Pelatihan
PENYUSUNAN ANEKA KONTRAK DI RS
YANG SESUAI DENGAN KAEDAH KAEDAH HUKUM
Rabu - Kamis, 2 – 3 September 2015
HOTEL IBIS
JAKARTA SENEN
Jln. Kramat
Raya 100 - JAKARTA PUSAT
LATAR BELAKANG
Saat ini institusi Rumah Sakit tidak
lagi semata-mata lembaga sosial kemasyarakatan yang memberikan pelayanan
kesehatan saja. Namun untuk mempertahankan dan meningkatkan keberadaannya sudah
mengarah kepada suatu lembaga bisnis di bidang layanan kesehatan. Sehingga
hampir di semua aspeknya telah menerapkan sistem manajemen yang baik. Penerapan
disiplin ilmunya juga tidak hanya terbatas pada bidang ilmu kedokteran atau
kesehatan semata, tapi juga hampir semua disiplin ilmu diterapkan didalamnya,
tidak terkecuali penerapan ilmu hukum.
Penerapan bagian dari ilmu hukum yang
cukup dominan adalah tentang Hukum
Kontrak. Hampir semua sisi operasional rumah sakit akan menerapkan ilmu
Hukum Kontrak. Hal ini terjadi mengingat pihak rumah sakit pasti akan melakukan interaksi hukum dengan berbagai
macam pihak dengan berbagai macam kepentingan.
Interaksi hukum yang berjangka pendek
maupun panjang ini dengan sendirinya membutuhkan suatu dokumen Kontrak sebagai
dokumen yang dapat membuktikan adanya interaksi hukum tersebut. Dokumen kontrak
juga memuat berbagai hak-hak maupun kewajiban-kewajiban yang harus dipenuhi
oleh masing-masing pihak.
Manakala terjadi silang pendapat
antara mereka, para pihak akan merujuk pada dokumen kontrak yang mereka buat.Oleh karena itu
pembuatan/penyusunan dokumen Kontrak di Rumah Sakit menjadi sedemikian penting
artinya.
Ketiadaan dokumen tertulis/Kontrak
atau adanya Dokumen Kontrak yang memuat kepentingan yang timpang/tidak
sebanding antara para pihak juga merupakan awal petaka persengketaan antara RS
dengan pihak lain.
Berbagai macam kasus yang terjadi
sudah membuktikan persengketaan yang terjadi berawal dari penyusunan Kontrak
yang tidak baik dan aman. Bahkan tidak sedikit yang harus berakhir di
pengadilan guna memperoleh penyelesaiannya.
Oleh karena itu, upaya untuk memahami
ilmu Hukum Kontrak serta kemampuan untuk membuat Kontrak yang baik dan aman
bagi manajemen rumah sakit maupun fungsi Legal RS saat ini merupakan kebutuhan
mendesak. Sehingga akan diperoleh pemahaman yang benar serta diperoleh
kemampuan penyusunan Kontrak yang baik dan aman serta diharapkan dihasilkan
Kontrak yang memenuhi standar kontrak yang baik dan aman.
TUJUAN
Setelah menyelesaikan pelatihan :
1.
Peserta
diharapkan dapat memahami dasar-dasar Hukum Perikatan dan Prinsip-prinsip
Penyusunan Kontrak
2.
Peserta
diharapkan dapat memahami dan menyusun dengan baik berbagai bentuk Perjanjian /
Kontrak di RS yang berhubungan dengan :
·
Pelanggan
(Perusahaan Asuransi dan Non Asuransi)
·
Pihak
ke – 3 (baik supplier maupun rekanan)
·
Dokter
·
Pasien
3.
Peserta
diharapkan dapat memahami Tehnik
Penyelesaian Sengketa.
4.
Peserta
diharapkan daapat memahami Ketentuan Perundang-Undangan tentang Dokter di RS
PESERTA
·
Kepala Bidang Legal Rumah Sakit
·
Staff
Legal RS
·
Kepala
Bidang Personalia RS
MATERI
1.
Dasar-dasar
Hukum Perikatan/Kontrak suatu tinjauan umum.
2.
Prinsip-prinsip
Penyusunan Kontrak
3.
Beberapa
ketentuan dalam UU Kesehatan dan UU Praktek Kedokteran tentang Dokter di RS
4.
Aneka
Kontrak dengan Dokter di RS (dokter full timer, Dokter part time dan visiting
dokter)
5.
Kontrak
layanan Kesehatan dengan pelanggan perusahaan asuransi
6.
Kontrak
layanan Kesehatan dengan pelanggan perusahaan non asuransi
7.
Perjanjian
pengakuan hutang dengan pasien
8.
Kontrak
dengan perusahaan pemborong
9.
Kontrak
kerjasama bagi hasil alat kesehatan dengan perusahaan asuransi
10. Kontrak pemeliharaan alat
(alat umum / alat kesehatan)
11. Kontrak pengadaan sediaan
farmasi dengan system konsinyasi
12. Aneka penyelesaian sengketa
dan penyusunan akta perdamaian
METODE
·
Ceramah
/ Tanya jawab / diskusi
·
Latihan
menyusun Draft
NARASUMBER
Husen Kerbala, SH, SpN
(Akademisi & Praktisi Hukum
Kesehatan)
TEMPAT DAN WAKTU PELATIHAN
Pelatihan dilaksanakan
selama 2 hari kerja, pukul 08.30 sampai dengan
16.00.
Tempat :
Hotel IBIS Jakarta Senen
Jln. Kramat Raya 100 – Jakarta Pusat
Waktu :
Rabu - Kamis, tanggal 2 – 3 September 2015
INVESTASI
Paket
A :
Rp. 3.750.000,- / orang ( tanpa akomodasi )
Paket
B :
Rp. 4.000.000,- / orang (akomodasi 1 malam / 1 kamar untuk 2 orang)
Paket
C :
Rp. 4.250.000,- / orang (akomodasi 1 malam / 1 kamar untuk 1 orang)
Investasi tersebut mencakup
seminar kit, sertifikat, lunch dan snack.
Check-in tgl. 2 September
2015 setelah jam 13.00, check-out tgl. 3 September 2015 jam 12.00
KONTAK KAMI
Informasi
lebih lanjut dan pendaftaran dapat menghubungi
:
Phone : 021 - 8590
8035, Fax : 021 - 8591 8166
Shinta 0852 874 344 24, Eny 0812 9
543 654
Email : ypmkperdhaki97@gmail.com
Rekening
:
CIMB Niaga no. 908-01-00015-00-9
atas nama PMK
Perdhaki
FORMULIR PENDAFTARAN
WORKSHOP METODE BARU
ANALISIS
BEBAN KERJA DAN PERENCANAAN SDM RUMAH SAKIT
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
HOTEL IBIS JAKARTA SENEN, 26 – 27 Agustus 2015
Instansi / RS : ................................................................................................................
Alamat : ...............................................................................................................
Telpon / Fax : .................................................... Fax
.................................................
Email : ...............................................................................................................
Contact Person : ...............................................................................................................
HP. ........................................................................................................
Peserta : 1.
...........................................................................................................
2.
...........................................................................................................
3.
...........................................................................................................
Paket Pilihan : ( .. ) Paket A
( .. ) Paket
B ( .. ) Paket C
............................................... 2015
(
........................................................... )
Formulir Pendaftaran yang telah diisi, dikirimkan ke :
YPMK Perdhaki FAX 021 – 8591 8166 / email : ypmkperdhaki97@gmail.com
No comments:
Post a Comment