Mar 9, 2015

RENCANA STRATEGIS DAN RENCANA BISNIS RUMAH SAKIT ( KONSEP & SHARING PENGALAMAN IMPLEMENTASI DI RS SANTA MARIA PEKANBARU )



Pelatihan
RENCANA STRATEGIS  DAN
RENCANA BISNIS RUMAH SAKIT
( KONSEP & SHARING PENGALAMAN IMPLEMENTASI  DI RS SANTA MARIA PEKANBARU )

KAMIS  – JUMAT, 16 – 17  APRIL  2015
HOTEL  IBIS  JAKARTA SENEN
Jln.  Kramat Raya 100, Jakarta Pusat


Diselenggarakan Oleh:
YPMK  Perdhaki
Komplek Perkantoran MITRA MATRAMAN B-20
Jln. Matraman Raya no. 148, Jakarta Timur 13150
Phone (+62 21) 8590 8034, 8590 8035
Fax: (+62 21) 8591 8166
Email:


LATAR BELAKANG

Organisasi pelayanan kesehatan termasuk rumah sakit secara berlanjut dihadapkan tantangan perkembangan dan perubahan perekonomian nasional yang turbulen dan konstan, perubahan regulasi layanan kesehatan oleh otoritas, kelangkaan tenaga kesehatan yang kompeten, bagaimana meningkatkan pendapatan dan mengelola pengeluaran dan keharusan memenuhi standar keselamatan pasien, menjamin peningkatan mutu dan kinerja serta pengendalian biaya (cost containment).

Untuk bisa mengendalikan tekanan ini, rumah sakit dan rantai pendukungnya perlu mengembangkan strategi yang tepat, dapat mengimplementasikannya dan  melakukan evaluasi dan monitoring serta dapat mengukur tingkat pencapaian kinerjanya agar dapat bertahan mewujudkan visi dan misi organisasinya. Hal yang sering diabaikan namun penting dilakukan adalah bagaimana mengkomunikasikan, memonitor dan memperbaiki strategi secara berlanjut agar rumah sakit dapat beradaptasi dengan arus perubahan.

Banyak pelaku pelayanan kesehatan terperangkap pada sistem pelaporan keuangan yang hanya menggambarkan kinerja masa lalu namun tidak melihat bagaimana berupaya untuk terus berkembang di masa depan. Disini letak titik kritisnya karena sistem pelaporan keuangan tidak menggambarkan secara utuh posisi mereka dalam kompetisi pasar layanan kesehatan dan apakah perkembangan rumah sakit sudah searah dengan tujuan dan sasarannya. Untuk itu diperlukan adanya suatu rencana strategis dan rencana bisnis yang didukung suatu sistem pengukiran kinerja yang obyektif.

Pengambil keputusan dapat lebih baik memonitor kinerja jika mereka menerima laporan kinerja yang relevan secara akurat, tepat waktu dari unit2 kerjanya.Seperti layaknya suatu organisasi berorientasi bisnis tanpa mengabaikan fungsi sosialnya, maka rumah sakit diwajibkan memiliki rencana strategis dan rencana bisnis sebagai dokumen perencanaan suatu rumah sakit. Rencana bisnis paling tidak menyangkut Marketing Plan, Production Plan, Financial Plan dan Human Resources Plan dimana setiap unit memiliki Strategic Action Plan, implementation plan danannual plan serta accountability system(performance monitoring system). Rencana bisnis rumah sakit perlu menekankan tiga hal penting yaitu kemana rumah sakit akan menuju, dimana posisi sekarang dan bagaimana cara rumah sakit akan mencapai tujuan organisasi  dari posisi yang saat ini.

Di era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), kewajiban menerapkan dan memenuhi standar akreditasi rumah sakit versi 2012 dan memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), rumah sakit dituntut untuk lebih siap dalam menghadapi perkembangan ini dengan menerapkan pola perencanaan yang mendukung tata kelola rumah sakit dan tata kelola klinis yang lebih baik agar dapat mengawal perjalanannya di era yang semakin kompetitif.

Menghadapi tantangan yang dihadapi oleh rumah sakit, kegiatan yang difasilitasi oleh YPMK Perdhaki ini menawarkan workshop  tentang konsep rencana strategis dan rencana bisnis rumah sakit dan berbagi pengalaman tentang implementasinya oleh RS St. Maria Pekanbaru kepada peserta workshop.

TUJUAN

TUJUAN UMUM:
Meningkatkan pemahaman  dan sharing pengalaman tentang konsep Rencana Strategis dan Rencana Bisnis dan implementasinya menghadapi era globalisasi, JKN, Akreditasi RS.

TUJUAN KHUSUS
1.   Agar peserta memahami konsep Rencana Strategis dan  Rencana Bisnis RS.
2.  Agar peserta mampu menyusun Marketing Plan, Production Plan, Financial Plan dan Human Resources Plan.
3. Agar peserta mendapat masukan tentang pengalaman RS St Maria tentang implementasi rencana strategis dan rencana bisnis.
4.  Agar RS mampu mengembangkan rencana strategis dan rencana bisnis sesuai dengan karakteristik pasar layanan kesehatannya.

MATERI
1.   Mengenal Konsep dan Alur Rencana Strategis RS
2.   Mengenal Konsep Rencana Bisnis RS dan posisinya pada Renstra RS
3.   Mengenal Balance Scorecard berikut Alat Ukur lain yang digunakan pada Rencana Strategis RS.
4.   Mengelola Sasaran Strategis pada Balance Scorecard
5.   Mengidentifikasi KPI  pada Pengembangan Balance Scorecard
6.   Pengembangan Roadmap Balance Scorecard organisasi
7.   Integrasi Scorecard Rumah Sakit (corporate) dan Scorecard Bagian/Divisi dalam organisasi RS
8.   Implementasi Manajemen Strategis di Rumah Sakit  Santa Maria Pekanbaru
9. Contoh Implementasi Manajemen Strategis dalam Perspektif Proses Bisnis / Intern; Penerapan Formularium
10. Contoh Implementasi Manajemen Strategis dalam Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan;  Peningkatan Komitmen Personel Melalui Sistem Remunerasi
11.   Contoh Implementasi Manajemen Strategis dalam Perspektif Pelanggan;  Pengembangan Rumah Sakit.
12.    Sharing pengalaman RS Santa Maria Pekanbaru dalam persiapan dan implementasi  Akreditasi RS versi 2012.

NARASUMBER
1.   Dr.  Arifin Widjaya    (Direktur RS Santa Maria Pekanbaru)
RS Santa Maria Pekanbaru telah lulus Akreditasi Rumah Sakit versi 2012 dengan pencapaian tingkat paripurna (Bintang Lima) pada tanggal 11 Desember 2012.    RS Santa Maria Pekanbaru merupakan RS pertama di luar Jabotabek  dan  RS anggota Perdhaki pertama yang memperoleh sertifikat tersebut.
2.   Dicky Dewanto Tjatur Rahardjo, SKM., MARS (konsultan RS)

PESERTA
1.   Pemilik RS dan Dewan Pengawas RS
2.   Direksi RS dan Manajer RS yang berperan untuk meningkatkan produktivitas dan profitabilitas bisnis rumah sakit,
3.   Kepala Divisi, Bagian, Instalasi RS

WAKTU DAN TEMPAT
Hari/Tanggal           :   Kamis – Jumat, 16-17 April 2015
Tempat                  :   Hotel IBIS  Jakarta Senen
                                 Jln. Kramat Raya  100 –  Jakarta Pusat

INVESTASI
Rp  4.000.000,- / peserta, sudah termasuk :
·       Sertifikat
·       Penginapan 2 malam ( 15 – 16 April ) 1 kamar untuk 2 orang
·       Makan 2 kali dan snack 2 kali sehari
·       Seminar Kit
Bagi yang tidak menginap dipotong Rp 500.000,-/org

KONTAK  KAMI
Informasi lebih lanjut dan pendaftaran dapat menghubungi  :
Phone               :   021 - 8590 8034, 8590 8035, Fax :   021 -  8591 8166
                            Shinta 0852 874 344 24, Eny  0812 9543654
Email                :   ypmkperdhaki97@gmail.com
Rekening           :   CIMB Niaga no. 908-01-00015-00-9
                            atas nama  PMK  Perdhaki


No comments:

Post a Comment