGIS DAN
RENCANA BISNIS RUMAH SAKIT
( KONSEP & SHARING PENGALAMAN
IMPLEMENTASI DI RS SANTA MARIA PEKANBARU
)
KAMIS
– JUMAT, 16 – 17 APRIL 2015
HOTEL IBIS
JAKARTA SENEN
Jln. Kramat Raya 100, Jakarta Pusat
Diselenggarakan Oleh:
YPMK Perdhaki
Komplek Perkantoran MITRA MATRAMAN B-20
Jln.
Matraman Raya no. 148, Jakarta Timur 13150
Phone
(+62 21) 8590 8034, 8590 8035
Fax:
(+62 21) 8591 8166
Email:
LATAR BELAKANG
Organisasi
pelayanan kesehatan termasuk rumah sakit secara berlanjut dihadapkan tantangan
perkembangan dan perubahan perekonomian nasional yang turbulen dan konstan,
perubahan regulasi layanan kesehatan oleh otoritas, kelangkaan tenaga kesehatan
yang kompeten, bagaimana meningkatkan pendapatan dan mengelola pengeluaran dan
keharusan memenuhi standar keselamatan pasien, menjamin peningkatan mutu dan
kinerja serta pengendalian biaya (cost containment).
Untuk
bisa mengendalikan tekanan ini, rumah sakit dan rantai pendukungnya perlu
mengembangkan strategi yang tepat, dapat mengimplementasikannya dan melakukan evaluasi dan monitoring serta dapat
mengukur tingkat pencapaian kinerjanya agar dapat bertahan mewujudkan visi dan
misi organisasinya. Hal yang sering diabaikan namun penting dilakukan adalah
bagaimana mengkomunikasikan, memonitor dan memperbaiki strategi secara
berlanjut agar rumah sakit dapat beradaptasi dengan arus perubahan.
Banyak
pelaku pelayanan kesehatan terperangkap pada sistem pelaporan keuangan yang
hanya menggambarkan kinerja masa lalu namun tidak melihat bagaimana berupaya
untuk terus berkembang di masa depan. Disini letak titik kritisnya karena
sistem pelaporan keuangan tidak menggambarkan secara utuh posisi mereka dalam
kompetisi pasar layanan kesehatan dan apakah perkembangan rumah sakit sudah
searah dengan tujuan dan sasarannya. Untuk itu diperlukan adanya suatu rencana
strategis dan rencana bisnis yang didukung suatu sistem pengukiran kinerja yang
obyektif.
Pengambil
keputusan dapat lebih baik memonitor kinerja jika mereka menerima laporan
kinerja yang relevan secara akurat, tepat waktu dari unit2 kerjanya.Seperti
layaknya suatu organisasi berorientasi bisnis tanpa mengabaikan fungsi
sosialnya, maka rumah sakit diwajibkan memiliki rencana strategis dan rencana
bisnis sebagai dokumen perencanaan suatu rumah sakit. Rencana bisnis paling
tidak menyangkut Marketing Plan, Production Plan, Financial Plan dan Human
Resources Plan dimana setiap unit memiliki Strategic Action Plan,
implementation plan danannual plan serta accountability
system(performance monitoring system). Rencana bisnis rumah sakit perlu menekankan tiga hal penting yaitu kemana rumah sakit akan
menuju, dimana posisi sekarang dan bagaimana cara rumah sakit akan mencapai
tujuan organisasi dari posisi yang saat
ini.
Di era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), kewajiban
menerapkan dan memenuhi standar akreditasi rumah sakit versi 2012 dan memasuki
Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), rumah sakit dituntut untuk lebih siap dalam
menghadapi perkembangan ini dengan menerapkan pola perencanaan yang mendukung
tata kelola rumah sakit dan tata kelola klinis yang lebih baik agar dapat mengawal
perjalanannya di era yang semakin kompetitif.
Menghadapi tantangan yang dihadapi oleh rumah
sakit, kegiatan yang difasilitasi oleh YPMK Perdhaki ini menawarkan
workshop tentang konsep rencana
strategis dan rencana bisnis rumah sakit dan berbagi pengalaman tentang
implementasinya oleh RS St. Maria Pekanbaru kepada peserta workshop.
TUJUAN
TUJUAN
UMUM:
Meningkatkan pemahaman dan sharing pengalaman tentang konsep Rencana
Strategis dan Rencana Bisnis dan implementasinya menghadapi era globalisasi, JKN,
Akreditasi RS.
TUJUAN KHUSUS
1.
Agar
peserta memahami konsep Rencana Strategis dan
Rencana Bisnis RS.
2. Agar peserta mampu menyusun Marketing
Plan, Production Plan, Financial Plan dan Human Resources Plan.
3. Agar peserta mendapat masukan tentang
pengalaman RS St Maria tentang implementasi rencana strategis dan rencana
bisnis.
4. Agar RS mampu mengembangkan rencana
strategis dan rencana bisnis sesuai dengan karakteristik pasar layanan
kesehatannya.
MATERI
1. Mengenal
Konsep dan Alur Rencana Strategis RS
2. Mengenal
Konsep Rencana Bisnis RS dan posisinya pada Renstra RS
3. Mengenal
Balance Scorecard berikut Alat Ukur lain yang digunakan pada Rencana Strategis
RS.
4. Mengelola
Sasaran Strategis pada Balance Scorecard
5. Mengidentifikasi
KPI pada Pengembangan Balance Scorecard
6. Pengembangan Roadmap Balance Scorecard
organisasi
7. Integrasi
Scorecard Rumah Sakit (corporate) dan Scorecard Bagian/Divisi dalam organisasi
RS
8.
Implementasi
Manajemen Strategis di Rumah
Sakit Santa Maria
Pekanbaru
9. Contoh Implementasi Manajemen
Strategis dalam Perspektif
Proses Bisnis / Intern; Penerapan
Formularium
10. Contoh Implementasi Manajemen
Strategis dalam Perspektif Pembelajaran
dan Pertumbuhan; Peningkatan Komitmen
Personel Melalui
Sistem Remunerasi
11. Contoh Implementasi Manajemen
Strategis dalam Perspektif Pelanggan; Pengembangan Rumah
Sakit.
12.
Sharing pengalaman RS Santa Maria Pekanbaru dalam persiapan dan implementasi Akreditasi RS
versi 2012.
NARASUMBER
1. Dr. Arifin Widjaya (Direktur RS Santa Maria Pekanbaru)
RS Santa Maria Pekanbaru telah lulus Akreditasi Rumah
Sakit versi 2012 dengan pencapaian tingkat paripurna (Bintang Lima) pada
tanggal 11 Desember 2012. RS Santa Maria Pekanbaru merupakan
RS pertama di luar Jabotabek dan RS anggota Perdhaki pertama yang memperoleh
sertifikat tersebut.
2. Dicky Dewanto Tjatur Rahardjo, SKM., MARS (konsultan
RS)
PESERTA
1. Pemilik RS dan Dewan Pengawas RS
2. Direksi
RS dan Manajer RS yang berperan untuk meningkatkan produktivitas dan profitabilitas
bisnis rumah sakit,
3.
Kepala Divisi, Bagian,
Instalasi RS
WAKTU DAN TEMPAT
Hari/Tanggal : Kamis – Jumat, 16-17 April 2015
Tempat : Hotel
IBIS Jakarta Senen
Jln. Kramat Raya 100 –
Jakarta Pusat
INVESTASI
Rp 4.000.000,- / peserta, sudah termasuk :
·
Sertifikat
·
Penginapan
2 malam ( 15 – 16 April ) 1 kamar untuk 2 orang
·
Makan
2 kali dan snack 2 kali sehari
·
Seminar
Kit
Bagi yang tidak menginap dipotong Rp 500.000,-/org
KONTAK KAMI
Informasi
lebih lanjut dan pendaftaran dapat menghubungi
:
Phone :
021 - 8590 8034, 8590 8035, Fax : 021 -
8591 8166
Shinta 0852 874 344 24, Eny 0812 9543654
Email : ypmkperdhaki97@gmail.com
Rekening :
CIMB Niaga no. 908-01-00015-00-9
atas nama PMK
Perdhaki
No comments:
Post a Comment